Jajal servis helm sendiri

Helm snail motif carbon milik SF bermasalah karena seringnya jatuh. Masalah terjadi pada visor dalamnya yang agak longgar, sehingga jika kena jalan ga rata atau polisi tidur posisinya turun setengah sehingga mengganggu pandangan dan merusak konsentrasi. Sempet bikin mangkel dan berniat lengserkan helm ini. Tapi karena berfikir nothing too lose, Weekend kemaren SF coba oprek helm ini. Kalau ga bisa dibetulin bakal SF lengserkan.

Langkah awal jelas melepas semua busa yang ada di dalam helm untuk mengetahui bagaimana cara kerja visor dalam. Setelah semua busa dalam terlepas, baru ketahuan jika engsel visor dalam ternyata kendor. Untuk engsel sebelah kiri enak tinggal dirapetin bautnya pake obeng plus. Nah yang susah engsel sebelah disebelah kanan, karena  bautnya ada disisi luar

image

Akhirnya terpaksa buka visor luar deh.. bingungnya ga ada baut yang terlihat untuk membuka visor luar.

Ternyata  ada pengunci yang harus digeser untuk melepas visor.

image

Posisikan kancingan bagian bawah visor pas di penguncinya , geser pengunci ke arah bawah dan tarik bagian bawah visor ke arah luar sampai kancingan bawah visor lepas.Tarik visor kearah bawah hingga kancingan bagian atas visor terlepas. (Gb.1), buka baut engsel visor luar (Gb. 2) , setelah visor luar terlepas baru deh terlihat baut pemegang engsel visor dalam. Tinggal di rapetin deh bautnya(Gb.3). 
Selesai deh…. tapi dijajal dulu mekanisme  buka tutup  visor dalamnya. Kalau sudah normal baru deh dipasang kembali semua bagian helm. Eh ya perhatian khusus saat memasang visor luar ya.. kaitkan dulu kancingan atas pada relnya, baru kancingan bawah menyusul tapi setelah pengancingnya di geser dulu kebawah (cek gb.1 lagi).

image

Nah mumpung  busa helm dalam kondisi dibongkar semua sekalian deh di cuci dulu sebelum dirakit kembali… ga jadi beli helm baru deh 🙂

0 thoughts on “Jajal servis helm sendiri”

    1. Karena umurnya dah tua… 4 tahun. Jelasnya sering kena hujan badai. Dan visor depan sering saya buka. Kalau tidak kacamata saya berembun waktu hujan. Akibatnya busa selalu basah abis kehujanan. Kalau dah gitu saja jemur helm ini. Dan saya pake helm satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.