Mobil sedan apapagi hatchback? Nggak deh….

image

Pernahkah SF tertarik dengan namanya yaris, jazz, swift, mazda 3, dll? Maaf jawabannya tidak sama sekali…
Bagi SF adalah mobil yang bisa diandalkan bagi sebagian besar situasi namun masih menawarkan fungsi dan kenyamanan. Prioritas utama dalam memilih mobil bagi SF adalah mobil yang paling nyaman untuk keperluan mudik jarak jauh serta menyenangkan untuk dibawa setiap weekend. Syaratnya kudu punya cukup ruangan untuk penumpang dan barang.

Ini sebabnya SF mencoret pilihan mobil hatchback/sedan. Kapasitas penyimpanan kecil, sumbu roda pendek, bodi ringan yang mungkin cocok untuk mobil harian untuk ngantor. Namun tidak untuk mudik… mobil hatchback rasanya kurang nyaman. Ruang kabin jelas terbatas, sumbu roda pendek serta bodi ringan tentunya kurang mantab untuk jarak jauh. Menurut kobayogas ada resiko gasruk jika diisi penumpang full plus barang bawaan. Ada lagi menurut salah seorang family SF, mobil kecil seperti ini kurang bisa meredam goncangan untuk jalur pantura, ground clearance rendah membatasi jarak pandang serta membatasi kemampuan melibas jalan rusak.

image
Dari google

Keluarga SF terdiri dari SF, Bunda dan 2 balita plus satu lagi adik ipar…. bisa dibayangin jika pas mudik mobil diisi 3 dewasa+ 2anak (4 dewasa kalau SF diitung 2 orang πŸ™‚ ), plus barang bawaan. Kursi baris tiga pun ga cukup membawa barang mudik dan oleh -oleh. Hingga SF merasa perlu pasang rak atas.
Teringat perjalanan tetangga yang menggunakan mobil sedan dengan penumpang 5 orang… alhasilnya barangnya terpaksa dipaketkan agar penumpang nyaman…. πŸ™‚ abisnya lumayan juga lebih dari 300 rb :mrgreen:

Dulu saat pakai taruna saja kadang merasa mobilnya kurang besar πŸ™‚

image

Pengalaman tahun lalu, taruna SF mengangkut muatan penuh saat balik mudik ke dari Surabaya ke Jakarta. Saat itu taruna SF membawa 4 dewasa dan 3 anak plus barang bawaan yang menggunung. Semua space kosong taruna dimanfaatkan, itupun masih kurang sehingga perlu menambah rak atas.

Di Jakarta sendiri meski keluarga SF cuma 3+2 orang namun baris ketiga ertiga (mobil SF saat ini) sering juga terisi… family dari Surabaya sering datang menjenguk, kadang juga ngajak pembantu dan anaknya jalan-jalan, dipakai kondangan rame-rame, hingga beberapa waktu lalu beli 3 kandang buat hamster. Persiapan mudik tahun ini ertiga juga sudah dipersenjatai rak atas. πŸ™‚ .
Sebenernya kondisi sehari -hari 2 baris saja cukup untuk semua anggota keluarga…, tapi malah duo krucil paling seneng duduk dibaris ketiga….. seperti punya ruang pribadi milik mereka sendiri.

Jadi mobil berkursi 3 baris adalah pilihan wajib bagi SF….

image

Eh ya ada juga yang milih mpv karena ruang paling belakang bisa disulap untuk kelengkapan audio yang super edan , dan kursi masih tersisa 2 baris.

Rangkuman

(+) Mobil MPV
– kapasitas penumpang/barang luas
– lebih tahan beban berat
– bodi lebih berat dan sumbu roda panjang, lebih stabil dan lebih menyerap getaran/goncangan untuk jarak jauh.
– rata-rata ground clearance lebih tinggi, lebih tahan jalan rusak, banjir dan pandangan kedepan lebih jauh.
– nyaman bagi penumpang karena space lebih lapang
(-) Mobil MPV
– lebih limbung untuk menikung kecepatan tinggi
– lebih boros dan performa kurang. Karena mesin setara hatchback (swift,jazz, dll ) namun bobot lebih berat
– kurang lincah karena dimensi besar
– seringkali kalah fitur dibanding versi sedan/hatchback

(+) mobil hatchback/sedan
– kenceng
– irit
– lincah dan nyaman diperkotaan
– fitur lebih
– lebih berkelas/mewah, dan nyaman
(-) mobil hatchback/sedan
– kapasitas penumpang dan barang terbatas
– jarak main roda terbatas ga rekomendasi membawa beban berat
– ground clearance rendah
– visibilitas kurang

Pertimbangkan betul saat memilih mobil… keluarga besar yang sering mudik jelas mantap MPV/SUV. Sedangkan untuk mobil kedua atau untuk keperluan transportasi harian di perkotaan hatchback bisa jadi pilihan… berhubung SF ga tertarik ngantor pake mobil ya jelas ga tertarik dengan namanya hatchback πŸ™‚

0 thoughts on “Mobil sedan apapagi hatchback? Nggak deh….”

  1. pernah miara sedan.. kalo buat nurutin jiwa muda mah enak banget.. tampilan lumayan walau nggak keren keren banget.. diajak ngebut hayuk.. nyaman pula.. tapi ya itu kalo sowan ke rumah simbah dan mau ngajak simbah keluar mobilnya nggak cukup karena sekeluarga udah 4 orang.. belum kalo mau ada acara keluarga, saudara nggak bisa ikut nebeng.. :mrgreen:

    1. Nah ntu dia… cocok yang berjiwa muda. Atau eksekutif yang butuh image bisa menjadikan sedan mewah sebagai pilihan. Klo saya jadi eksekutif kaya raya mending milih SUV mewah. He3….hammer misalnya.. ngimpi.com

  2. Ya itu menurut kang SF, kalo saya lain kang, hehe
    Lebih suka pake mobil kecil, gampang kluar masuk soalnya rumah masuk gang kecil,
    Yg jelas irit, lebih lincah, mudah cari parkir, jadi gak males pakenya, ibaratnya sore2 mau kluar cari rokok pake mobilpun hayo aja kang,,
    Kalo buat akomodasi buat saya gak ada masalah, toh keluarga besar saya sudah punya mobil semua,,,
    Jadi intinya tergantung kebutuhan ya kang,

    1. Mertua saya mobilnya innova, yang sering nyetir adik ipar saya. Sekarang dia sering nyetir ertiga saya. Kalau ditanyain enak mana nyetir ertiga dibanding ertiga? Menurut diar ertiga… feelnya lebih dapet, lebih ga limbung, tarikan enteng. Nanti saya ulas deh komparasinya

  3. waktu 4 thn lalu ganti avanza (yg sdh berumur 5 thn, generasi awal), akhirnya lebih memilih jazz krn dipake mudiknya hanya setahun sekali.
    pilihan yg tepat mnrt saya krn jazz dipakai istri sekitar BSD saja. cukup irit, masih 11.8km/liter.
    Kalau mudik masih oke krn hanya ber-4 dengan anak2.

    1. Arti wanabee itu apa sih…. wannabe alias want to be bukannya ingin jadi ertiga? Misal swift dimodif panjang biar kaya ertiga. Lah kalau saya sudah punya ertiga ngapain pake wanabeeeeee .

  4. padahal sekarang banyak MPV basisnya adalah hatchback…gasruk? engga toh..cuman masalah tuning suspensi sedikit dari pabrikan…masalahnya cuman di kapasitas bagasi saja..ukuran kabinnya ke samping sempitnya juga 11-12 kok

    1. Kabin ertiga lebih lebar dibanding avanza xenia loh. Monggo cek specnya. Saya pernah berlima pake corola punya temen ke gresik dari surabaya. Ketemu jalan bumby gasruk tuh. Pernah juga naik ford laser berempat ke sumenep, gasruk ga karuan. Sedan didesain nyaman dengan shock empuk, kalau diisi 5 penumpang apalagi plus barang bawaan ya nyiksa namanya. Intinya beli mobil disesuaikan kebutuhan dan lingkungan saja.

  5. mobil favorit saya juga yang berkabin luas,sperti espass ato futura,nggak tertarik dgn mobil panther dan sejenisnya,kalo ada duit lebih,malah saya pengen punya L300. bukan untuk niaga tapi untuk pribadi saja,selain muat penumpang banyak juga mesin yang bandel dan irit,diajak jalan jauh ayo aja,suspensinya nyaman banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.