Waze aplikasi peta gps plus media sosial mantab untuk android

image

Seorang rekan menyarankan aplikasi waze sebagai penunjuk arah pada android SF. Setelah dijelaskan keunggulannya, jadi tertarik juga SF memakainya. Sebelum melangkah lebih jauh perlu SF jelaskan, waze mutlak membutuhkan gps dan koneksi internet.

Nah langsung saja SF jabarkan keunggulannya….
-kita dapat memantau daerah mana saja yang macet, tinggal kita pencet lambang mobil bertumpuk 3 kita bisa melihat tingkat kemacetannya. Kita juga bisa melihat apa penyebab macetnya. Selain itu kita bisa klik pengguna waze lainnya (disebut wazer) untuk mengetahui kecepatan dia saat ini.

image

-kita dapat memantau keberadaan polisi yang sedang tak terlihat (hidden)  atau yang terlihat 🙂  (kok ada hidden segala, emangnya mau main ciluk ba ya…. 🙂 )

image

-peta waze termasuk update . Pengalaman semalam mau nyari kampung steak didaerah bekasi melalui garmin keluaran 2013 punya  ertiga gagal, eh melalui waze dengan mudah menemukannya.
-rute yang akan kita lalui dan rute sekitarnya akan menampilkan warna sesuai tingkat kemacetan. Kuning untuk kemacetan ringan, orange untuk sedan dan merah sepertinya menunjukkan kemacetan yang parah.
-kita dapat memonitor wazer lain di peta, berapa kecepatan rata-rata dia, bahkan dapat saling berkirim pesan.

Informasi kemacetan, keberadaan polisi serta informasi lain uang terlihat di waze tergantung dari amalan wazer (istilah untuk pengguna waze) lain yang melaporkan kondisi daerah tersebut. Kita pun sebagai pengguna dapat melaporkan secara life jika terjebak macet atau terlihat adanya operasi polisi. Tinggal pencet logo di pojok kanan bawah bakal banyak info yang dapat kita share diantaranya kemacetan, keberadaan polisi,kecelakaan,jalan ditutup, atau berita lainnya. Pengguna lain bisa melihat info tersebut sekaligus kapan info itu dishare. Tapi saat melihat info dari wazer jangan lupa dilihat waktu pelaporannya ya…jangan jangan sudah ga update

image

Nah ga afdol kalau ga di share kelemahannya :
-perlu koneksi gps dan internet penuh.. salah satu koit waze ga fungsi.
-ada delay dalam menentukan posisi kendaraan kita, SF pernah kelewatan belokan gara-gara instruksi waze telat
-waktu recalculating rute saat kita kelewatan tikungan agak lama.
-informasi masih tergantung kredibilitas pelapor. Rekan SF pernah tertipu oleh info wazer. Gara-gara info wazer lain yang mengatakan jalanan di depan macet total dan rekan SF meyakini info ini benar adanya (karena info baru dishare beberapa menit lalu), rekan SF akhirnya lewat jalur tikus. Eh ternyata jalan yang dimaksud tadi lancar.

Selama ini sih SF cukup terbantu oleh aplikasi ini. Apalagi di Jakarta… sebelum keluar pakai mobil monitor dulu kondisi lalin lewat waze , pake beberapa metode seperti melihat warna rute, laporan kemacetan, serta kondisi kecepatan rata2 wazer di sepanjang jalan biar info makin akurat.
Saat ini pengguna wazer dah lumayan banyak kok. Di kantor SF sendiri ada beberapa orang wazer….
jika bisa sharing kebaikan dengan sesama pengguna jalan why not? Toh kita juga mendapat info bermanfaat.

Let’s become trusted wazer!

0 thoughts on “Waze aplikasi peta gps plus media sosial mantab untuk android”

  1. kalo di surabaya dan sekitarnya radio SS beserta fb dan tweeter nya cukup bisa diandalkan..realtime… saking real time nya sampe beberapa kali sharing infonya bisa untuk melacak mobil2 yg baru dicuri

    salah satu contoh citizen journalistic yg berhasil dikelola dengan baik dan menjadi sangat bermanfaat bagi citizen itu sendiri :jempolmenduwur:

  2. ane udah hampir 3 tahun jadi pemakai waze.

    oh iya, kita juga bisa chat sama orang yang pake waze juga di jalanan dan bisa ngasih laopran kemacetan+foto

    1. mas tanya, aplikasi waze saya gak tepat menunjukkan posisi saya secara real time. bisa bantu saya cara meng-aktif kan waze secara tepat ya…

  3. coba pakai navitel (googling aj navitel indonesia)
    kelebihan:
    lock posisi cukup cepat
    hanya perlu gps (offline/tidak perlu internet)
    waktu recalculating cepat
    suara berbahasa indonesia (panduan saat berkendara)

    kekurangan:
    penginstalan cukup ribet ( peta dan suara harus download dan di instal manual/tersendiri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.