R25 membuka mata dunia, semoga berakibat positif bagi Indonesia

Kelahiran R25 di Indonesia bisa jadi merupakan hal positif bagi rider Indonesia…. bukan hanya penyemplak motor yamaha atau R25 pada khususnya malah bisa jadi untuk semua pecinta roda dua di Indonesia.
Sedikit flashback…. semenjak sport 250cc 4 silinder bertumbangan di segala penjuru dunia, otomatis hanya ninja 2 silinder yang berkuasa di kelas sport fairing 250cc. 2008 muncul dengan desain yang direfresh lebih modern serta model yang direfresh beberapa tahun kemudian makin menguatkan domnasi ninja 250. Honda sendiri telah mengeluarkan CBR 250 untuk menghadang laju ninja … tapi di Indonesia nasibnya sangat mengenaskan. Entah apakah penjualan global bisa mengalahkan Ninja 250, secara penjualan ninja 250 di Indonesia menyumbang 40% dari penjualan global.

image

Tanpa tedeng aling aling Yamaha Indonesia memproduksi R25 untuk menjungkalkan N250… awalnya banyak yang pesimis karena R25 ini diproduksi di Indonesia. Bahkan SF sendiri sempat kuatir vendor yamaha kurang bisa memenuhi kualitas yang disyaratkan yamaha. Namun nyatanya R25 menggebrak dan langsung membikin ninja 250 serasa lebih inferior. Performa R25 ganas seakan menyamai ninja 250 oprekan, fitur speedometer lebih wah, walau secara desain ninja lebih terasa moge namun R25 lebih fresh dan light.
R25 ini yang SF harapkan membuka mata dunia…. Indonesia mampu bikin produk yang bisa jadi lebih baik dari Ninja 250 2 silinder! 
SF bukan FBY ya… bahkan SF sendiri ga punya motor yamaha (punyanya suzuki spin, honda tiger, kawasaki N250R) tapi R25 ini merupakan suatu prestasi sendiri untuk Indonesia. Salut untuk yamaha yang berani menciptakan motor 2 silinder di Indonesia… lainnya boleh mengaku menguasai pasar dunia, mengaku  lebih kencang, tapi nyatanya ga berani bikin motor multi cylinder di negara penyumbang penjualan motor 250 terbanyak didunia.
Cukup disayangkan kapasitas produksi R25 hanya 2000 unit sebulan (1000 untuk domestik,1000 untuk ekspor) andaikan lebih banyak tentunya jadi ancaman serius bagi ninja 250.
Ingat diluar negeri motor 250cc digunakan untuk motor harian. Dengan ergonomi lebih nyaman dan bobot ringan akan membuat motor ini lebih disukai. Belum lagi emblem yamahanya..
Semua tinggal tunggu pembuktian beberapa bulan lagi… jika R25 dapat  mengcounter keraguan publik roda dua dengan membuktikan bahwa kualitas produknya yahuud tentunya image Indonesia sebagai produsen motor kelas dunia yang berkualitas akan terangkat.
Bayangkan jika pabrikan lain akhirnya memproduksi motor global di Indonesia (bahkan moge) … yang diuntungkan rider Indonesia juga kan.

So bagi Yamaha…. hati-hati banyak yang berharap pada R25… kualitas harus terjaga.
semoga bisa membuktikan kalau R25 adalah produk kelas dunia…. Go Yamaha…. !

image

yang lain gimana… ? Semoga ga hanya bisa jadikan Indonesia ladang jualan motor2 kelas dunia…..

Jangan kalah sama mekanik bengkel umum yang dengan peralatan seadanya bisa bikin motor multi cylinder

0 thoughts on “R25 membuka mata dunia, semoga berakibat positif bagi Indonesia”

    1. Banyak di Indonesia… apalagi cuma 2 silinder. Honda grandpun ada yang 2 silinder, malah ada cb 100 3 silinder. Bayangkan kalau hal ini dibikin produsen motor di Indonesia. Dengan metalurgi yang tepat rasanya akan menjamin kualitas motor itu

Leave a Reply

Your email address will not be published.