Pasang roofrack sendiri, tips trik agar tidak merusak bodi mobil

image

Lebaran hampir tiba, saatnya mobil dipersiapkan untuk mudik. Salah satunya adalah menambah rak atas agar ruang kabin makin lapang.
Untuk mobil yang tidak punya rail bar diatas, harus beli cross bar yang akan dipasang melintang diatas mobil sebagai dudukan rak.
Dudukan crosbarr yang mencengkeram bodi inilah yang dikhawatirkan menggores bodi mobil. Untuk itu diperlukan trik untuk melindungi bodi mobil. Caranya gampang pakai doubletape spons saja. Tinggal dilapis deh dudukan crosbarnya dengan double tape.

image

Selanjutnya SF share tips untuk memasang rak pada mobil.
1. Pelajari dulu bagian atas mobil, dimana crossbar nanti di tempatkan. Setelah itu ukur pakai meteran.
2. Ada baiknya rak di satukan dulu dengan crossbar sebelum dipasang diatas mobil berdasarkan jarak yang yang telah diukur sebelumnya. Kalau ga mau besi crossbar lecet bisa kembali memakai double tape. Atau pake karet ban juga bisa..

image

3. Pelajari dulu bagaimana cara kerja dudukan crosbarr. Dimasing masing ujung crossbar terdapat plat bergerigi yang nantinya saling menarik antara sisi kanan dan kiri sehingga mampu mencengkeram kuat bodi mobil diatas pintu. Untuk menarik kedua plat ini dilakukan dengan mekanisme jungkitan. Jungkitannya berada di atas plat bergerigi. Sebelumnya buka dulu penjungkitnya dengan anak kunci yang telah disediakan. Nah didalam mekanisme penjungkit ini ada switch yang bisa digeser ke sisi dalam dan sisi luar. Posisikan switch ke posisi luar untuk menarik plat, dan kedalam untuk mengendorkan plat.

image

4. Pasang rak diatas mobil. Nah kalau ini harus dilakukan oleh dua orang. Keduanya bersama sama memompa jungkitan penarik plat agar plat memendek dan mencengkeram bodi mobil. Saat memompa tekan plat pencengkeram agar plat ga mudah kendor. SF sengaja memposisikan rak agak kedepan agar mobil SF yang berpenggerak rodak depan ini terjaga traksinya.

Beginilah hasilnya…

image

Kata ipar SF penampilan mobil jadi aneh… klo SF mah cuek… yang penting fungsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  1. Boleh juga nih. Pas pulak timingnya saya nggak mudik lebaran tahun ini. Berarti bisa disewa dong roofrack-nya buat saya mudik ntar di tahun baru ngoahahahaha. Ongkos sewa+install ya. Deal!!

  2. Pingback: Roof Rail variasi, hanya sekedar gaya | Smartfaiz

    • Menurut saya sih wajar tampilannya…. tapi kalau ga dipakai saya lepas agar cat ga burem… saya siapkan artikelnya kenapa dilepas kalau pas ga dipakai

  3. Pingback: Roffrack, kalau ga terpakai mending dicopot | Smartfaiz

    • Not recomended saya pernah liat mobil lepas rak atasnya pas mudio. Alhasil malah diiket pake tali rafia melintang di dalam kabin

    • Masalah karet pintu yang keganjel dudukan itu.. coba posisikan cengkeraman diantara pintu agar tetesan ga masuk kabin