Tiger tua bermasalah, putaran gas berat RPM lambat turun. Solusinya bongkar karbu!

Tiger SF memang sempat libur beberapa hari karena permasalah tangki bocor. Saat tangki baru telah dipasang jelasnya Tiger langsung dipakai kerja esok harinya… tapi bukan kesan nyaman yang SF dapat. Beberapa kali rpm lambat turun. Jadi saat menarik tuas kopling untuk pindah gigi rpm malah naik… padahal putaran grip gas sudah dikurangi perlahan. Begitu juga saat menarik gas terasa ada sedikit hambatan pada 1/4 putaran gas.

image

Awalnya SF mengira grip gas dan kabel gas perlu dilumasi. Sepulang kerja SF langsung melumasi grip gas,Β  jeroan kabel gas dan sekalian bagian karbu yang mengalami pergerakan saat gas ditarik-ulur. Ternyata penyakitnya belum sembuh. Berarti masalahnya ada di skep karbu yang tidak lancar naik turunnya.
Mumpung libur pemilu, esoknya SF putuskan bongkar karbu tiger untuk menyelidiki penyakitnya.
Begitu nglepas filter udara agak kaget karena posisi choke tidak terbuka penuh…. hmmm payah nih kerjaan bengkel umum. Kabel chokenya terlalu narik.

image

Setelah karbu terlepas dari manifol, mangkuk karbu laluΒ  dibongkar, dan ternyata kotorannya nggilani πŸ™‚ , yang paling parah stik akselerator sampai karat parah… jadinya di amplas deh biar alus. Bersihkan semua jeroan karbu biar supply bensin lancar kembali.

image

Akhirnya konsen ke kepala karbu tempat untuk melepas skep… begitu tutup skep terbuka terlihat mekanisme karbu yang berbeda dengan karbu lainnya. Karbu tiger memakai mekanisme jungkit dengan per yang berada diluar badan karbu. SF berniat untuk mengecek kondisi skep apakah baret sehingga bikin seret proses naik turunnya skep.., tapi apesnya baut pengunci skep dah slek jadi ga bisa dibuka. πŸ™

image

SF intip dari atas untuk mengetahui bagian dinding karbu sebelah mana yang bersentuhan dengan skep. Setelah itu SF pake ilmu gradakan untuk sedikit menggeser posisi skep dengan cara menekuk tangkai pengungkit skepΒ  agar badan skep yang kemungkinan tidak mulus tidak bergesekan terlalu parah dengan dinding karbu.
Setelah jajal beberapa kali dengan cara memutar rotator pengungkit skep, akhirnya dapat dipastikan bahwa gerak naik turun skep sudah lancar.
Baru deh karbu dirakit kembali… efeknya macan kembali bertaring… putaran gas jadi enteng dan lancar jaya…. πŸ™‚

19 thoughts on “Tiger tua bermasalah, putaran gas berat RPM lambat turun. Solusinya bongkar karbu!”

    1. Soalnya mesin masih prima…. klo masalah2 sepele enak dikerjakan sendiri. Pas momennya bukan puasa makin males ngantri di bengkel jadi bongkar sendiri. Kadang kerjaan bengkel baik umum ataupun beres juga kurang memuaskan

  1. 8 tahun pegang tiger, saya juga hapal mas bongkar karbunya. simpel dan gak repot2 banget settingnya. overall, emang bandel ini motor. cuma nakalnya di tangki dan keteng thok. sisanya gak pernah ada keluhan hehehe…

      1. bos gir saya bikin paten pake baut mas, diantara karetnya dibikin alur :D. kalo rem belakang, jaman old tiger dibikin alur pake gergaji kalo tirev maknyooss dari sananya. kopling selip, tak tambahin ring beres hihihi… makanya cuma disebutin dua aja :p

        1. Lah ya itu kudu diakali. Sama punya saya kok. Bosh gir di drat, belakang ganti cakram, kopling ditambah plat…. πŸ™‚ nantikan minggu ini banyak artikel tiger ngambeg πŸ™‚

    1. Eman mbandani motor tua… (eman duite) kalau yg lama masih bisa dipake why not. Toh 120 kpj masih bisa lebih*. Ha3….

      *syarat dan ketentuan berlaku πŸ™‚

  2. Mas SF saya mau tau estimasi servis besar honda tiger 2000 thn 97, keadaan mesin normal cuma berisik dan gak bertenaga.. klo di standarin lagi budget 2 juta cukup gak ya kira2..?

  3. Sebelumnya maaf kalau saya pengen curhat sedikit….
    Saya mau nanya buat para master roda 2 yang terhormat,
    Saya beli karburator PWL 28 ori punya ninja yang skepnya di lapis teflon (beli di dealer resmi kawasaki) Harga Rp. 1.200.000 yang saya pake buat Honda mega pro tahun 2005 tapi sudah jadi 200cc CDI racing dan Koil Racing (Merk BRT) dan busi masih standard, awal dipake karbunya tidak ada masalah tetapi setelah dipakai 1 bulan timbul masalah yaitu saat malam atau cuaca dingin gas lambat turun dan terkadang RPM naik dengan sendirinya (masalah ini cuman muncul saat malam atau siang hari saat cuaca dingin karena hujan tetapi kalau cuaca panas tidak ada masalah walau gas di betot full untuk kenceng2 an) kemudian saat malam saya stel karbu menjadi basah masalah akan hilang hanya saja stelan basah tidak nyaman buat berkendara karena suara yang nembak2 dan naik motor serasa naik kuda terus menurut saya itu bukan solusi kalau harus stel kering untuk siang dan stel basah untuk malam.
    Saya sudah cek skep tidak ada masalah masih mulus tanpa beret.. coba gonta ganti manipol punya tiger sama scorpio tapi tetep aja penyakitnya gk hilang, gonta ganti pilot jet main jet dari mulai yang kecil sampe besar juga penyakitnya belum hilang, saya lubangi skep dan nambah per juga penyakit masih ada, menutup lubang choke juga penyakit masih belum sembuh.
    Kemudian saya juga sempet terfikir namun belum saya aplikasikan yaitu menarik kawat dari mesin yang tujuan saya mengalirkan panas dari mesin ke karbu (karena saat malam karbu terasa dingin dan terkadang sampai berembun)

    Saya mohon bantuan dari para master kalau saja ada yang pernah mengalami masalah seperti saya dan tolong berbagi informasi…
    sementara karbu tidak saya pake karena belum ketemu cara memperbaikinya…
    maaf kalau tulisan saya terlalu panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published.