Penjualan MPV hingga bulan ke-5 , Avanza tetap raja. Mobilio menggila, menyerap market kompetitor!

image

Kebetulan rekan ada yang membawa tabloid kontan, kebetulan juga edisi khusus Juli ini membahas soal mobil. 
Yang menarik perhatian SF adalah data penjualan mobil MPV dari Januari-Mei 2014, agak bikin SF heran karena beberapa jenis mobil MPV favorit ga tercantum di data tersebut… misalkan kijang innova dan Luxio… entahlah…

image

Untung saja beberapa mobil yang sedang naik daun ada di data tersebut . Berikut SF rangking dari penjualan termoncer selama 5 bulan pertama 2014
1.Avanza : 74.704
2.Mobilio : 35.550
3.Ertiga : 20.502
4.Xenia : 19.422
5.APV : 13.927
6.Grand Livina : 9.253
7.Spin : 4.101
8.Freed : 3.398
Dst …,

image

Avanza meski banyak yang sudah bosan dengan modelnya  ternyata masih moncer saja penjualannya… Nama besar Toyota jawabannya… ketangguhan RWD juga bikin orang kesemsem. Pantas saja banyak instansi hingga persewaan mobil memilih mobil ini untuk operasional.
SF sempat mengorek keterangan klien yang bergerak dibidang rental mobil. Mobil favorit bagi rental mobil adalah avanza, alasannya perawatan mudah, suku cadang melimpah, kaki kaki kuat, dan harga jual stabil. Ga salah mobil ini menjadi andalan untuk meraup pundi-pundi uang bagi pengusaha.
Pengguna pribadi harian juga banyak yang memilih avanza dengan alasan yang hampir sama dengan alasan diatas…
Namun Toyota tidak boleh terlena… penjualan Avanza terlihat goyah sejak kehadiran mobilio. Meski penjualan mobilio ga sampai setengahnya namun tren penjualannya semakin naik tiap bulannya…. berkebalikan dengan avanza yang makin menurun.
Begitu juga nasib Xenia, mobil kembaran Avanza ini penjualannya merosot sejak Januari hingga Mei 2014 .
Ertiga juga agak ketar ketir dengan kehadiran mobilio,  untung strategi pemasaran dengan memberi diskon(cashback) serta bonus variasi cukup sukses menaikkan penjualan ertiga yang sempat turun di Februari-Maret namun akhirnya mulai naik di bulan-bulan selanjutnya.
Cek juga Grand Livina… lumayan menurun juga loh… spin juga
Luar biasa memang mobilio ini, power besar namun irit, ruang lega serta nama besar Honda bikin mobilio makin moncer. Jelasnya yang lain kudu berbenah atau menjalankan strategi pengamanan khusus sebelum penjualannya makin melorot terserap mobilio.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  1. padahal grand livina diskonnya menggiurkan lho..25 jeti,kalo ambil versi paling tinggi jatoh2nya harga sama dengan mobilio versi paling tinggi juga namun interior acakadut plus inden no diskon 😆

  2. Pingback: Grand Livina MPV nyaman kenapa susah bersaing dengan pabrikan lain | Smartfaiz