Jangan sampai pujian terhadap R25 akan menjadi cemoohan gara-gara unit mass pro ga sesuai harapan

Saat yamaha R25 launching banyak blogger dan media memujinya .. termasuk SF sendiri berharap banyak pada R25
Bagaimana tidak… ninja 250 fi sang pemimpin pasar yang tenaganya dirasakan superior ternyata bukan apa-apa dibanding R25 versi tes ride. Jauh ketinggalan baik di dyno maupun di pengujian di lapangan.

image
Ilustrasi dari fotomodel yang dirahasiakan identitasnya 🙂

Begitu di dyno test oleh om Leopold seorang blogger handal termasuk salah satu pemilik R25  (baca artikel kemaren ) ada kecurigaan versi mass pro berbeda dengan versi tes ride karena besarnya power tersunat signifikan serta grafik power yang berbeda dengan R25 versi test ride .

Bagaimana klarifikasi yamaha soal kasus ini

Saat development berbagai aspek pasti sudah dipertimbangkan selain kecepatan maksimal dan torsi maksimalnya. Jangan lupa, kami juga mempertimbangkan sisi reliability. Jadi tidak benar jika ada penurunan tenaga dari produk awal yang menjadi test ride unit dengan produk yang kami delivery ke konsumen. Sejak awal diumumkan sudah demikian,” jawab M. Abidin

Sumber : http://touch.metrotvnews.com/read/2014/07/20/268099

image

Pihak yamaha jelas membantah ” tidak benar jika ada penurunan tenaga dari produk awal yang menjadi test ride unit dengan produk yang kami delivery ke konsumen”
Jawaban tersebut malah bikin penasaran sebagian orang. Hingga ada rencana pengujian unit R25 lain milik bro Bie Hau untuk memastikan apakah semua unit R25 mengalami menyunatan power.

Kalau seumpama jawabannya gini kan lebih enak :

R25 konsumen sedang dalam masa inreyen sehingga performanya kurang optimal”

Apalagi kalau terus ditambahi

“Setelah inreyen selesai baru kita akan setting ulang ECU agar power keluar… itu sudah prosedurnya ”

🙂

image

Motor om Leo dulu adalah Ninja 250 fi bertenaga 29hp lebih (setelah ganti knalpot)… jelasnya agak kecewa karena R25nya ga sesuai harapan….. jangan sampai kejadian warung DOHC terulang… bedanya Warung DOHC kecewa layanan inden online yang ga jelas, om leo kecewa dengan performa R25 ga sesuai harapan.
Yang merasa kecewa bukan hanya om Leo…. buanyak calon buyer R25 mengharap motornya jauh lebih superior dibanding motor kompetitor karena ya ulasan media (termasuk blogger) berdasarkan unit tes ride

Jawaban yamaha diatas malah menjadi boomerang…( jika terbukti R25 mengalami sunatan masal :mrgreen: )
Bisa jadi malah menimbulkan kesan… kualitas material R25 tidak cukup menjamin keawetan untuk motor bertenaga 29,++ hp on wheel.

Sebenarnya jika produk pengenalan sama persis dengan produk masal,masih banyak biker tertarik kok. Tenaganya masih sedikit lebih tinggi (atau setara) dibanding N250fi , bobot lebih ringan, handling lebih OK, fitur spedo lebih kumplit, desain fresh, dan nama besar yamaha. Loyalis yamaha dibanding kawasaki ya jelas banyak yamaha lah…. , kekuatan aftersales juga jauh lebih kuat yamaha…

Kecewanya jika produk test ride ternyata beneran beda dengan produk masalnya. Apalagi jika anda blogger (kok sewot toh belum tentu beli motornya 🙂 )
Jelas donk… sumber berita seakan memanfaatkan kita untuk menyebar berita palsu. Misalkan saja … ada peluncuran beras lokal murah 29 kg seharga 300rb… sedangkan saat itu beras impor duit 300 rb cuma dapat 26 kg. terus media dan blogger rame-rame beritakan keunggulan beras lokal. Kalau beli kudu DP dulu… setelah di bagikan berasnya eh cuma 27kg.

Trus gimana enaknya… yang nunggu saja…
1. Nunggu hasil tes R25 lain
2. Nunggu pihak yamaha memberi penjelasan lebih lanjut
3. Nunggu respon dan mekanisme pasar berbicara

Cuma satu harapan SF… kedepannya kualitas R25 harus yahud… mengingat motor ini produk global yang membawa nama Indonesia. Masa power diturunkan kualitas ga terjamin…

21 thoughts on “Jangan sampai pujian terhadap R25 akan menjadi cemoohan gara-gara unit mass pro ga sesuai harapan”

    1. Kalau blog2 besar biasanya artikelnya terschedule rapi. Jadi artikel sisipan bisa bikin berantakan jadwal tayang artikel lain. Saya sih positif thingking saja…. mungkin mereka sedang melakukan investigasi dan klarifikasi mendalam soal ini.

  1. Spoke personnya yamaha payah mmg.ngasi jawaban kok yg cenderung ngeles gitu.jawaban dari mas faiz malah jauh lebih baik.atau mungkin mmg real powernya R25 produk massal cuma segitu….. limiter digeser sesuai dgn yg versi tester bakalan cepet rusak itu mesin

    1. Jangan2 takut jawab kaya gitu … bagaimana kalau bukan hanya sekedar settingan ECU… tapi sudah beda material, profil noken As, parts pengapian, ? dll.

      1. R25 yg bagus ya yg covernya kaya plastik ember. Bukan yg kulit jeruk

        Kan yimm bilang yg jelek finishing di bawah jok cuma produk tester, bukan yg masal

Leave a Reply

Your email address will not be published.