Penyebab tenaga ninja 250 tertahan

Berhubung baru sekarang ada pembanding motor 250cc 2 silinder sejajar jadi bisa diketahui kenapa Ninja 250 tenaganya serasa tertahan. Jawabannya adalah knalpot…. knalpot ninja 250 berperan penting meredam suara motor agar betul-betul senyap, bahkan lebih senyap dibanding bebek. Konsekwensinya tenaga juga tersunat lumayan banyak.

image

Berikut beberapa poin yang ingin SF utarakan
1. Header/pipa knalpot ninja 250 sangat kecil. Bahkan sama dengan honda tiger (baca disini). Padahal tiger cuma 200cc, bukan performa oriented
2. Suara knalpot pelan dimungkinkan karena banyak sekat/hambatan didalam silencer
3. Suara knalpot R25 lebih garang dibanding Ninja, kemungkinan hambatan didalam tidak sebanyak ninja. Akibatnya tenaga R25 lebih keluar. Hal ini makin diperkuat saat keduanya (R25 dan N250) diganti knalpot racing dengan merk sama yakni prospeed black carbon (with DBkiller). Tenaga R25 naik hanya 0,93HP dan torsi tidak berubah, sedangkan ninja naik 3,43 HP dan torsi naik 2,82 Nm !
Dari poin-poin diatas sepertinua dapat ditarik kesimpulan. Knalpot ninja 250 menjadi salah satu tersangka tersunatnya power N250 standar.

0 thoughts on “Penyebab tenaga ninja 250 tertahan”

  1. kurang plong kenalpotnya..

    sekalian om mau tanya
    1. temen ane ada yang mau minang ninja karbu om, tp dia bingung bagaimana cara menentukan baik nggknya mesin si ninja,karna banyak sekali iming2 kilometernya masih rendah, tp kan namanya juga speedo mana tau kalau udh di reset sblmnya,
    2. bagaimana om caranya mengecek mesin dari ninja karbu itu masih bagus sm yg udh nggk bagus ??
    3. kemudian cara mengetahui motornya udh pernah dibuat jatuh atau blm gimana ??
    4.konsumsi bbmnya om, mengingat panjenengan punya ninin karbu, kira2 kalau pakai knalpot freeflow sm std itu masing2 1 liter buat berapa kilo ?
    thx om..

    1. bantu jawab ya. soalnya ane punya ninja 250 karbu

      1. kalo mau liat itu kilometer asli apa enggak, liat dari ulir ban udah botak apa belom, abis itu cek kampas rem, masih tebel apa enggak, dan cek dibagian komstir (kayak saklar lampu), udah kusem apa belom, kalo semuanya ada udah aus, bisa jadi speedometernya udah diutak atik

      2. kalo mau dengerin suara mesinnya, nyalain, dan geber sampe redline, kalo ada bunyi aneh aneh selain suara mesin dan klotok-klotok, berarti ada bagian di dalam mesin tersebut

      3. simpel, cek stang kiri kanan, apakah sinkron apa enggak, terus liat juga bar endnnya (besi paling ujung stang) kalo lecetnya aneh, berarti pernah jatoh. oh iya cek juga kerapatan bodinya, kalo sambungan antarbodi banyak yang renggang, berarti ada sesuatu. soalnya ninja 250 karbu, punya kerapatan bodi yang lebih bagus dari ninja 250 fi.
      cek juga pake senter bodi bodinya, kalo ada bopeng sedikit (kayak titik gitu) berarti bodi udah pernah kena dempul dan repaint, bisa jadi pernah jatoh, ataupun pernah kena modifikasi.

      4. konsumsi bbm antara 22-25 kpl

      1. @orang gila
        buat jwbn yg no.2 om, apakah ada cara lain om, selain itu ?? soalnya nggk enak om sm tetangga dan sm org yg punya kalau mau ngecek harus geber2 sampai kena limiter..

        1. bukan digeber dalam waktu lama. digas penuh aja 1 atau 2 detik. nah, mesin bermasalah biasanya “keliatan belangnya” kalo abis digeber.

        2. oh iya pupa juga. pas mau teken tombol start mesin, coba dengerin, kalo suaranya staternya kayak berat, berarti akinya minta diganti. ane lagi ngalamin soalnya 🙁

      2. Thx alot orgil 🙂 kumplit responnya.
        @all… baru sempet bales komen sekarang.., maklum sibuk keliling beberapa kota . Tambahan.. lihat apa ada rembesan oli di blok bawah maupun silinder. Cek juga kelurusan ban d2ngan spakbor. Hindari ninja berstiker cutting karena banyak tukang stiker yang motong stiker di body, bikin baret. Cutting stiker biasanya juga untuk nutup bodi baret, cek kondisi piringan cakram sudah kemakan belum, cek kelistrikan…. intinya semakin item yang di periksa semakin bagus motornya. Satu lagi usahakan beli langsung ke owner, selain murah dia juga tau riwayatnya

  2. Maaf gan numpang lapak..
    barang kali berkenan Home industri purbalingga menyediakan knalpot motor dan mobil dengan berbagai merk knalpot
    menerima pembuatan leheran knalpot.
    suara model dan bahan bisa request.
    Melayani grosir&eceran
    barang berkualitas & terpecaya
    minat hub hp/ WhatsApp 082221191339 pin bb 29EB3BE3
    terimakasih

  3. Mau tanya gan, ane punya ninja 250 carbu 08, catnya sudah gk sekinclong dulu, maklum motor lama hehe.. Yg ane mau tanyain kalo di full air brush kira2 merauh kocek brapa ya? Terus nnti mempengaruhi harga jual gk, kalo motornya mau ane jual lagi. Mkasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.