Gaya balap di motogp berubah seiring tehnologi

Awal SF mengenal motoGP adalah saat eranya Mick Doohan… SF muda begitu mengidolakan dia… aksi menikungnya itu yang bikin jantung berdegub kencang… ban belakang bisa ngepot kemana-mana… aksi ini yang kondang dengan nama rear wheel steering.
Saat mengerem, melahap tikungan maupun keluar tikungan roda belakang jarang linear dengan roda depan karena posisinya hampir selalu lebih keluar dibanding roda depan.

image

Dengan jurus demikian Doohan lebih mundur titik pengeremannya, seolah motor terlihat melebar kemudian dia koreksi dengan cara sliding hingga motor keluar tikungan lebih cepat…. bayangkan ngerem lebih lambat namun keluar tikungan duluan … ! Pantas hampir sepanjang musim doohan tanpa ada lawan seimbang…. selepas Doohan ada penerusnya yang sama-sama dari Australia yakni Stooner… sayang si Stoner belum sempat menjadi legenda… konon, katanya doi kurang enjoy membalap di Motogp saat ini karena peran tehnologi mendominasi (kontrol rem,traksi, dan torsi). Eh ya sebelumnya Rossi saat itu juga suka sliding tuh….

Kondisi sungguh berbeda saat ini… the master of alien yakni Marquez punya jurus berbeda dalam melahap tikungan…. teknik elbow slider… alias menikung semiring mungkin (bahkan sampai sikut nempel aspal) untuk bisa menusuk masuk ketikungan…. meski Marquez juga menggunakan rear wheel steering tapi ga se ekstreem jamannya Doohan, karena kontrol traksi masih digunakan sekitar 60-70%.

image

image

Peran tehnologi ternyata merubah gaya balap di motoGP

0 thoughts on “Gaya balap di motogp berubah seiring tehnologi”

Leave a Reply

Your email address will not be published.