Tiger pake velg ring 17 mesin terlalu meraung? Solusinya gampang….

image

Ilustrasi dari google

Ban ring 18 dipadu ban kurus saat ini dianggap kurang modern. Alhasil banyak motor sport lawas berganti velg  lebar 17″ . Namun perubahan tersebut efeknya seperti mengganti gir belakang lebih besar. Tarikan maknyuss tapi nafas cepat habis jadinya cepat minta pindah gigi. Kalau sudah seperti ini motor hanya enak di jalan macet… saat jalan lowong mesin terasa lebih menggerung. Tiger SF misalnya untuk mencapai kecepatan 80kpj mesin teriak sekitar 5200rpm.

Karena trayek rutin SF melewati BKT yang lumayan sepi dan panjang (7kman) SF merasa mesin berkitir terlalu kencang, sepertinya ga sepadan dengan kecepatan yang diraih. Karena itu SF putuskan merubah rasio gigi final… bukan mengganti gir belakang karena sayang banget selain mahal, gir belakang sinnob pada tiger SF masih bagus , paling enak ya ganti gir depan…

image

Sebelum mengganti gir depan yang ukurannya cocok SF mencoba ngitung secara sederhana… ukuran gir depan std 13 mata, sedangkan belakang 43 mata
Rasio gir tiger standar yang menggunakan velg 18″ 43:13 = 3,308
Kalau ganti ring 17″ efeknya seperti membesarkan rasio gir … diitung bego-begoan (di koreksi ya kalau salah) 18/17 × 3.303= 3,502 (maaf saya mengabaikan ukuran ban males… njelimet :mrgreen: ) semakin besar angka rasio semakin enteng akselerasi namun top speed dikorbankan, begitu juga jika sebaliknya…

Bagaimana kalau saya ganti gir depan dengan ukuran lebih besar yakni 14 dengan kondisi ban ring 17
Coba diitung dah… (43/14)x(18/17) = 3,252
Agak berat sedikit dibanding tiger std yang berada sekitar 3,308… tapi ga masalah.. akselerasi sedikit dikorbankan tapi pas di kecepatan 80kpj pada gigi 6 mesin terasa lebih rileks… rpm menyentuh angka 5000 . Selisih 200rpm dibanding masih memakai gir depan 13.
pas banget kombinasi ini… apalagi tiger sudah oversize 50, jetting diperbesar, plus filter memakai ferrox…. kecepatan 125 kpj dapat diraih di gigi 5. Gigi 6 belum berani jajal… sepertinya 135kpj an asal yang jajal bukan beruang seperti saya…. 🙂

Eh ya lupa harga gir depan tiger ukuran 14 merk SSS di penjual online sekitar 95rb…

Monggo dijajal dhewe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  1. redtiger pake gir belakang KZ200, 40 mata. bawa ke tukang las&bubut dgn ongkos 25k sukses terpasang. motong rantai 4mata, suara “camryosak” jadi ilang. padahal rantai masih bawaan motor 05″.

  2. Sy di megapro 160 velg 17 ban 120 om kecepatan 60kmh@5000rpm .. Kalo sy ikut ganti gir depan kyk tigernya om, apa ngaruhnya sama kyk tigernya om sf? 😀

  3. Iya betul! Tiger saya ganti 17 tapi gir tetap standar, tiap kali ketemu jalanan lurus dan kosong selalu engap-engapan. Kecepatan kira2 100an kpj kaya gak mau nambah2, beraaat 😀

    Tapi kemarin udah beli set TK 13 – 41 sih, cuma aja belum dipasang karena gir lama masih bagus…

  4. Pake mpro ane yg udah 200cc, ban 17 inci, ane pk gear set gl max 125, pnp, bedanya dengan mpro yaitu gir blakangnya 41, mpro jadul 46, sesuai lah dengan mesin yg udah ubahan berat.

  5. bentar mas,
    ko aneh ya, anda 80 kpj 5200 RPM

    saya tuh juga pernah bawa motor lintas merk, kalo tiger saya pernah bawa lari 120 kpj @9000 RPM
    berarti kalo di motor mas SF 120kpj @7800 RPM
    jangan bilang kopling selip lo ya, ini std dan fit banget semua 😀

    ini kok beda jauh ya deviasinya spidometernya.
    mau tanya mas, jalan 100 KPJ antara tiger dan ninjanya mas SF rasanya lebih kencengan mana?

    • motornya si SF udah korekan tuh…oversize 50… gw pake tiger dari taon 96 sampe sekarang dan motor dalam kondisi fit belom pernah bisa 80kpj di 5000 an rpm… kalo 5000rpm paling banter ya dapet 60kpj…

    • Perbandingan kecepatan dan korekan mesin ga signifikan. Jelasnya speed berhubungan dengan rasio gir… meski korek 300cc klo rasio ga diubah 5000rpm ya tetwp 80kpj…. 🙂
      Tiger saya sudah pakai velg 17″ namun pake ban profil lebar dan tinggi 110/70 jadi simpangan speedonya ga jauh beda saat masih ori http://smartf41z.com/2012/02/20/gps-testing-tiger-ganti-velg-17-speedometer-makin-ga-akurat/
      Monggo main kerumah dan tes tiger saya klo 5000 rpm ga kena 80kpj monggo tiger saya diambil he3… (jadi ada alasan juga saya ganti motor ). Ninja gigi 6 kecepatan 80 juga sekitar 5200 rpm bedanya nafas ninja 13500rpm tiger 10rb. Soal simpangan speedo ninja klo ga salah dibawah 5persen, tiger 10 persen.

    • yup, berarti ada berbedaan deviasi speedometer dan tachometer walau tipe motornya sama.
      kalo oprekan memang betul gak ngefek ke speedometer, tapi bener, gear yg ngefek.
      .
      tapi nek 5000an RPM @ 80 kpj (dalam arti sesungguhnya) saya agak sangsi. kudune aku nyilih tiger liane buat perbandingan mas, heheheh
      dan saya emoh ambil tiger sampeyan, hahaha riwayatnya tertulis jelas di blog ini, hahaha 😀
      .
      sementara saya masih beracuan pada mas japra yg tiger 96nya 5000RPM dapet 60 kpj

  6. Mantaf infonya….tiger saya tapak lebar ring 17 dah masuk gigi 6 tapi teriak2 minta tambah gigi padahal gigi dah habis pusing saya di buatnya…..thnks infonya

  7. Oya mas gigi tarik yg cocok untuk yg jmlhnya 14 apa ya? Trus ada yg di rombak gak saya sudah tanya ke toko sparpat katanya harus ganti satu set mhon penjelasanya

    • Khusus buat tiger ada sendiri karena ukuran rantainya beda… ga bisa pake punya motor lain… saya sendiri nyari agak susah, mending beli di kaskus… macam2 merknya

  8. motor tiger ganti ger depan ukuran 14,tutup ger tidak bisa di pasang bosss….gimana’ada solusinya????d tunggu.

  9. wah ono konco senasib…mau tanya mas faiz pasang gir 14 -520 apa ga mentok atau gesek ma bibir kalter klo rpm tinggi..soalnya sy pernah coba pasang pake gir nsr spelengya dikiit banget..mohon pencerahan ya mas..

  10. Kang saya punya honda tiger 2002 terus gir belakangnya pake gir sss ukuran 45 pelk 17 motor pengennya minta pindah gigi lagi sedangkan gigi udah di gigi 6
    Harus pake gir depan berapa?

  11. Gini om punya saya tiger lama oversize 100 di custom jd cb kmren pake gear depan 15 blakang 36 kurang enak, skarang diganti blakang 39 depan tetep 15 tapi kok malah jd aneh rasanya kaya keabisan tenaga mohon solusinya trims

  12. Punya saya gear depan nta udah ganti pke 14 trus blkang udah pake ukuran 42 kok tetep top speed nya ga kena ya alias mraungg mulu . Tolong pengarahan nya suhu