Pertimbangan kembali memilih ertiga putih

image

SF bukan orang yang ngerti mobil…. meski beberapa orang sekitar termasuk family menyarankan agar SF tidak memilih ertiga warna putih dengan alasan perawatannya susah….. tapi namanya saja jodoh gimana lagi…. waktu hunting dapetnya warna itu kok 🙂 … toh warna putih keuntungannya bisa menolak panas, dan lebih termonitor oleh pengendara lain saat malam hari.
Nah kendalanya ternyata ….
Warna putih ertiga berbeda dengan warna putih yang lain…. cat putih pada ertiga berjenis white pearl alias putih mutiara…. warnanya memang terlihat elegan ga mencolok…
Proses pengecatan warna white pearl beda dengan warna putih solid / metalik… pengecatan warna white pearl perlu tambahan 1 kali proses yakni penambahan warna pearl alias mutiaranya….
jadi urutannya : cat dasar-cat putih-lapisan pearl-pernis. Simak penjelasan ahlinya :

image

Ujang Nurdin
on 25 Agustus 2014 pukul 3:45 pm said: Sunting
saya bekerja di bengkel cet auto2000 ciledug. Dan memang susah untuk sol warna putih mutiara, jd nya suka berpulau. Jd harus satu pintu ngecet nya. Karena kalo putih mutiara prosesnya dua kali. Pertama putih dulu, lalu lapisan kedua adalah pearl nya, dan yg terakhir baru clear atau pernis. Tp juga untuk penyamaan warna kdg aga susah jg. Jd pintu yg dicat dan yg gak dicat kdg2 aga beda dikit.

Lah terus efek negatifnya dimana?
Saat mobil tergores, goresan tersebut tidak bisa di kamuflase dengan cara di cat bagian yang baret saja… (di sol) efeknya jika dipaksa sol, cat baru tersebut akan terlihat bernoda/berpulau/panu 🙂 alias berbeda warnanya dengan cat asli mobil. Lalu gimana donk? Kudu cat satu panel penuh….. waduh….

image

Hal ini sudah dikonfirmasikan ke beberapa bengkel cat oleh adik ipar SF yang saat itu hunting bengkel cat di kawasan harapan indah…. rata-rata ga berani menyulam sedikit baret pada ertiga SF, bisanya 1 panel penuh yang dihargai sekitar 300-500rb (sekitar 4 bengkel yang ditanya kasih harga beda-beda)…. 
Sayang banget cat ngelupas setitik kudu cat sepanel…. mending SF tutup stiker saja dah….. beres 🙂
Klo SF sendiri ga terlalu memusingkan baret dikit… namanya saja mobil dipakai…. tapi bundanya ga rela mobil dieman-eman kok baret ditabrak pagar… he3…. (kisahnya di artikel terdahulu )

Seorang tukang cat bercerita kepada adik ipar SF
fortuner saja ga pakai cat jenis ini, malah pakai yang solid biasa…. lebih gampang proses ngecatnya… ga perlu satu panel dan dijamin ga terlihat kalau sudah dicat ulang.

Ya semoga saja ga nambah baret lagi …
Kalau sampai baretnya banyak.. mending SF cat ulang jadi putih solid atau metalik biar ga ribet kalau ada apa-apa… maklum jalanan ibukota seperti rimba….. meski kitanya berkendara dengan benar eh tau-tau diserempet pengguna jalan lain.

24 thoughts on “Pertimbangan kembali memilih ertiga putih”

  1. Biasanya d mobil baru ada kaleng/wadah kecil yg berisi cat sewarna body, itu d gunakan untuk menutup baret2 kecil. Biasanya d letakkan d laci dashboard penumpang dpn!

    1. mobil ane escudo tahun 1995 warna putih sampai sekarang ga menguning…perawatan standar jarang banget banget yang namanya poles..paling cuma cuci doang..mobil dulu itu tahun berapaan ya?

  2. brarti sama kayak hitam mutiara dong? waduh …. sama mas nasibnya ma aku, mobil tak eman2 malah diberetno sodara yg baru belajar nyetir

  3. Katanya klo putih metalik / mutiara warna putihnya bila lama TIDAK menguning y !?Krn bnyakan wrna mobil putih dinegara tropis akan cepat menguning. Putihnya tidak metalik mknya menguning lama-klamaan!?

  4. Di Jabodetabek pengen punya mobil/motor mulus….? Buang jauh-jauh deh mimpinya…nikmati aja baret-baret dikit….kalau sedikit baret sudah senewen malah gak nikmat pakenya….ini opini saya lho…

  5. Jazz 2013 juga sama seperti yang dijelaskan di atas. Untungnya ada di kasih Cat dari sononya. di taroh di bagasi tempat ban serep. 2 kaleng kecil yang 1 cat yang 1 nya lagi buat lapisan catnya.

  6. yg cepet menguning biasanya yg warna putih solid. tp bila sudah menguning, bisa dipoles lg dg coumpound atau bawa ke bengkel salon minta poles keliling bodi atau saya yg moles hehehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.