Antara NVL-R15 dan CB150-CBR 150 dalam sudut pandang SF

Kesan positif ditorehkan CBR 150 lokal saat perkenalan produk. Beberapa bloger senior mengacungkan jempol atas kesuksesan AHM memproduksi motor ini. Dimensi motor kekar menyerupai CBR 250, handling sempurna, dan laju motor terasa lebih kencang dibanding versi CBU.

image

Euforia CBR mungkin ga seheboh kemunculan R15, maklum sebelumnya yamaha tidak punya wakil sport fairing. Sedikit kilas balik ….. Setelah di uji oleh beberapa blogger dan media, nampak R15 beda tipis dibanding NVL… NVL sebetulnya menurut SF termasuk motor hampir sempurna. Jumlah percepatan, ergonomi, serta desain menjadi pembeda antara R15 dan NVL. Karena itu performa R15 ga jauh lebih baik bahkan kalah secara akselerasi dibanding NVL. Penyebabnya mesin R15Β  sama plek dengan NVL (hanya beda percepatan), namun R15 dibebani bobot lebih berat. R15 juga sangat segmented…. maklum riding positionnya tidak berorientasi alias lebih sporty.

image

Bagaimana dengan CBR150 lokal. Disini honda ga melakukan kesalahan yang sama dibanding R15. CBR150 dibekali mesin yang performanya lebih tinggi dibanding versi nakednya alias CB150R. Secara dimensi CBR lokal ini bahkan menurut para blogger mirip CBR250. Jauh lebih kekar dibanding CB150 berkat fairing serta kaki kaki yang lebih lebar.

Jika SF sendiri disuruh merangking keempat motor diatas akan menghasilkan urutan berikut

1. NVL
2. CBR150 lokal
3. CB150R
4. R15
Berikut alasannya
1. NVL… dimensi kekar terutama kakinya. Cocok untuk motor harian yang menonjolkan torsi. SF sendiri prefer naked dibanding fairing.
2-3. Katanya lebih prefer naked kok urutan CBR150 diatas CB150? Karena CB150 terlihat kurus, kakinya kurang enak dipandang, desain belakang CB150 terlalu flat. CBR cukup menggoda karena kekar desainnya. Performanya juga pas…
4. Mohon maaf untuk R15…. riding position kurang nyaman karena nunduk. Performa juga sama dibanding NVL.Β  Motor fairing diciptakan untuk stabil dikecepatan tinggi serta mampu menaikkan kecepatan secara signifikan… tapi nyatanya performa beda tipis dengan versi nakednya…

So bagi SF : NVL juaranya… he3….

Mau ganti motor? Ndak ah.. masih sayang sama tiger butut πŸ™‚

0 thoughts on “Antara NVL-R15 dan CB150-CBR 150 dalam sudut pandang SF”

  1. 1 ketuhanan yg maha esa
    2 kemanusiaan yg adil dan beradab
    3 persatuan indonesia
    4 kerakyatan yg dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan rakyat
    5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

    out of context a bit

  2. koreksi sedikit mas…R15 lebih disetting ke putaran menengah ke atas..di tabloid otomotif..cepetan R15 dibanding Nvl di kecepatan 60-100… dan top speed masih lebih tinggi R15 sedikit..feeling saya mah..si yimm itu males ngukur2 power lagi..jadi nyantumin spesifikasi yg sama sama nvl ..soal.a memang mesin.a sama..jadi gak diubah..padahal pas di dyno…gedean R15 power.a dibanding nvl 2 sampai 3 hp.an gituh..saya baca soal.a artikel di motorplus… dan ada lagi artikel..kenapa motor2 sekarang cuma sedikit nambah power.a walaupun udah di ganti knalpot racing dll..soal.a ecu.a tah apa.a gituh(maklum kurang ngerti mesin).. diseting buat lolos euro 3 dan diseting lebih hemat bbm..jadi lebih sedikit menaikan performa.a pake part2 aftermarket… ada tuh di artikel di majalah otomotif..sekedar share aja mas…:).

    1. pas di dyno…gedean R15 power.a dibanding nvl 2 sampai 3 hp.an gituh..
      ——————————-
      HUAHAHAHHA.. ngelawak om??

  3. Banyak yg bilang R15 bakalan tergerus oleh CBR150R lokal. Apalagi ditambah masalah dikubu yamaha, inden terlalu lama, dealer/sales yg suka menaikkan harga diatas harga normal, tinggal menunggu waktu pasar R15 untuk diambil alih oleh CBR150R lokal.

    1. nahh ini bener komennya aganwidodo. sales yamaha itu agak cuek menyambut calon customer. beda ama sales honda, bagus followup nya. aku bukan sales motor lohhh. cuma cerita pengalaman tempo hari

Leave a Reply

Your email address will not be published.