39 comments on “Ngobrol dengan pengrajin knalpot senior, stanlee moto muffler

  1. Menanggapi peraturan tentang suara knalpot. memang peraturan yg d buat oleh polisi indonesia, banyak yg blm memiliki detil informasi yg jelas tetapi sudah d lakukan penindakan penilangan.
    seperti:
    1. kebisingan suara knalpot padahal para polisi d lapangan banyak yg blm memiliki db meter untuk mengukur tingkat kebisingan suara, dan hanya menggunakan feeling yg blm tentu sama antara orang satu dan yg lainnya!
    2. Aturan mengenai modifikasi kendaraan yg akan d tilang jika tdk sesuai standar pabrikan. Padahal banyak modifikasi yg tidak hanya mementingkan tampilan tapi unsur fungsional dan keselamatan juga d tingkatkan. Seperti mengganti piringan cakram yg lebih lebar agar jarak pengereman semakin dekat, lalu mengganti ukuran ban standar dgn yg lebih lebar beberapa tingkat agar memberikan traksi dan juga stabilitas berkendara.
    3. Peraturan terbaru mengenai penilangan terhadap pengguna lampu yg tdk sesuai standar seperti halogen, led, xenon, hid. Padahal seharusnya peraturan tsb dapat d ubah menjadi penilangan terhadap lampu yg menyilaukan. Karena halogen, led, xenon, hid d pasang untuk meningkatkan kewaspadaan pada malam hari karena cahaya lampu lebih terang. Selain itu lampu2 jenis d atas jaman sekarang juga sudah tidak menyilaukan tergantung setingan lampu. Untuk halogen reflektor bisa d seting agak turun agar tdk menyilaukan, led jaman skarang juga sudah ada reflektornya untuk mengatur bias sinarnya, sedangkan xenon dan hid saat pemasangan harus d sertai pemasangan projector agar tdk menyilaukan.
    Jika ada pengendara yg memasang lampu xenon atau hid tp tanpa mengunakan projektor, maka mereka pantas untuk d tilang!
    Sebenarnya msh banyak peraturan yg d buat kepolisian yg tdk jelas informasi detilnya. Namun hanya itu yg bisa saya shared untuk saat ini!
    Maaf kalo komentar saya kepanjangan, karena “gemes” sama peraturan2 yg d buat polisi saat ini!

    • Yg bikin aturan sebenarnya bukan polisinya… mereka penyusun draftnya. Yg nggedor palu ya wakil rakyat. Yg pelaksana ya polisinya… masalahnya terlalu banyak aturan sapu jagad yang bisa digunakan untuk menilang pengendara. Paling aman ya pake motor STD…. jadinya biker dilarang hobi modif dan kreatif. BTW anak seorang perwira polisi di komplek perumahan saya dibelikan satria FU dengan knalpot yang super duper berisik

  2. Stanlee ajib mas, garapanya alus, sempat dulu lihat punya teman, kirain garapan pabrik ternyata masih home industri too, saluttt.
    Soal knalpot asal bukan nob1 aja, giloo

  3. Wahhh…tempatnya dah rapih jali y!Trakhir ksana tahun kmaren mank niatnya cuma ktmu bie hau bwt ngejetting ma liat2 prospeednya :)Ditunggu neh crita ttg ‘merk ternamanya’…

  4. ane nlis di web ga dibales…bbm ga diconfirm…ane merasa ditolak 🙁
    buat nupiksen full system jatuhnya berapaan ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.