Isuzu MU-X terlalu PD melawan Pajero Dakar dan Fortuner

image

Pas istirahat siang SF “setengah” diculik untuk nganter seorang kenalan ke PRJ untuk liat mobil baru katanya.. SF tau teman ini dari dulu galau ingin upgrade Panther Adventurenya dengan SUV yang kelasnya diatasnya. Padahal panthernya masih tergolong mulus… bahkan dulu SF sempat menaksirnya…

image

Sampai disana karena doi pengguna panther langsung menuju stan isuzu untuk melihat penampakan MU-X yang tergolong baru masuk Indo… Harga ternyata 425jt . Diatas ekspektasi nih….
OK deh… kita mengharapkan ada nilai lebih yang ditawarkan mobil baru ini…. pertama liat tenaganya… 136ps lumayan, fitur biasa khas isuzu… nothing special… knop di doortrim juga ga istimewa, sama seperti taruna SF dulu. Yang lumayan kompartemen AC di baris ke dua dan ketiga yang menyatu dengan atap… ga njendul berupa kotakan melebar seperti mobil SUV/MPV. Jok lumayan mewah karena dibalut kulit… sektor kemudi juga lumayan dengan adanya kontrol audio disebelah kiri danΒ  tapi SF kurang sreg dengan material door trim berkulit jeruk yang terlihat kusam… jadi mengurangi kesan mewah…
Sedikit ada ketidak puasan dari rekan SF yang melihat secara langsung mobil incaran utamanya… harga menjadi penjegal utamanya.

image

Selanjutnya kita langsung menuju stan mitsubishi untuk membandingkan dengan pajero Dakar 4×2 at. Harganya memang lebih mahal Rp. 458jt tapi eitttss tunggu dulu… mitsubishi mengadakan diskon 30-40 juta pada pameran kali ini (ada kemungkinan diskon hingga akhir tahun) sehingga jatuhnya sekitar 418-428jt… blm lagi bonus variasi serta voucher belanja 5 jt yang ditawarkan sales… disini rekan SF keheranan… kok bisa lebih murah dari MU-X. Jok sama-sama kulit… sama-sama triptonic..

image

tapi Pajero menawarkan kelebihan dibanding MU-X yang utama powernya yang menyentuh 178ps yang bikin MU-X menjadi inferior, kelebihan lain interior berkesan lebih mewah, serta adanya sunroof yang makin bikin rekan SF makin lupa sama isuzu MU-X, belum lagi headlamp proyektor dengan HID dan auto leveling, dan audio yang kata salesnya sudah disertai dengan power amplifier…Β 

image

Next sebagai pembanding ketiga kami menuju stan toyota dengan fortuner. Sebenarnya mobil ini secara interior juga ga jauh dibanding pajero.. tapi power yang hanya 140ps, transmisi matic (bukan triptonic), ketiadaan sunroof, jok berbahan fabric bikin rekan SF sedikit mengabaikan pilihan fortuner…

image

Hmmm… agak berani juga isuzu memposisikan MU-X head to head dengan pajero dan fortuner…. brand isuzu dikenal kurang “mewah” dibanding mitsubishi dan toyota, under powered, interior kurang mewah tapi harga setara dengan pesaingya… sepertinya penjualannya akan susah moncer….

Pajero Dakar….. kapan ya….? πŸ™‚
Eh ya iseng nanya ke salesnya pajak tahunan pajero sekitar 5jtan  πŸ™‚ ga sido wis :mrgreen:

Review singkat diatas bukan oleh murni pengamat otomotif, tapi dari sudut pandang SF sendiri yang tergolong awam didunia roda 4. Isuzu kudu aware mengenai hal ini karena banyak calon buyernya adalah orang awam… yang mungkin ada yang sependapat dengan SF.  Give more value added with less price.. lawannya adalah toyota dan mitsubishi yang punya reputasi baik di SUV premium

38 thoughts on “Isuzu MU-X terlalu PD melawan Pajero Dakar dan Fortuner”

  1. sorry bro pajero 4×2 yg biasa tenaganya cuma 136 dk kalo ga salah … pajero 4×4 dakar baru bener 178dk …yg melebihinya cuma captiva 2.2L crdi 190dk dan new navara 2.5L 190dk

  2. Semua yg komentar tentang diesel keliru semuanya,,,alias sok tau,,toyota&mitsubishi bukan pemain diesel,,mrk hanya pembuat mbl,,,tp isuzu produsen mesin diesel nmr1 didunia,,kalo mau ngejar tenaga,,bukan hal sulit buat isuzu,,,didapurnya tinggal bikin jg bisa,,malahan truck2 besar semua menggunakan isuzu,,bahkan alat2berat jg mesin dieselnya menggunakan isuzu,,jd kalo msh awam jgn sok tau komentar soal diesel,apalagi toyota pernah membeli 5%saham isuzu utk mendapatkan ilmu teknologi commonrailnya,,,kalo isuzu mau,,kalo soal naikkan tenaga mah gampang.

    1. ya, memang bagi Isuzu untuk menaikkan tenaga memang gampang, apalagi buat kompetitornya lebih gampang lagi untuk menaikkan tenaganya yang nota bene dari standarnya sudah bertenaga.
      Apalagi mengingat kendaraan bermesin Diesel kebanyakan digunakan sebagai kendaraan Niaga dan khususnya di Indonesia yang muatannya kebanyakan over tonase sehingga butuh tenaga yang lebih besar.

  3. Om Momod yang mungkin kebetulan juga sales dari brand Mitsubishi mohon maaf Kalau boleh saya tambahkan Isuzu Mu-X memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki kompetitor lain. Seperti Passive Entry & Start System (tidak lagi menggunakan kunci). 5 link suspension. Electronic Stability Control mencegah kestabilan kendaraan apabila terjadi Under/Over Steering. Auto Cruise Control menjaga putaran mesin tetap stabil untuk membantu kesempurnaan konsumsi BBM. Dan sistem keamanan terlengkap yaitu ABS, EBD, BA, ESC, TCS. Semua kelebihan itu tidak anda temukan di Merk Kompetitor lain…

    1. Maaf FYI, untuk ABS dan EBD sudah ada di merk Kompetitor (Pajero dan Fortuner).
      Untuk BA, Fortuner ada tapi di Pajero Tidak ada.

  4. konsumsi bbm lebih irit MU-X jelas itu.
    Cruise Control
    Anti Slip Roda
    Stability control
    Chasis dan body dan cat yang kuat, ketok aja body isuzu dia lebih kuat dan tebal dr kompetitornya

    semua yg diatas tidak dipunyai kompetitor

    Jangan lihat hanya lokal aja mas bro, Lihat penjualan di Thailand dan di Australia MU-X sudah banyak yang pakai.

    (bukan sales mobil saya )

  5. Kenalin”w sopir dump truck”soal power,emang ISUZU rajanya,soal kenyamanan mitsubishi canter pemenangnya,soal kekuatan pd kaki2 HINO&TOYOTA RINO jagoan y.jd semua brand punya kelebihan&kekurangan masing2 dlm tiap hal. So…g usah nyolot

  6. iriittt poool,,,saya udah buktiin…isi full dr pku, udh mo nyampe dumai baru turun 1garis bbm’y
    so kalo mo nyari suv yg bertenaga, nyaman n irit bbm… d one n only isuzu m-ux (saya bukan seles, krn baru beli aja tuh mobil). oh ya sebelumnya saya pakai honda cr-v n captiva, pernah coba pajero juga… bener2 value for money, beli’y pas akhir tahun gini dpat cash back lumayan ;D

  7. Saya sebagai seorang engginering, ingin meluruskan bahawa tenaga besar yang dihasilkan sebuah mesin tidak menjamin dapat membawa tonase yang besar. Dan isuzu merancang sebuah mesin dengan tenaga yang rendah namun mampu membawa tonase yang besar seperti kompetiternya. Kuncinya terletak pada rasio gear mesin. Dan untuk percepatan isuzu memberikannya pada nominal putaran mesin tertentu.dengan rancangan mesin isuzu mux, isuzu memberikan kelebihan lain berupa konsumsi bahan bakar yang irit, serta ketahan mesin untuk minimal perawatan. Dan sudah teruji. Saya memiliki unit Mux, dan saya merasa beruntung, karena hentakan tenaga yg besar pada saat menginjak pedal gas tidak langsung disalurkan ke poros roda. Sehingga sangatlah aman dikendarai. Meminimalisir terjadinya kecelakaan berkendara. Semoga bermanfaat buat pembaca. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.