EX250 dulu 39hp, sekarang 32hp. Bagaimanakah dengan ZX250 bila reborn?masihkah 45hp?

Analoginya tehnologi makin maju motor juga makin kencang bukan…? macam-macam penyebabnya… sistem pengapian dan pengabutan bahan bakar makin akurat berkat injeksi, ditemukannya low friction technologi, sampai material yang lebih ringan.

image

Namun karena perkembangan jaman itu pula bikin regulasi diperketat… 2 hal utama yang terkena imbas…
1. Polusi yang dihasilkan motor
Karena aturan soal polusi itu tenaga motor seakan tertahan karena kompresi diturunkan dan penggunaan catalyc converter, begitu pula bahan bakar seakan dicekik untuk makin meminimalkan hasil pembakaran.
2. Safety
Pembatasan power motor sesuai dengan kelasnya bikin motor 250cc kurang bisa dimaksimalkan tenaganya. Belum lagi motor-motor sekarang mungkin juga karena alasan keamanan jadi lebih berat dari motor jadul… penambahan berat bisa jadi karena rangka lebih kokoh, penyematan technologi berupa piranti keselamatan ABS, sensor ini itu, hingga kosmetika motor agar enak dipandang dll…

image

Karena itu ninja 250 2 silinder (ex250) generasi awal bertenaga 39.4HP dengan bobot 138KG! (Klik disini) Sedangkan ninja 2 silinder saat ini cuma 32hp dengan bobot 170kgan.
Bagaimana dengan ninja 250 4 silinder (zx250) yang dulunya bertenaga 45hp dengan berat 144kg? Kok rasanya saat ini susah dibikin seperti itu…. (cek wikipedia)

17 thoughts on “EX250 dulu 39hp, sekarang 32hp. Bagaimanakah dengan ZX250 bila reborn?masihkah 45hp?”

    1. Kalau mepet tidak mungkin sepertinya… kawak wajib bikin diatas R25 karena tujuannya menjadikan r25 inferior dari sisi power dan konfigurasi mesin (4 silinder) kalau mepet saja sih ninja 250 2 silinder saja cukup dimodif dikit oleh kawasaki

  1. Karena jaman skarang harga bahan material pembuat kendaraan makin meningkat. Sebenarnya atpm jaman skarang membuat motor menggunakan material yg sama seperti motor jaman dulu. Hanya saja harga akan melonjak drastis yg membuat motor tersebut susah d serap pasar.

    Kalo ingin contoh Motor masa kini d produksi menggunakan material seperti motor jaman dulu, tp harga melonjak sehingga susah d serap pasar. Coba saja anda amati data penjualan dari kawasaki antara ninja 250 fi dgn estrella. Walaupun mereka mempunyai cc yg sama, mesin yg sama2 2 silinder, bahkan mungkin fitur lebih baik ninja 250 fi dari pada estrella. Tp harga ninja msh lebih murah dari pada estrella. itu terjadi akibat bahan pembuat estrella lebih baik dari pada ninja (bukan maksud saya menjatuhkan image ninja 250 fi, karena saya juga pengguna dua motor tsb). Mungkin orang awam menganggap estrella itu mahal karena motor hobi, saya juga dulu berpikir demikian. Sampai akhirnya saya beli estrella dan membandingkan dgn ninja. Ternyata bahan yg d gunakan lebih kokoh pada estrella dr pada ninja. Itu saya amati dari bahan besi dari k 2 motor masih lebih tebal estrella dari pada ninja. Lalu pada bagian mika lampu, masih lebih berkualitas estrella dr pd ninja.

    Demikian opini dari saya, jika ada yg salah mohon d koreksi!

    Intinya bahan material pembuat motor, menentukan harga jual motor tersebut = menentukan daya serap pasar terhadap produk tersebut!

  2. A2 Licence di Eropa membuat regulasi Power max sampai 47HP, tapi untuk regulasi BBM nya yg kurang paham. Bisa Jadi next Ninja 4 silinder maks power nya diatas 40-an HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.