Konsumsi bensin mobil CC kecil belum tentu lebih hemat… paling besar andil pengemudi

image
Avg sirion dalam kota

Agak heran juga dengan daihatsu sirion milik teman SF saat kemaren keluar bareng rekan satu seksi. Iseng lihat konsumsi bensin average kok cuma 9,4km/liter. Lumayan boros juga untuk ukuran mobil mini 1300cc batin SF. Padahal mobil ini sering dipakai sendirian tanpa penumpang. Rutenya bervariasi antara toll dan dalam kota.
Kalau dibandingkan dengan ertiga SF malah irit ertiga.. dalam kondisi hampir selalu dimuatin 3 dewasa 2 anak konsumsi bensin dalkot 1:12 luar kota bisa 1:15.

image
Avg ertiga dalam kota

Mobil CC kecil meskipun berbobot ringan bukan jaminan mobil irit… yang paling utama adalah gaya mengendara anda… setelah SF konfirm pada empunya mobil ternyata benar juga meski jalan stabil tanpa berniat nambah kecepatan, doi tetap mempertahankan posisi gigi rendah sehingga RPM lebih tinggi.
image

Di toll yang sepi saja doi ga pernah pakai gigi 5, takut katanya :)… padahal ditol dengan kecepatan sekitar 70kpj kalau mau irit ya pake gigi tertinggi asal mesin ga ngelitik atau ngeden. Biarkan mobil nggelinding dengan rpm seminim mungkin.. dan pakai kecepatan normal ya… jangan terlalu lambat ntar menghalangi kendaraan yang dibelakang. πŸ™‚
SF pernah baca suatu artikel lupa entah dimana mpv bercc kecil belum tentu lebih irit dengan monil sejenis bercc besar contohnya xenia 1000cc vs 1300cc.. dikondisi tertentu lebih irit 1300 karena dia ga ngeden membopong bobot yang relatif sama.

image
Ertiga luar kota

Tapi kalau sirion 1298cc berat 1305kg vs ertiga 1373cc 1760kg ya harusnya jauh lebih irit sirion toh… apalagi sirionnya sering dipakai sendiri dan ertiganya pakenya rame-rame …

Artikel terkait : https://smartf41z.com/2014/07/27/konsumsi-ertiga-pada-mid-untuk-perjalanan-luar-kota-full-loaded/

32 thoughts on “Konsumsi bensin mobil CC kecil belum tentu lebih hemat… paling besar andil pengemudi”

  1. Sirionnya minum apa? Premium atau Pertamax? Sering dibersihkan kah keraknya? Tekanan angin apakah pas? Banyak faktor kalau soal irit-iritan…..

    1. Premium, mobil masih baru dan jarang dipakai, tekanan angin ga pernah dipantau ketiga kondisi itu di kedua mobil sama… kondisi yang berbeda jenis mobil dan driver… klo saya bahas mesin sirion ga efisien bisa di tuduh BC atau jika saya terlalu memuji ertiga ntar dituduh blogger bayaran πŸ™‚ penjelasan yang paling bisa diterima adalah gaya berkendara sopirnya

  2. Benar sekali….. Sama kaya bawa motor matik…. Disatu sisi, motor matik itu boros… Ane 25rebu premium untuk 2 hari, 80km X 2hr pp.
    Tp jika dibawa turing k bandung sekitar 200 km, malah sama aja 25rebu juga habisnya… Padahal jarak lebih jauh….

  3. dulu waktu make sirion rasanya emang gak irit2 amat sih, tp masih lebih irit dr pada xenia 1000 cc (kondisi normal gak banyak macet dan bisa buat ngebut). buat mudik masih dapet 14-15 kmpl tapi dalam kondisi gak terlalu macet. pake All New GL pernah dapat 16 kmpl lebih dalam kondisi jalan kurang lebih sama. tapi kl kondisi banyak macet masih iritan sirion. yang paling saya suka dr sirion adalah akselerasinya, lebih nendang dr All New GL yang 1500 cc, dibanding ertiga (dalam test drive singkat saya) juga masih lebih nendang sirion. irit2an emang gk bisa dilihat dari cc mobil tapi banyak faktor lainnya, kondisi jalan, cara nyetir, bobot mobil beberapa diantaranya.

  4. ertiga beratnya 1100kg-an om, lebih berat dikit dibanding avanza.
    jangan terlalu berpatokan sama MID, kurang akurat.

    sirion beratnya 900kg-an, rada sangsi juga klo lebih boros dari ertiga.

  5. pas banget bahas mobil mungil…., tempo hari ikut rekan pake toyota agya….,nggak sengaja liat di panel digital tertera average 18,5 …,apa itu ya..idikator pemakaian bbm? klo benar ..irit neh…, klo liat cara bawa memang doi ..rajin banget over gigi…dan main rpm halus…., apa seperti itu ya…bawa mobil secara efisien…, manteb neh…

  6. jadi inget top gear dulu .. jadi prius vs bmw apa itu pokok nya boros . nah si bmw itu ngikutin prius yang ngebut ngebut . hasil nya prius nya lebih boros . ane lupa prius atau apa an

  7. Sirion kalo meluncur di tol yang lancar bisa dapet diatas 1:20 … kalo luar kota (tol campur biasa) bisa di 1:15. Tapi kalo dalam kota emang ampun deh … rata-rata 1:10. Itu model setir fleksibel kadang alus kadang gahar. Sekarang pake yang 2015, sebelumnya pake yang 2013 rasanya kok lebih irit dikit ya. Tambahan volt stabilizer sedikit membantu untuk menjaga tegangan pasokan listrik, pengaruhnya kemana-mana. Kalau mau nambah tenaga, ganti aja filter udara racing ferrox/apex sama ganti busi yang irridium. Beres.

Leave a Reply

Your email address will not be published.