Ban cadangan mobil baru beda ukuran dari sononya? Apakah melanggar aturan?

Jumat kemaren , seorang rekan pengguna spin curhat mengenai ban depannya yang benjol bagian dindingnya…. demi keselamatan SF menyarankan untuk menggantinya…. untuk sementara ban benjol tersebut dibuat cadangan saja sampai ada waktu menebus ban baru (itupun ngeri kalau buat ngebut).

image

Nah Senin kemaren rekan tersebut ngabari kalau ternyata ban cadangannya beda ukuran velg dengan ban terpasang…. ban yang terpasang di Chevrolet Spinnya bervelg berukuran 15″ sedangkan ban cadangan hanya 14″ dan bervelg kaleng… karena itu doi mengurungkan niat mengganti bannya.
Doi segera komplain di Sun motor jl. Panjang namun katanya ban cadangan memang beda ukuran dan bukan velg racing karena tujuannya untuk sementara saja..
Kurang puas dengan jawabannya rekan SF telpon di pusat pusat layanan chevrolet.. dan jawabannya sama dengan jawaban Sun Motor.

SF sendiri belum mengecek di Ertiga SF apakah juga berlaku demikian? Setahu SF si taruna dan panther dulu ukuran ban cadangan sama dengan ban terpasang. Ada pengalaman rekan yang lain?
Rekan pengguna livina, innova dan xenia confirm jika jenis dan ukuran ban cadangan sama dengan yang terpasang…

Beberapa merk mobil sengaja melengkapi ban cadangan dengan jenis dan ukuran berbeda dengan terpasang dengan alasan menghemat space, mengurangi bobot, hingga alasan mengurangi biaya.

Ada pernyataan menarik dari dishub penggunaan ban cadangan berbeda itu dilarang
http://m.dephub.go.id/read/berita/direktorat-jenderal-perhubungan-darat/mobil-dengan-ban-serep-lebih-kecil-melanggar-aturan-2079

”Tidak dibenarkan kalau ada ATPM yang mengeluarkan produk dengan ban serep berbeda ukuran dari ban utama. Kalau benar-benar ada ATPM yang melakukan itu, uji tipe kendaraannya kita cabut, kita batalkan. Ban serep harus sama dengan empat ban yang terpasang, tidak boleh beda. Itu aturannya,” tegas Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso di Jakarta, Selasa (2/3).

Nah lohhhh…..

20 thoughts on “Ban cadangan mobil baru beda ukuran dari sononya? Apakah melanggar aturan?”

  1. Avanza G th 2010 ban serepnya juga pake velg kaleng, tapi ukurannya sama dengan velg standartnya 14″. Kalo Avanza S ban serepnya pake velg satndart ( alloy ).

  2. kalo di mobil kantor saia, hi-ace + avanza, ring/diameter sama, cuma ukuran yang lebih kecil+velg yang beda
    alasannya sih, emang buat meminimalkan space, gak makan tempat CMIIW

  3. Ini yang gak gaul siapa ya? dishub atau kita yang bodoh? Ban spare dengan space saver itu tujuannya membuat si pemilik mobil aware bahwa ban yang sedang digunakannya adalah ban cadangan…sesuai namanya, cadangan, pemakaiannya hanya sebentar hingga ban asli diperbaiki. Ban cadangan saya beda dengan 4 lainnya, sengaja gak ganti yang mirip (karena velg OZ nya emg cuma 4 juga :D). Sengaja biar statusnya tetap cadangan, turun jika diperlukan, beres kerjanya masuk ruangan lagi…

    Masa gara-gara ban cadangan space saver aja hak jual dicabut? geli nih yang kek gini. Justru ban space saver itu lebih aman dan membuat pemilik lebih aware terhadap ban/ kendaraannya. Selain itu bagasi lebih luas… Btw ingat jaman tewasnya Nike Ardilla? Akibat ban space saver dibawa kebut ma almarhumah

    http://kobayogas.com/2014/10/15/mengapa-mobil-bisa-lebih-irit-dari-motor/

  4. Untung mobil keluaran lama seperti Kijang LGX bapak saya velgnya sama semua hehehe… Btw pas dulu beli (bekas sih) entah masih standarnya atau udah diganti sama pemilik sebelumnya, ukuran bannya memang ada 1 yang beda. 4 ban kalau gak salah ukuran 195, sedang yang 1 ban lagi 185…

  5. Udah lama itu Mas dari akhir 90-an mobil baru banyak yg ban cadangannya memang lebih kecil karena digunakan untuk keperluan darurat sampai bengkel dan tidak dalam kecepatan penuh, kalo ndak salah dulu sempat ada kasus ada pemilik yg tidak tahu dan ngebut sampai kecelakaan karena pake ban cadangan. Jangan lupa mobil2 ini semuanya sudah lolos uji dari Kementrian Perhubungan dan Kementrian Perdagangan artinya laik jalan. Pemilik mobil yang baik ya mestinya baca manual dulu sebelum nyalahin pabrikan….:-)

  6. Gini nih begonya yg ga baca buku manual….. Maaf, kalo beli kendaraan itu kan harus dipelajari dulu…. Contoh kebegoan ane….
    Bbrapa minggu yg lalu ane make honda zoomer, motor matik. Pas abis bensin malah bingung, tangki bensinnya dimana…. πŸ˜€ dibawah jok ga ada…. Ternyata ada dibawah dek.
    Gitu juga dengan mobil, mentang2 mobil baru ga dicek keadaan ban serepnya, ato jangan2 ga tau lg disimpan dimana….. πŸ˜€ sebelum mk kendaraan baru, ato pinjaman, pelajari dulu……. Baik melalui buku manual, ato bertanya langsung jika pinjaman, jangan sampai kaya ane, sampe keringat dingin nyari dimana tangki honda zoomer…..

      1. jomplang sih enggak, cuma travel nya si suspensi yang pake ban space saver jadi melar. secara tinggi nyaris ga ada bedanya, mobil juga gak akan miring sebelah. gak lain dan gak bukan karena suspensinya yang memanjang.

  7. livina persis kayak velg bawaan serepnya jadi dapet 5 pieces velg

    gak terlalu masalah ah ban beda ukuran asal masih bawaan pabrikan. toh orang pabrikan udah memperhitungkan gak asal kasih

  8. setau saya emang standar mobil CBU ban cadangan 1″ lebih kecil dari ban standar lainnya (4pcs), mobil keluaran jepun maupun eropah n amerika, cuman mobil2 ckd aja yang lima bannya ukuran ringnya sama, ada yang lima velgnya sama, ada yg ban cadangannya dengan velg kaleng.

    apa yang dibilang om Kobayogas itu memang benar..
    qiqiqiqi

  9. Daihatsu Sirion 4 ban ukuran R14. Tapi serepnya malah lebih besar R16, lebar tapak ban lebih kecil, jenis velg standar (bukan alloy). Menurut buku panduan kalau yg bocor ban depan, maka ban serep harus dipasang di belakang. Dan ban belakang harus dipindahkan ke depan.

    Saya tidak paham otak para insinyur mobil yg bikin repot ini. Bayangkan harus 2 x dongkrak. Kenapa tidak disamakan saja rim serepnya jadi 14. Bener-bener aneh.

  10. untuk mobil spin memang ban cadangan velg 14″ dan setandar nya 15″ kenapa? itu dikarenakan untuk membedakan mana cadangan mana standar, karena ban cadangan itu di gunakan tidak boleh lebih dari 2 x 24 jam, akan tetapi dengan ban cadangan mobil tidak akan miring, coba lihat size ban standar 195/65r15 dan untuk ban cadangan 185/75r14, meski ban cadangan velg lebih kecil tapi tinggi ban cadangan : 75 lebih tinggi dari ban standar : 65. ……

  11. Biasanya ban serep tidak selebar ban lainnya, Dan Ada beberapa Kendaraan yang mungkin beda diameter velg nya, namun sesungguh nya Hal itu tidak masalah mengingat ban serep ditujukan untuk sementara agar bisa menuju Tire station terdekat.
    Yang mutlak di perhatikan adalah diameter total dari sisi ban terluar. Yang penting diameter terluar nya harus sama itu saja, maka digunakan tidak akan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.