Basis mesin yang sama untuk berbagai tipe. Kesuksesan berdasarkan pada desain dan fungsi

Dalam industri otomotif baik roda dua maupun roda empat. Penggunaan basis mesin yang sama untuk berbagai tipe/jenis kendaraan umum dilakukan sejak lama… contohnya saja…
Mitsubishi kuda-lancer; jimmy-karimun;taruna-feroza;jupiter,vega;supra,grand dan masih sangat banyak contohnya. Hal ini  cukup menguntungkan bagi perusahaan maupun konsumen.. common parts bikin biaya produksi menurun, dan juga distribusi suku cadang lebih mudah (paling cuma beda kemasan). Konsumen juga diuntungkan karena mudahnya untuk mencari sparepart kendaraannya.

image
Pic:otodetik.com

Salah satu contoh sukses dalam pemakaian basis mesin yang sama dalam berbagai tipe/jenis/merk kendaraan yang paling mencolok adalah pada skutik keluaran AHM. Mesin beat dipakai juga pada spacy,scoopy dan new vario. Mesin ini mengantarkan honda sebagai jawara di Indonesia karena menguasai lebih dari 60 persen penjualan motor si Indonesia. Kunci kesuksesan ada pada keberhasilan honda memilah nilai fungsional dan desain pada motor sehingga pasar makin luas dan tidak terjadi overlapping diantara produknya. Skutik imut dan lincah ada pada beat, fungsional untuk keseharian ada pada spacy yang kapasitas bensin dan bagasinya cukup besar, untuk fashion ada pada scoopy dan tampilan serta fitur modern ada pada vario.
Sebenarnya hal tersebut juga dilakukan yamaha, namun karena beberapa hal kurang berhasil diterapkan. Penyebabnya males saya jentrengkan, ntar dikira BC…. faktanya lihat sendiri penguasaan AHM di lini skutik.
Untuk sport sepertinya yamaha bersinar dengan mesin SOHC 150cc 4 klepnya.. pas banget perpaduan antara R15 dan NVL.
Contoh pada mobil sebut saja suzuki dengan ertiga dan swift (swift sekarang pake mesin ertiga euuyy.. ), toyota/daihatsu dengan rush,terios, avansa 1.5, Nissan pada livina,march,evalia,dan juke. Dan masih banyak contoh lain….

image

Hal tersebut selain menguntungkan perusahaan seperti yg SF sebut diatas, akan berdampak pada perluasan pangsa pasar. Bahkan kemungkinan produk baru hasil differensiasi akan menyumbang penjualan terbesar… contoh pada honda lagi nih…. mobilio dengan mesin yang sama dengan jazz dan freed menyumbang penjualan terbesar bagi honda….! Padahal keluarnya terakhir dibanding saudara se”jantung” …
Fungsionalitas yang menentukan peruntukan suatu kendaraan serta desain yang menentukan soal selera. Kesuksesan produsen dalam differensiasi produk tergantung dari 2 hal diatas….

9 thoughts on “Basis mesin yang sama untuk berbagai tipe. Kesuksesan berdasarkan pada desain dan fungsi”

  1. manteb…kyk kue donat, bahan dasar sama tp pelapis atasnya beda2..pengen coklat ato selai ato kacang,…pengen lapisan semua (full fitur)..bisa tapi harga naik….

  2. Basis mesin sama tp hrg jual beda jauh, ini yg jadi tanda tanya. Wong beda rangka, body plastik dan bbrp fitur yg harusnya gak bikin itu motor jadi selangit hrgnya. Saya gak tau persis apakah nantinya Vario Techno 150 yg akan diluncurkan nanti mesinnya klop ama new PCX 150, tp kl seandainya bener sama walau beda settingan doang, ini yg jadi tanda tanya besar, yg saya maksud di atas tadi. Menurut saya prosentase selisih hrgnya udah terlalu jauh gap-nya, itu kl seandainya bener lho mesin yg dipake sama basisnya.

    1. mesin gak sama cuma mirip….vario 149cc….PCX tetap 153cc, mesin mah boleh aja mirip tapi seperti halnya mobil kalau udah beda rangka dan casing + parts2 lain di luar mesin ya nambah harganya jauh mas bro….inget gak ada pabrikan yg emoh masukin skutiknya kesini karena katanya speedonya yg digital bikin harganya jadi mahal….itu cuma speedo loh mas bro….

Leave a Reply

Your email address will not be published.