KMI upgrade ninja 250 akibat kehadiran R25, apakah cukup?

Upgrade ninja 250 saat ini tergolong mantab… assist & slipery clutch plus ban battlax lumayan mendongkrak value motor ini… slipery clutch bisa mengurangi stress pada rantai, gir set, kopling set, serta beban mesin saat menurunkan gigi…. mesin tidak teriak berlebih saat menahan laju motor saat gigi diturunkan, roda belakang mengunci juga dapat dihindari. Bagi yang suka berkendara ekstreem (apalagi disirkuit) tentunya fitur ini akan sangat membantu.  Ditambah lagi penggunaan ban battlax akan sangat membantu handling motor serta keamanan motor itu sendiri. SF merasakan sendiri merubah ban bawaan ninja 250 dengan aftermarket bermerk zeneos yang harganya terjangkau punya efek sangat besar terhadap handling motor. Motor lebih mudah menikung serta lebih percaya diri saat pengereman.

image

2 hal diatas adalah upaya kawasaki untuk membendung kehadiran R25 yang diawal kedatangannya langsung mengoyak pangsa pasar Ninja 250. Apakah dirasa cukup? Sebetulnya ada beberapa hal penting yang tak dapat disingkirkan….  performa dan aftersales!
Motor fairing identik dengan kencang. Power jadi satu aspek yang banyak dipertimbangkan oleh biker. Sebetulnya cukup mudah meningkatkan power ninja 250 karena memang masih banyak potensi terpendam. Tenaga ninja 250 dibanding R25 on wheel ga jauh amat kok cuma  antara 1-2 Hp.. (lupakan power on crank di brosur… karena yamaha ketahuan belangnya soal ini, baca disini )… kok bisa bilang gampang meningkatkan power Ninja 250?
Sama-sama ganti knalpot saja kenaikan tenaga ninja bisa 3 hp dimana pada R25 cuma 1 hp, disini tenaga R25 langsung kesalip….(baca ulasannya disini ) Asumsi SF knalpot ninja terlalu membatasi performa ninja, karena itu sektor ini wajib diupgrade lagi oleh kawasaki. Karakter ruang bakar overbore ninja harusnya lebih bisa dioptimalkan meningkatkan tenaga dengan cara setting ECU agar power dan limit RPM naik…. kalau power sudah naik tentunya pertahanan Ninja 250 bakal makin kokoh membendung serangan yamaha R25.
Satu hal lagi…. aftersales kawasaki ninja 250 sangat telak jauh tertinggal dibanding yamaha. Harga parts kawasaki terkenal mahal dengan dalih parts import, entah kenapa kawasaki ngeyel pakai parts impor padahal di Indonesia ada produk sejenis dengan kualitas sama… misal : aki, busi, kampas rem, dll… disini konsumen kawasaki dihadapkan biaya perawatan yang lebih menguras dompet dibanding produk yamaha… belum lagi jaringan 3 S lebih terbatas dibanding pesaingnya…

Menurut SF sih kawasaki masih perlu effort lebih dibanding hanya membekali N250 dengan slippery clutch dan ban battlax dalam menghadapi R25 yang saat ini diatas angin…

0 thoughts on “KMI upgrade ninja 250 akibat kehadiran R25, apakah cukup?”

  1. Kalo saya bilang sih R25 menang di sisi handling dan mslh after-sales aja. Saya br beli R25 bekas minggu lalu, dan dari bbrp kali riding dgn R25 dpt sy simpulkan emang handlingnya enak, saking enaknya saya katakan kyk lg bawa skutik (maklum, emang originnya saya dari dulu emang sport bike sih, hehehe…). Pokoknya lincah deh, mau nikung yg langsung “beri” aja, selap-selip di kemacetan pun enak dan kagok walau ada fairing serta spion “tak terlipet”, hehehe… TAPI… nah… ini nih ada tapinya nih… Krn saya juga miara Z250, sy ingin ksh pembanding, di sisi mana motor Kawasaki itu menang? Aura mogenya bros… biar gimanapun saat riding pake Z250 lbh berasa aura mogenya, baik itu impresi fisik (termasuk bobot motor) maupun suara mesin serta suara knalpotnya. Kondisi keduanya sama2 standar lho, apa adanya dan blm diapa2in. Jujur saya katakan di sini, suara mesin dan suara knalpot milik R25 itu jelek banget. Malah betotan gas serta getaran mesinnya lbh unggul Z250, lbh smooth dan suara teriakan mesinnya pun lbh sangar bin bengis. Mungkin akan lain ceritanya atau impresinya bila knalpot R25 diganti. Jadi kalo ada yg bingung mau milih yg mana, gampang aja sih, tinggal tentuin sisi mana yg lbh disukai. Sisi handling yg lincah di kemacetan dan enak buat nikung2, pilihlah R25. Kl sisi disain, impresi fisik dan aura moge yg dipilih, ya pilih aja Ninja 250 FI.
    Ini penilaian netral lho, krn sy punya Z250 (msh mirip lah ama Ninja, hehehe…) dan R25 black predator (wrn lain jelek menurut saya, black predator lbh munculin sisi bengisnya R25, kl gak percaya coba aja bandingin sendiri). Tp sih kl punya dua2nya lbh bagus, sama2 ada sisi bagusnya dan sisi jeleknya. Biar gak bosenin, wkwkwkwk……

      1. Blm saya bawa ke bengkel bro Faiz, blm setting ulang, RPM msh ketahan di 7000an. Kyknya pemilik pertamanya blm lakukan service pertama tuh, hahaha… Tp emang suara dan getaran mesinnya saat dibetot agresif, punya Z250 lbh smooth dan suara raungan mesinnya pun lbh beraura moge, berdesing tinggi dibarengin ama suara pelintiran dua silindernya. Sedangkan R25 suara mesinnya berasa kering condong kasar serta suara pelintiran 2 silindernya gak berasa, cuma terdengar ada suara mirip2 suara peluit.
        Impresi awal seperti pada saat di-stater pun beda bro, R25 berasa agak2 mirip NVL/R15 gitu deh, sedangkan Z250 yah bro Faiz tau lah gimana suara. Pun saat kondisi idle suara mesin R25 kaga ada spesialnya, mirip2 dikit ama R15, cuman lbh berat dan kasar aja, sedangkan suara mesin Z250 lbh berasa aura motor 2 silinder, kerasa banget dah bedanya ama motor2 sport yg 1 silinder, ada desis2 dan desing2nya.
        Kira2 gitu deh bro Faiz.

        1. Iya bro Faiz, Ninja karbu mah msh OKs banget dah… hehehe… gak ada yg spesial di R25 selain handlingnya doang. Sensasi moge tetep Ninja lbh berasa kok bro Faiz. Berhubung badan saya gak sterek aja makanya handling agak sedikit sesuatu bagi saya, tp kl seandainya bagi yg postur badannya berotot atau gede mah handling Ninja sih OK2 aja pastinya.

  2. Ralat:
    ====================
    Pokoknya lincah deh, mau nikung yg langsung “beri” aja, selap-selip di kemacetan pun enak dan kagok walau ada fairing serta spion “tak terlipet”, hehehe…

    yg bener tuh kaga kagok maksudnya, hahaha…

  3. Mao nanya nih,untuk ninja SE Hijau apa udah ada slipper clutch??
    Soalnya ane mao ambil,dan katanya pihak Kawasaki sE hijau dan produksi tahun 2014 semua dah ada slipper clucth…
    Mohon pencerahannya…
    Karena saya baca di semua blogger katanya Yg ada slipper clutch itu SE Merah…
    Makasih..

      1. Saya rencana mao ambil yg hijau SE stock lama yang biasa om…yang non abs..
        Apakah sudah ada slipper clutch??
        Soalnya saya nanya orang kawasaki nya katanya udah ada slipper clucth…
        Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.