Jangan biarkan rantaimu kendor… bakal menimbulkan banyak masalah.

image

Kalau sudah ngomong sama praktisi yang berkecimpung bakal banyak info yang berguna…. ngobrol soal perawatan rantai yang sepele pun bikin SF dapat informasi yang bermanfaat.

1. Saat baru ganti gir set, selalu monitoring ketegangan rantai terutama pada satu bulan pertama. Rantai dan gir baru pada bulan pertama akan saling menyesuaikan bentuk konturnya. Jadi wajar bulan pertama rantai perlu penyetelan ulang.
2. Beberapa rantai mempunyai seal o-ring didalamnya. Hari -hati penggunaan pelumas rantai. Gunakan pelumas khusus rantai yang tidak bereaksi kimia dengan seal rantai. Jangan gunakan gemuk (stempet) karena sifatnya yang seperti gel justru menangkap kotoran yang menggerus gir dan rantai. Oli baru lebih direkomendasikan melumasi rantai daripada bekas pakai. Pelumasan rantai lebih efektif jika rantai dinersihkan dulu sebelum diberi pelumas.
3. Tanda-tanda rantai kendor yang dapat dirasakan, seperti bunyi berlebih saat berjalan, pada beberapa motor rantai akan menimbulkan gesekan pada parts motor lain (misal dengan standar tengah) saat melewati jalan gelombang. Saat deselerasi akan terdengar bunyi kemrosak rantai… saat motor digas hentakan motor dirasa lebih kasar. Ada getaran berlebih saat melaju pada rpm tertentu….  jika tanda diatas sudah dirasakan, berarti anda telat mengencangkan rantai… seharusnya anda sudah harus mengencangkan rantai sebelum tanda diatas dirasakan. Jarak bebas rantai sekitar 2-3cm…

image

4. Rantai kendor merugikan pengendara. Berikut hal-hal yang merugikan :
a. Yang paling terasa ya bunyi kasar, akselerasi-deselerasi menghentak/kurang mulus, getaran berlebih pada bodi motor.
b. Rantai kendor memberi hantaman besar pada gir saat akselerasi maupun deselerasi. Ini yang bikin tegangan rantai tidak merata serta gigi gir melengkung. Umur rantai maupun girset bisa 2 kali lebih singkat.
c. Beberapa kasus yang parah, rantai meloncat (meleset ) dari gir. Bisa bahaya jika rantai terlilit diantara gir dan arm. Roda belakang resiko terkunci, serta rantai juga terancam putus. Ada juga kasus as gir depan sampai patah  gara gara rantai nyangkut saat melaju .
5. Untuk rantai yang menggunakan sambungan, perhatikan arah sambungan… jangan sampai terbalik. Sambungan rantai terbalik rawan bikin sambungan terlepas saat melaju. Pemasangan sambungan rantai yang benar saat rantai ada dibawah yakni klip sambungan rantai dipasang dari belakang dikancingkan kearah depan motor (bagian kancingan yang terbuka selalu arah belakang putaran rantai )
6. Pengecekan tegangan rantai merupakan salah satu SOP servis resmi di bengkel resmi. Ingatkan montir jika anda servis dibengkel umum, atau cek sendiri sewaktu-waktu.
Semoga artikel ini bermanfaat…. monggo ditambahkan jika ada yang kurang

   

20 thoughts on “Jangan biarkan rantaimu kendor… bakal menimbulkan banyak masalah.”

    1. beberapa penyebabnya… rantai mulet/miring, atau kondisi gir tidak bagus lagi alias tajam atau bahkan bengkok giginya. jadi tegangan rantainya jadi kacau… kalau rantai sudah kendor0ketat, cara setelnya putar roda dan cari posisi rantai paling ketat lalu sesuaikan ketegangan rantainya. Jangan sampai putaran roda terhambat gara2 rantai ketat-kendor… mending ganti saja daripada ga nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.