Beberapa hal yang bikin salah paham mengira aki mati…

Aki motor saat ini menjadi hal yang vital bagi motor. Motor SF yang masih karburator saja kebingungan saat aki mati… meskipun motor bisa nyala namun beberapa fungsi dari parts motor terganggu. Misalkan speedo meter ngaco (pada tiger jarum RPM akan ngaco), lampu redup, bel ga berfungsi, nyala sein ga normal dan motor tidak bisa dihidupkan melalui elektrik stater. Pada motor injeksi peranan aki lebih vital lagi… meski pada beberapa motor injeksi dapat hidup dalam kondisi aki drop namun hal tersebut berpengaruh pada komponen elektronik yang mengatur pengkabutan dan pengapian motor (ECU).

Kali ini SF ingin membahas mengenai motor yang tidak dapat dihidupkan melalui elektrik stater. beberapa hal bikin kita tertipu akan hal tersebut, karena sebagian besar mengira akinya bermasalah. berikut tips dari SF saat menghadapi kegagalan tersebut.

1. cek dulu kesehatan aki melalui klakson motor… klakson membutuhkan daya lumayan besar. saat klakson bersuara kencang saat difungsikan (kondisi kontak on tanpa menyalakan mesin) kemungkinan besar aki masih sehat.

2. jika aki masih berfungsi, cek bendik stater. Bendik ini berupa tabung kecil dengan 2 konektor di salah satu ujungnya. Biasanya tanda bendik stater mati, saat tombol stater dipencet tidak ada bunyi (bunyi lemah)  “cetak” pada bendik. untuk mengujinya tinggal hubungkan kedua kutub bendik dengan obeng. jika dinamo stater nyala maka dipastikan bendik stater perlu diganti.

bendik stater pic:motomotif.wordpress.com

3. cara jumper bendik stater diatas tidak berfungsi meskipun aki dalam kondisi aki sehat? kemungkinan arang dinamo stater sudah aus dan minta ganti.  Kasus SF dulu sebelum dinamo stater mati elektrik stater bermasalah (kadang mati kadang hidup) . Saat elektrik stater ngambek, SF ketok saja saja dinamo staternya, eh langsung nyala dia 🙂

pic:warungdohc

4. hal diatas dapat dideteksi jika aki menandakan tanda- tanda sehat. Bagaimana jika aki drop setrumnya… ? bagi motor tua cukup kompleks juga masalahnya. Apalagi jika aki baru beberapa bulan trus modiar .. Perhatikan hal-hal berikut :

a. langkah pertama dan paling penting, cek sekring. jika terputus kemungkinan ada korslet. Ganti dulu sekringnya. untuk sekring model tabung sekalian bersihkan konektor tembaganya pake kertas gosok atau benda tajam. konektor berumur biasanya kotor sehingga tidak mau menghantarkan listrik.

b. cek dan bersihkan konektor dan soket yang ada… soket yang vital ada di keluaran spul (pada tiger disebelah kiri diatas tutup gir depan) serta soket yang menancap pada kiprok.

c. Cek jalur perkabelan dari keluaran spul ke arah kiprok hingga ke aki . pastikan tidak ada kabel terputus atau luka. Kasus pada tiger SF dulu, salah satu kabel sering terjadi panas berlebih hingga gosong. paling parah soket kiprok leleh dan bahkan spul pengapian mati tewas. Usut punya usut ternyata ada kabel tersembunyi dibalik filter udara (benar2 tersembunyi dari pengamatan) yang lecet dan kadang kala menempel pada bodi. karena jalur ini tidak terjangkau sekring jadinya efeknnya mempengaruhi arus menuju kiprok bahkan merusak spul.

d. Cek kesehatan kiprok. tanda awal kiprok tewas adalah bohlam mudah putus.

e. Cek spul kelistrikan… tiger SF dulu pengapian masih nyala meskipun motor brebet. stater pagi hari tobat susahnya. kalau pada tiger SF ngecek dengan cara menempelkan arus keluar dari spul (klo ga salah warna kuning) ke rangka / mesin jika ada percikan api, berarti spul aman.

beberapa informasi diatas berdasarkan pengalaman 10 tahun pegang tiger dan beberapa tahun pegang spin dan ninja. sempat juga ketipu gara2 hal diatas… aki sudah diganti baru, eh motor masih ngadat… eh ternyata bukan aki masalahnya…. 🙂 maklum SF ga paham kelistrikan… harusnya pakai AV meter sumber masalah bisa terdeteksi tanpa trik aneh2 ini… berhubung SF ga ada alatnya dan ga bisa memfungsikannya jadi ya otodidak… 🙂

beberapa montir pemula yang tak paham kelistrikan biasanya asal nuduh saja… kalau sudah gini ada baiknya ke montir berpengalaman (cari info dar komunitas motor, biasanya mereka punya bengkel rekomendasi) atau ke bengkel resmi dengan mekanik senior.

 

semoga berguna

44 thoughts on “Beberapa hal yang bikin salah paham mengira aki mati…”

  1. Klo motor saya terakhir ganti aki rmg karena aki abis beneran hehe, soalnya udh kerasa dari klakson cempreng sampe spido digitalnya bolak balik mati nyala mulu….

  2. Kalo ane masih bingung lurr…kmren bendik kbetulkan ane cek normal cuma flaser redup sebelah tegangannya,aki pake 5A kebetulan pake klakson hella 48wtt dan lampu depan 55wtt,
    nah kasusnya yg bikin ane pusing soalnye uda berminggu minggu doble stater ane kaga mau, bendik cuma bunyi cetak2 sedang aki normal,klakson banter,
    alhasil berminggu minggu ane jumper tu bendik buat hidupin si tigi

  3. Bos mau tanya nih
    Jadi gini ceritanya..awalnya tiger saya dah ada seminggu g dihidupin ketika dihidupin g kuat stater
    Nah akhirnya q pinjem aki mio punya nyonya…nah ini q g liat terminalnya krn penerangan kurang luat ternyata terbalik terminal akinya
    Taunya ketika q pasang terminal + – nya tiba2 ada asap dan sesegera mungkin q copot kabel terminal akinya
    Setelah q cek lagi ternyata ada kabrl yg leleh yg jurusannya pada kiprok
    Ketika q cek g ada kabel yg “tempuk” q pasang lg aki dg posisi terminal yg benar kok tetap ngebul lagi y bos dr kiproknya akhirnya g berami lg dah pasang akinya n skg moyornya masih ngangkral hehehe…kira2 apa itu yg rusak y bos? Mksi….

  4. Makasihh brooo informasinya…
    Ternyata penyakitnya cuma sekringnya yg pengen di usap usap…hihihi…
    Alhamdulillah skrang si komeng mantep lgi klaksonnya

    1. gejala pengisian ga sempurna atau aki kurang sehat. coba lampu utama pake relay… arus dia stabil karena shortcut ke aki ga terganggu arus untuk komponen lain. bisa lebih terang juga loh

  5. ijin nanya plus mohon saran masukan,mas.iseng2 coba ganti arang dinamo starter suzuki spin saya karena elektrik starter terdiagnosis sudah mulai ‘berat’.setelah arang diganti dan dinama dan dipasang kembali dan kemudian dicoba pencet tombol starter,terdengar bunyi kaya suara korslet…drrrrrrrttt..drrrrrrrtt..asal suara spertinya dari bendik starter kalơ sy tidak salah.elektrik starter berfungsi walopun gak begitu ‘greng’ setelah motor diajak jalan,namun setelah brenti agak lama kumat lagi.kira2 apa masalahnya,ya mas?pengecekan awal voltase aki masi diatas 12,5v,lampu,klakson masi terang dan nyaring kondisi saat motor on/diam.mathurtengkyu.

  6. motor q akinya bagus, di cek skringnya putus, setelah di ganti skringnya hidup lagi starter dan lampunya, tapi beberapa waktu kemudian pas mati lagi.solusinya ya..

  7. Saya mau nanya ni. Motor saya Jupiter z lampu Depan cahayanya enga terag, tafi klu di gas cahayannya terang, yg saya mau tanyakan, kendalanya apah yah?!

  8. Mau tanya ..punya mtor supra 125. Aki sih ok. Tp pas di pasang ko malah fak bisa setater ya….pdhal sikring dah di ganti…. Kasih sran dong apa ?? Apa kbel koslet atau kiprokk

  9. koreksi gan..
    buat Honda Tiger dari tahun berapapun,itu kabel strum keluaran spul bukan kuning,, tapi hitam kelir merah,,

    -HTC-

  10. Kak mau tanya saya punya scorpio z , di starter kadang idup , tapi nanti biasanya mati nah kalo udah ga bisa di starter klakson, sein semua ga bisa idup lampu sein redup dan klaksonnya mati suara ga ada. Apa itu masalaha akinya apa apaya., tapi akinya udah di isi ulang. Mohon balesannya terima kasih

  11. Mau tanya mas brow,vega r new saat mesin nyala, lampu dinyalakan ko mesin sering mati, tp klo lampu mati mesin jadi normal..g mati dan juga busi sering ganti 1bulan sekali

  12. Hai, motorku suzuki spin matik, stiap kali terbentur lubang atau jalanannya rusak pasti slalu sja jadi buntu klw tdak di gas tinggi mesin bisa langsung mati, mohon bantuanya?

  13. Penyebab arus klakson mati awalnya pake klakson jenis keong biasa normal lalu mati hidup lagi pas di coba pake klakson ori jadi nggak hidup(nyala)

  14. bantuannya dong, motor honda grand ane lampu, sein, klakson normal d gigi 1,2,3. tp saat gigi 4 kok lampu, sein, n klakson g
    ak bisa kayak setrumnya gak kuat. knpa n solusinya gmana. trims all?

  15. Mas mau nanya dong:D
    Motor saya mio sporty nah motor saya ada kendala nih mas kira2 apanya yah? motor kan nyala diajak muter2 bisa tapi klo udh berhenti dinyalainnya lagi gak bisa harus nunggu dulu sejam atau dua jam,kira2 yg rusak apanya yah mas?

  16. Mu nanya bos motor megapro ane kalo lampu nyala dan sen nyala di gas gde kok ngadat ngadat apa msalhny ..tolong infonya

  17. AwAlnya bisa stater aki dh ganti baru masih gk bisa juga bendit pun baru klason pun gk hidup. Awalnya mogok mendadak pengapian ilang dari situ staternya gk mau hidup lgi. ApAnya ya kirA kira…

  18. mas aku mau sering ni motor aku jupiter mx ni jika motot hidup di gas keceng normal tapi kalo buat jalan dia berebet,dan kalau di setater kondisi aki langsung gedrof mas jika mesin kondisi lagi meyala di setater mesin langsung mati mas,kondisi aki dan bendik baru mas dan kabel bodi sudah saya cek semu gak da yg konslet mas,dan boros busi bisa satu bulan sekali anti mas,Itu peyebap ya apa ya mas..

  19. Gan mau tanya dng. Motor sy megapro 2013 yg karburator, kondisinya sudah pake relay buat atur ketahanan klakson karna pake klakson mobil dan bohlam 35volt. Lalu relay sering ngadat dan mootor suka brebet kalo jalan. Jika speedometer eror maka lampu redup,sein eror dan redup, klakson mati, skrng sudah sy normalin lg jalurnya seperti semula, tp awalnya normal namun pas jalan tiba” speedometer blank dan lampu,sein dan mesin jd brebet. Apa ada yg salah? Dan sy mesti mulai cek dr mana? Ini sudah 3x sy betulin tp msh begini juga. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.