43 comments on “Beberapa hal yang bikin salah paham mengira aki mati…

  1. Klo motor saya terakhir ganti aki rmg karena aki abis beneran hehe, soalnya udh kerasa dari klakson cempreng sampe spido digitalnya bolak balik mati nyala mulu….

  2. Pingback: Penyakit motor tua: lampu redup, klakson sember. Ini solusinya | Smartfaiz

  3. Kalo ane masih bingung lurr…kmren bendik kbetulkan ane cek normal cuma flaser redup sebelah tegangannya,aki pake 5A kebetulan pake klakson hella 48wtt dan lampu depan 55wtt,
    nah kasusnya yg bikin ane pusing soalnye uda berminggu minggu doble stater ane kaga mau, bendik cuma bunyi cetak2 sedang aki normal,klakson banter,
    alhasil berminggu minggu ane jumper tu bendik buat hidupin si tigi

  4. Bos mau tanya nih
    Jadi gini ceritanya..awalnya tiger saya dah ada seminggu g dihidupin ketika dihidupin g kuat stater
    Nah akhirnya q pinjem aki mio punya nyonya…nah ini q g liat terminalnya krn penerangan kurang luat ternyata terbalik terminal akinya
    Taunya ketika q pasang terminal + – nya tiba2 ada asap dan sesegera mungkin q copot kabel terminal akinya
    Setelah q cek lagi ternyata ada kabrl yg leleh yg jurusannya pada kiprok
    Ketika q cek g ada kabel yg “tempuk” q pasang lg aki dg posisi terminal yg benar kok tetap ngebul lagi y bos dr kiproknya akhirnya g berami lg dah pasang akinya n skg moyornya masih ngangkral hehehe…kira2 apa itu yg rusak y bos? Mksi….

  5. Makasihh brooo informasinya…
    Ternyata penyakitnya cuma sekringnya yg pengen di usap usap…hihihi…
    Alhamdulillah skrang si komeng mantep lgi klaksonnya

    • gejala pengisian ga sempurna atau aki kurang sehat. coba lampu utama pake relay… arus dia stabil karena shortcut ke aki ga terganggu arus untuk komponen lain. bisa lebih terang juga loh

  6. ijin nanya plus mohon saran masukan,mas.iseng2 coba ganti arang dinamo starter suzuki spin saya karena elektrik starter terdiagnosis sudah mulai ‘berat’.setelah arang diganti dan dinama dan dipasang kembali dan kemudian dicoba pencet tombol starter,terdengar bunyi kaya suara korslet…drrrrrrrttt..drrrrrrrtt..asal suara spertinya dari bendik starter kalΖ‘ sy tidak salah.elektrik starter berfungsi walopun gak begitu ‘greng’ setelah motor diajak jalan,namun setelah brenti agak lama kumat lagi.kira2 apa masalahnya,ya mas?pengecekan awal voltase aki masi diatas 12,5v,lampu,klakson masi terang dan nyaring kondisi saat motor on/diam.mathurtengkyu.

  7. motor q akinya bagus, di cek skringnya putus, setelah di ganti skringnya hidup lagi starter dan lampunya, tapi beberapa waktu kemudian pas mati lagi.solusinya ya..

  8. Saya mau nanya ni. Motor saya Jupiter z lampu Depan cahayanya enga terag, tafi klu di gas cahayannya terang, yg saya mau tanyakan, kendalanya apah yah?!

  9. Mau tanya ..punya mtor supra 125. Aki sih ok. Tp pas di pasang ko malah fak bisa setater ya….pdhal sikring dah di ganti…. Kasih sran dong apa ?? Apa kbel koslet atau kiprokk

  10. koreksi gan..
    buat Honda Tiger dari tahun berapapun,itu kabel strum keluaran spul bukan kuning,, tapi hitam kelir merah,,

    -HTC-

  11. mas saya benerin kabel klakson.pas aq nyalakan,kabel klakson nyetrum aku gaes.lepas tu semua mati tidak bisa nyala.itu apanya ya gaes???

  12. bos moyor saya baru di ganti aki.lalu saya benerin kabel klakson.terus saya kesetrum bos.semuanya terus mati bos.itu kenapa bos.??mohon jawab bos

  13. Kak mau tanya saya punya scorpio z , di starter kadang idup , tapi nanti biasanya mati nah kalo udah ga bisa di starter klakson, sein semua ga bisa idup lampu sein redup dan klaksonnya mati suara ga ada. Apa itu masalaha akinya apa apaya., tapi akinya udah di isi ulang. Mohon balesannya terima kasih

  14. Mau tanya mas brow,vega r new saat mesin nyala, lampu dinyalakan ko mesin sering mati, tp klo lampu mati mesin jadi normal..g mati dan juga busi sering ganti 1bulan sekali

  15. Hai, motorku suzuki spin matik, stiap kali terbentur lubang atau jalanannya rusak pasti slalu sja jadi buntu klw tdak di gas tinggi mesin bisa langsung mati, mohon bantuanya?

  16. Penyebab arus klakson mati awalnya pake klakson jenis keong biasa normal lalu mati hidup lagi pas di coba pake klakson ori jadi nggak hidup(nyala)

  17. bantuannya dong, motor honda grand ane lampu, sein, klakson normal d gigi 1,2,3. tp saat gigi 4 kok lampu, sein, n klakson g
    ak bisa kayak setrumnya gak kuat. knpa n solusinya gmana. trims all?

  18. Mas mau nanya dong:D
    Motor saya mio sporty nah motor saya ada kendala nih mas kira2 apanya yah? motor kan nyala diajak muter2 bisa tapi klo udh berhenti dinyalainnya lagi gak bisa harus nunggu dulu sejam atau dua jam,kira2 yg rusak apanya yah mas?

  19. Mu nanya bos motor megapro ane kalo lampu nyala dan sen nyala di gas gde kok ngadat ngadat apa msalhny ..tolong infonya

  20. AwAlnya bisa stater aki dh ganti baru masih gk bisa juga bendit pun baru klason pun gk hidup. Awalnya mogok mendadak pengapian ilang dari situ staternya gk mau hidup lgi. ApAnya ya kirA kira…

  21. mas aku mau sering ni motor aku jupiter mx ni jika motot hidup di gas keceng normal tapi kalo buat jalan dia berebet,dan kalau di setater kondisi aki langsung gedrof mas jika mesin kondisi lagi meyala di setater mesin langsung mati mas,kondisi aki dan bendik baru mas dan kabel bodi sudah saya cek semu gak da yg konslet mas,dan boros busi bisa satu bulan sekali anti mas,Itu peyebap ya apa ya mas..

  22. Gan mau tanya dng. Motor sy megapro 2013 yg karburator, kondisinya sudah pake relay buat atur ketahanan klakson karna pake klakson mobil dan bohlam 35volt. Lalu relay sering ngadat dan mootor suka brebet kalo jalan. Jika speedometer eror maka lampu redup,sein eror dan redup, klakson mati, skrng sudah sy normalin lg jalurnya seperti semula, tp awalnya normal namun pas jalan tiba” speedometer blank dan lampu,sein dan mesin jd brebet. Apa ada yg salah? Dan sy mesti mulai cek dr mana? Ini sudah 3x sy betulin tp msh begini juga. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.