Stabilizer setang, perlukah untuk motor harian

Kebetulan ada pengunjung ninja yang berkonsultasi pada SF ingin mengaplikasikan stabilizer setang pada tunggangannya. Jawaban SF sih mubazir karena stabilizer setang akan menambah berat pengendalian….
Pernah ngobrol dengan seorang teman, ridak semua tim road race memakainya. Karena ada yang menganggap bikin kurang responsif….

image

Manfaat dari stabilizer adalah menstabilkan motor agar tidak godek/goyang saat bermanuver dan berakselerasi ekstrim. Bentuknya seperti as shock breaker yang mampu menyerap goncangan… bedanya barang ini tidak dipasang secara vertikal, namun horisontal mengikuti pergerakan komstir… satu sisi(tangkai/as) dipasang dibagian bergerak (bisa di segitiga komstir/shock), bagian tabung dipasang dibagian yang tidak bergerak (bagian bodi motor/as komstir) . Sifat peredamnya inilah yang bikin handling makin berat. Tentunya akan membebani pada kondisi macet.
Satu sisi menambah kestabilan saat belok kecepatan tinggi, namun disatu sisi justru membebani handling….

Stabilizer stang untuk motor harian? Lebih mengutamakan fungsi atau sekedar mempermanis tampilan…. ? Monggo dishare bagi yang pernah pake pada motor harian…

20 thoughts on “Stabilizer setang, perlukah untuk motor harian”

  1. ninja saya juga dipasangin….dulu ditawarin pas modif.kalo mrnt saya ini soal jualan aja…hehehe.buat harian ga dibawa ngebut.bogor udh banyak macet….mubazir juga…

  2. Kalo ane sih butuh secara di kalimantan jalannya lempeng membelah hutan sawit, kalo gak pake stabilizer nembus di 160 kpj aja keringet dingin goyangnya kayak inul, kalo pake stabilizer 200 kpj rasanya stabil banget…. kesimpulan tergantung medannya.

  3. Rencna mau beli nih…pasang di ninja 150.tpi kalau cma buat harian mubazir…karna akselarasi berbelok jadi kurang,apa lagi jlanan Btg,Smd,Bppn sering berlubang,tikungan patah and kadang juga rusak.psti jd ssah untuk ngindar.
    Kecuali jalannya lempeng aja,aspal mulus,tikungan panjang nah mantap tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.