Penyakit motor tua: lampu redup, klakson sember. Ini solusinya

Ini suka duka piara motor tua… sukanya jadi banyak tau problem yang mendera motor serta solusinya. Dukanya ya kudu meluangkan waktu luang dan biaya… hasilnya cukup sepadan kok, puas kalau performa motor prima kembali.
image
Salah satu problem motor tua adalah pada kelistrikan. Jangan selalu menyalahkan aki/accu jika ada penurunan performa perangkat kelistrikan ( klik disini ) . Terutama yang paling terasa adalah redupnya lampu dan sembernya klakson (bunyi pelan/tertahan). Beberapa hal yang jadi pemicunya antara lain :

1. Kotornya sambungan/konektor antar kabel
2. Usia kabel tua mengurangi daya hantar listrik
3. Tidak seimbangnya distribusi arus listrik, perangkat listrik yang dekat dengan sumber listrik arusnya lebih optimal.
4. Jeroan saklar aus/kotor
5. Kabel terkelupas/korslet sehingga arus bocor
Solusi paling singkat adalah mem bypass perangkat kelistrikan yang membutuhkan daya besar seperti pada lampu dan klakson.

image
Relay

Cara singkatnya tanpa merusak jalur kelistrikan yang ada yakni dengan cara menambah relay. Fungsi relay adalah menghubungkan langsung antara perangkat listrik dengan sumber daya. Jika dalam kondisi motor standar arus listrik yang masuk ke lampu dan klakson juga terbagi ke perangkat listrik lain, jika memakai relay kebutuhan arus listrik dari lampu/klakson langsung ambil dari sumber daya (aki/kiprok).
Cara kerjanya begini :
Saat saklar lampu/klakson diaktifkan, saklar tersebut memerintahkan relay untuk langsung menghubungkan arus dari sumber daya langsung ke lampu/klakson. Jadinya lampu/dan klakson mendapat prioritas utama pembagian arus yang keluar dari sumber daya.
Untuk cara pasangnya biasanya diĀ  bodi relay juga disertakan denahnya… pada umumnya relay terdiri dari 4 kaki (arus dari saklar, arus ground, arus dari sumber daya, arus keluar ke lampu).
Pemasangan relay terbukti meningkatkan pencahayaan dan bunyi klakson (dengan catatan kiprok dan aki dalam kondisi prima) . Bahkan jika kendaraan baru langsung memakai cara tersebut performa lampu dan klakson akan meningkat, meski peningkatannya tidak sebanyak motor lawas.
Khusus untuk lampu, kondisi mika dan reflektor kotor juga mempengaruhi kualitas cahaya…

10 thoughts on “Penyakit motor tua: lampu redup, klakson sember. Ini solusinya”

  1. Kalau aki bagus tapi ternyata arusnya kurang… Di tiger biasa penyakitnya ada di kabel pengisian, posisi ada di kaki sebelah kiri pas di atas tutup gir depan itu…

  2. Gan, motor saya tiger revo th 2007, setiap menghidupkan lampu sein atau lampu stop, maka lampu utama jadi redup, padahal aki baru, kiprok sehat dan arus dari spull jg baik, kira2 masalahnya apa ya gan, udah ane bawa ke 3 bengkel, gak ada yg ngerti cara perbaikinya.

    1. biasanya bocor arusnya. karena kabel std arusnya cabang kemana-mana. mending pake relay… jadi lampu utama langsung ambil dari aki sumberdayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.