Hal-hal yang perlu lebih diperhatikan saat motor sering melaju di kemacetan

Kebetulan seminggu terakhir kawasan Jakarta Utara (Marunda,Cacing,Plumpang dan sekitarnya) terjadi kemacetan yang sangat parah. Setiap hari pasti ada rekan kerja yang telat masuk kerja… bahkan rekan kerja SF yang biasanya datang 1 jam sebelum jam masuk kerja saja bisa terlambat….Pimpinan tertinggi mau marahin anak buahnya di kantor ini juga ga bisa… lah dianya juga terlambat…kwqkkwqk

ilustrasi :3.bp.blogspot.com

banyak hal negatif terjadi pada motor jika sering dipakai untuk menembus kemacetan apalagi diperparah dengan hujan yang terjadi tiap hari. Berikut ini SF ingin share saat menghadapi kemacetan parah…

1.Pada motor sport  setelan tua kopling jadi memendek pas kondisi mesin sangat panas. karena itu setelan kopling perlu diatur ulang… bikin jarak main kopling yang lebih panjang dari biasanya.

2. Rantai cepat sekali molor… karena hentakan saat stop N go serta selap selip. tidak seperti kondisi normal dimana berkendaran dengan kecepatan konstan. Lebih sering cek rantai. karena rantai kendor akan memperpendek usia rantai dan gir. mengurangi kenyamanan (menghentak saat kopling dilepas) serta beresiko rantai loncat.

3. Panas mesin berlebih pada motor bikin komponen motor memuai. saat ada jalan kosong jangan langsung emosional dengan akselerasi mendadak (ngebut) kondisi ini akan memperpendek usia komponen mesin

4. Hindari pemakaian listrik tidak perlu pada motor. Dulu saat masih memakai lampu H4 55 Watt kondisi macet seperti ini jika lampu dinyalakan aki bisa tekor , karena itu SF ganti dengan lampi vixion yang hanya 35 watt. Kondisi macet percuma pake klakson minta jalan… enjoy saja… ( jangan di tiru SF sering matikan lampu utama jika macet sangat parah)

5. Pake jaket yang bersirkulasi udara. Pakai jaket kulit di Jakarta sepertinya bakal menyiksa

6. Rem termasuk komponen yang bekerja keras saat macet, sering cek kondisi kampas dan setelan tuas rem.

7. Bagi motor beradiator, sering bersihkan kisi2 radiator (apalagi musim hujan begini). ganti cairan radiator dengan coolant berkualitas.

8. Musik bagi sebagian orang cukup membantu meredam emosi dan mengusir kebosanan. pake headset dengan volume jangan terlalu keras, serta cukup dipasang 1 sisi telinga saja agar masih bisa memonitor suara luar.

9. yang ga kalah penting agar kondisi motor prima… lebih baik ganti oli lebih cepat dari rekomendasi. SF sendiri biasa ganti oli tiap 1500km pada tiger dan 2000km pada ninja.

10. Pada motor matic kondisi CVT yang kotor sangat bikin tidak nyaman menembus kemacetan. motor nyundu nyundull dan bergetar hebat saat motor akan melaju. kalau sudah seperti ini jeroan CVT kudu dibersihkan.

Silahkan ditambahi jika ada yang kurang

6 thoughts on “Hal-hal yang perlu lebih diperhatikan saat motor sering melaju di kemacetan”

  1. Gara-gara proyek jalan tol dan pemasangan pipa gas yang tak kunjung kelar….buat yg bawa mobil pas subuh hati2 ada kawanan clurit yang beraksi menggedor mobil dan menguras harta korban…di kemacetan kawasan cacing waspada….buat aparat well agak no hope deh…

  2. yg terpenting jgn trobos lampu merah, jgn berhenti di lampu merah jalur lain, dan jgn seperti pembalap moto gp, begitu ijo langsung tancep gas sradak sruduk.. inget lo pergi kerja buat kasih nafkah anak istri, yg kuliah inget orang tua cape2 kerja nyari duit buat sekolahin anaknya jadi pinter..!!
    satu lagi..!! anda sanggup beli motor mahal tapi anda belum tentu sanggup berkendara dengan baik dan benar..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.