Tiger akhirnya ganti velg Aftermarket NMP. Muat Ban lebih gambot loh…

Pasca insiden velg retak kemaren, Tiger akhirnya memutuskan untuk operasi kaki. Menghindari kelemahan velg tiger yang mudah sekali rusak kancingan girnya, SF memutuskan mengganti velgnya dengan velg NMP (New Mega Pro) dengan sistem Nap Gir ga seperti tiger dimana gir langsung nancep pada bosh gir. Keuntungannya hentakan power yang ditanggung gir set lebih diserap oleh karet bos yang lebih tebal dibanding punya tiger, tidak ada kekhawatiran kancingan gir bakal tergerus seperti pada velg tiger, dan yang terakhir posisi Gir beberapa milimeter lebih keluar sehingga tiger bisa muat ban lebih lebar image

Sebelumnya Tiger lama SF memakai velg aftermarket lebar 3,5″ yang memang diperuntukkan untuk tiger hanya muat ban ukuran 130/70. Itupun pinggiran ban tergerus lumayan parah. Ketika memakai velg NMP sekarang muat ban ukuran 140.
image

Namun ada beberapa hal yang perlu disesuaikan agar ban 140 bervelg NMP terpasang pada tiger…

1. kalau velg tiger tidak ada nap gir, kalau pake velg NMP kudu beli Nap gir/dudukan gir yang lumayan harganya (350rb),
2. gir set ganti punya NMP yang rantainya sedikit lebih kurus, ini juga yang menyebabkan tiger bisa muat ban 140. Gir Set SSS dengan jumlah mata gigi belakang yang disesuaikan dengan rasio gir sebelumnya. Kalau ini harga pahe cukup 450rb satu setnya.
3. mengingat petunjuk kecepatan NMP menganut sistem sensor. Velg depan perlu dibuatkan rumah gigi nanas agar penunjuk kecepatan berfungsi. Kalau ini agak ribet karena kudu memanfaatkan tukang bubut. Cakram lebar bawaan velg lawas SF dapat langsung berpindah ke velg NMP tanpa ada penyesuaian.
Untung bengkel Formula di Ruko Griya Harapan Permai ( Sederetan dengan Shop N Drive Harapan Indah) punya mekanik yang cukup lihai modif kaki-kaki. Pagi ditinggal sore dah kelar… padahal termasuk ganti satu set cakram belakang tiger SF yang bermasalah serta penggantian spakbor tiger depan yang retak.
Artikel ini sebagai jawaban atas artikel lalu http://smartf41z.com/2015/02/18/arm-tiger-standar-ternyata-muat-ban-gambot-ukuran-150/ arm tiger STD muat ban 150 memakai tromol NMP. Awalnya SF pengen nyoba bn 150 pada velg CW tapi masukan dari mekaniknya ukuran segitu rante riskan nyenggol bibir ban. Mungkin bisa masuk namun kudu ganjel gir… jiper juga dah… kuatir gir depan belakang makin ga lurus. Akhirnya SF tetap memakai ban 140 IRC road Winner yang terbukti uawet…. 🙂

55 thoughts on “Tiger akhirnya ganti velg Aftermarket NMP. Muat Ban lebih gambot loh…”

    1. Bukan chemco….susah carinya. Dikasi axioo katanya kualitasnya sama secara harga juga sama. Ya manut saja seh…
      Velg aftermartket tiger? Becanda..kali… sistem kancingan girnya ngeri…. bisa makan rumahnya. Velg tiger ori dah hampir habis kancingannya… velg terakhir merk sprint juga hampir habis…. kapok pake punya tiger

  1. motornya klo di repaint bakal keren, GL200 Honda memang battle proven , dijual pun cari motor baru yang sepadan bandel nya susah

      1. Mas mau nanya kalau velg lebar NMP di pasang ke tiger revo ada penyesuain bearing(klaher) depan belakang ndak?..

  2. malem bang…tiger sya hbs pasng vekl nmp juga tp velkbelakang kok ada bunyi pletakpletok…laher udah ganti 2x msh bunyi jg…mohon pencerahannya

  3. Misi kang, itu velg aftermarket nmp dipasang di tiger revo bisa atau nggak ya? Tinggal PnP atau masih perlu penyesuaian lagi?

  4. Terbukti jos pake nap gear. Sentakan halus dan ga takut gear goyang dumang. Saya pake velg ori Byson dan nap gear rk king. Klopun beli gear set ga smp 200rb xixixi

    1. Pak tiger saya barusan ganti velg nmp ori, n ban ori. Kalo mau ganti ukuran 120/80 takut gesek rantai. Soalnya jrak dgn rantai udh lmyan mepet.

      Solusinya gmna pak, mohon pencerahanya?

    2. Berapa habis Bro?brarti pelex 3,5,ban brapa sizenya?nap gir rx king & tromol scorpio saya juga pakai pelek ruji

  5. Mas smartfaiz, sy jg bru aja ganti ban lebar pake velg jari” ,tromol pake nmp.
    Yg mw sy tnyakn, koq ban jdi gan sejajar yah?agak menceng ke kiri, itu settingan velg atw emang tromolnya yg udah bgtu?
    Thanks

  6. halo smartf41z ! mau nanya, kalo velg CBR150R di pasang di Tiger Revo bisa gak ? soalnya rencana mau tak ganti velg R18nya Tiger jdi R17 biar agak pendekan kaki napaknya dan tanpa banyak ubaha ini/itu hehee… #SalamBikers

  7. Om kaliper belakang pakek apa.. Aslinya tirev kan single piston tp itu yg di pasang double piston.. Pastinya rim lebih pakem.. Mau nyontek q om.. Makasih..

    1. arm std… klo mau diatas 140 , nap gir belakang tinggal ganjel ring, gir depan kudu pake eksten/gendong

  8. Om kalo ngerubah paket tromol new Megapro diaplikasi ke Tiger apa aja yang harus dirubah om. Kan setau saya ukuran bearing beda n as roda juga beda. Mohon solusinya om biar g oblag lagi gearnya. Makasih

  9. Kalau ane saat ini pakai ban 150/60_17

    Muat tapi mepet ke arm.
    Pakai tromol scorpio
    Penyesuaiannya harus ngikis dalaman kaliper belakang supaya kampas rem masuk.

    Tiger memang cocoknya pakai ban besar.
    Ganti ban selanjutnya rencana pakai ban 140

Leave a Reply

Your email address will not be published.