Ada apa dibalik strategi pemasaran Nmax oleh Yamaha?

Saat mengurus pembatalan inden Nmax di Pelita Motor cabang Bekasi THB…(baca artikel kemaren) sang sales menyatakan keheranan atas ketimpangan distribusi Nmax di Bekasi. Pasalnya beberapa saat sebelumnya, rekannya di luar Jawa (kalau ga salah Bali) menginformasikan bahwa Nmax ready stok tanpa perlu Inden.
Komentator di warung ini juga menyatakan di Jawa Timur Nmax sudah dijejer di dealer.
image

Sebagai blogger independen, mendapat motor baru tentu menguntungkan warung juga. Segala aspek bisa direview baik nilai positif maupun negatifnya dengan timing yang pas. Namun sayang langkah inden SF beberapa saat setelah Nmax launching tidak membuahkan hasil. Nyatanya pasca sebulan launcing Nmax, pihak dealer di Bekasi masih tidak bisa memberi kepastian kapan datangnya Nmax pesanan SF. Alasannya jatah pengiriman dari Yamaha pusat tidak menentu (bahkan bulan ini tidak ada pengiriman Nmax). Kalau sudah gini ya momentnya sudah lewat.

image
Pic:kaskus.... andaikan kalau ready stock

Kok bisa ya dealer Jatim dan Bali punya stok Nmax sedangkan di Bekasi yang berada beberapa KM dari pabrik Nmax harus inden tanpa kejelasan? (ga ada hubungan juga kaleee… he3…)  Sepulang kerja Jumat kemaren SF sempat berhenti di kawasan tugu dalam Jakut menanyakan sales Yamaha yang sedang membagikan brosur motor, salah seorang sales langsung menanyakan kepada atasannya… dan jawabnya inden kemungkinan hingga 3 bulan….. Ealah.. podho waeee….
Atau mungkin ada dealer yang berani gambling dengan order duluan Nmax sebanyak-banyak meski belum ada pembelinya? Adakah kemungkinan pembeli cash kurang diprioritaskan? 
menurut pihak Pelita Motor Bekasi  pembeli cash atau kredit dipersamakan sih…. (baca disini )

Dibilang kecewa sih sedikit… tapi bersyukur juga ga jadi inden Nmax ABS… lah posisi tiger lagi enak-enaknya… 🙂 trus ada kemungkinan juga Nmax non ABS bisa lebih murah 3 juta lebih…
Kemaren juga ada yang komen… karena artikel ini SF langsung di kontak Yamaha Pusat…. rasanya kok sangsi juga. Belum tentu juga orang Yamaha mampir di blog ini… dan lagi apa untungnya bagi mereka?

Honda udah ada Tiger, Kawasaki ada N250, Suzuki ada Spin, dan Yamaha sementara ini diwakili sama motor adik :mrgreen:

0 thoughts on “Ada apa dibalik strategi pemasaran Nmax oleh Yamaha?”

  1. Yang deket pabrik kan tinggal oesen ke pabrik aja…..kan lumayan, mangkas distributor…..wkwkwkwk..sotoy….

  2. ato bisa jadi..main dealer/dealer mana yang berani kasih DP gede ke pabrik untuk ‘beli’ stok motor baru…mungkin sapa yang paling gede mungkin itu yg diprioritaskan ‘jatah unit’ dari pabrik ,kan main dealer beli ke pabrik nggak cash tapi piutang, bisa jadi ada yg berani cash…

  3. saya agak condong mungkin maksudnya untuk memperbesar chance penjualan di daerah mas, semenjak beberapa artikel menyebutkan tentang gaya komunikasi sales yamaha sekarang berbeda. mungkin mereka lebih memilih memeperkuat lini daerah dulu sekalian naikin brand awareness daerah. soalnya memang di daerah calon buyernya benar2 brand minded.

  4. Percayalah, anda bukan orng pertma yg batal beli produk yamaha cash, hehe…
    Oh iya, kenapa gk coba kredit om? Biasanya kalo kredit bisa cepet…

  5. coba mas,, tetangganya atau si bunda suruh ke daeler,,pura2 tanya klo kredit nmax dp brp,trus kapan di kirim…. klo ternyata yg pura2 mau kredit ini ga inden,atau inden tapi ga smp sebulan berarti ya main2 itu daelernya.

  6. kebetulan saya kerja di samping dealer yamaha di kabupaten lahat sumatera selatan mas, n-max ready stock lho.. ini aj msh ada stock 3 unit lagi mas

    1. o ya, jd lupa ngomentarin… Sumsel ya? Wah… itu mah biangnya mitos Honda di sono, bakalan susah amit2 dah kl merk lain mau tembus market sono, dijamin muntah darah sales2nya. Udah turun-temurun mitos tentang Honda diturunin dari jaman dulu, udah mendarah daging. Sama tuh ama daerah Riau, Jambi, bahkan Sumut. Motor ya Honda, bkn yg lain, krn cepet rusak dan boros, itu kata org2 sono. Segmen menengah ke bawahnya bakalan susah ditembus tuh, hahahaha……

      1. Iya bro di sumsel.. saya pribadi pake honda tiger revo, tp yamaha di sini laria manis jg bro. Mslh ny dia unggul di service dan sparepart ny, jaringan ny lbh baik. Sparepart ny gampang bro.

  7. Jaman skrg kok kyknya susah bener mau beli motor. Bahkan berani bayar cash keras pun kaga nolong. Saya mau ngelus2 N-Max aja blm kesampaian nih, hehehe… pengen lihat dari deket seperti apa nih skutik, bikin penasaran aja. Harusnya pihak pabrikan bisa atur kapasitas produksinya. Maksudnya, model yg krg laku ya dikurangin aja jumlah produksinya dan dialihkan ke produk yg lbh laku, jadinya kan pabrikan kaga kehilangan calon konsumen yg berniat mau beli. Jadi lucu kl kepikir, krn kita kyk beli kucing dlm karung aja, unitnya kyk gimanapun kaga tau, cuman lht dan baca di internet, terus ke dealer indent, dpt barangnya terus bayar, baru deh bisa ngelus2 dan ngomong sendiri, “ooo… kyk gini toh N-Max… i see…i see…, kok kaga ada tutup pentilnya, apa memang begitu kali ya?”, wkwkwkwwkkkkkk……. amsiong dah……..

  8. Sebenarnya bukan gara2 mengutamakan dealer daerah tertentu, tapi kuota tiap daerah memang tidak sama….di Jabodetabek memang permintaan lebih besar dari kuota….dan kebetulan mas SF indennya bukan di main dealer jadinya begitu deh…..tidak ada kepastian….

  9. Semoga Nmax tidak menjadi korban berikutnya oleh oknum yamaha sendiri…
    Dulu R25 juga beli cash dipersulit, inden berbulan-bulan, upping price yg nggilani, dan akhirnya sekarang kena batunya, gak laku dan kena diskon 7jt. #miris…

  10. saya salah satu pemesan yamaha nmax..dan sampe sekarang udah jalan 2 bulan ni motor ga turun2 juga..sedangkan di purwakarta nmax ready..heran sama yamaha depok..padahal pabriknya deket..

  11. Gatau juga… saya inden udh lama juga ga dpt,ga jelas juga yamaha ini,motor udh terlanjur dijual,nmax ga ada kepastian,mau di cancel ga enak sama daelernya…tolong kalo direktur yamaha baca blog ini diprioritaskan lah pembeli…

Leave a Reply

Your email address will not be published.