Review ganti gir set NMP di tiger…. Beratnya parah….

Pemakaian gir berat mengurangi stress mesin saat menempuh perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi, rata-rata RPM mesin yang biasanya tinggi saat turing bisa berkurang .. Efeknya konsumsi bensin bisa tambah irit. Kalau soal nambah top speed agak sangsi juga sih… Kondisi normal saja motor (tiger misalnya) akan susah mencapai redline di gigi 6. Namun jika rasio gigi terlalu berat akan menimbulkan beberapa masalah.

image

Berikut sharing SF tiger yang stdnya pake gir 13-43 dengan rasio 3.214 ganti dengan gir set NMP gir 14-42 dengan rasio 3.000… Jadi pergantian diatas sama seperti menurunkan gigi belakang tiger 4 mata!
Ceritanya saat ganti gearset NMP Si mekanik ternyata lupa membesarkan gir belakang, malah pake standar NMP. Simak saja reviewnya….
1. Dulunya kecepatan puncak dicapai digigi 6 (kira2 RPM 500 – 1000 sebelum red line). Setelah pakai gir set NMP Kecepatan puncak dapat di gigi 5, saat naik gigi 6 kecepatan ga bisa nambah karena beban mesin terlalu berat. abaikan angka kecepatan tertinggi karena speedo ga akurat.
2. Akselerasi jelasnya berkurang drastis… Kudu sering pake gigi rendah untuk nyalip.
3. Ngelitik saat mesin panas… Benar-benar tersiksa di kemacetan. Sering kepake gigi satu dan ga bisa akselerasi spontan karena ngelitik.
4. Kondisi ngelitik dan penurunan akselerasi makin parah saat motor buat boncengan.
5. Enaknya rasio gir berat hanya saat SF tanpa boncengan lewat jalur sepi panjang dan mulus… Mesin ga menggerung tapi sudah mencapai kecepatan tinggi.

Kedepannya SF bakal besarin gir belakang NMP yg terpasang pada tiger sekitar 3-4 gigi agar lebih cocok di kemacetan… Ga cuma enak di jalan lempeng doang…

11 thoughts on “Review ganti gir set NMP di tiger…. Beratnya parah….”

  1. Kenapa gak diganti depannya aja mas jadi 13?

    Btw saya juga tadinya ada niat pasang gir standar 520 rasio 13/39 (belakang turun 4 mata), itu dengan catatan kalau ban belakang jadi dipasang 90/80… Sekarang ban belakang masih 110/70 jadi ya masih pakai 13/41, lumayan enak dibanding standar nafasnya gak gampang habis…

  2. Mending dibuat enteng aja om, apalagi ban udah gede apa ga tambah berat? Itu salah satu yang bikin rantai keteng sering jajan.efeknya ngelitik, kalo udah parah ya lumayan nanti keluar duit

  3. saya balik standar indopart 525 ajah, belom ganti gear depan 14 he..
    kemarin entah gara2 kekencengan rantenya karet gir dua kali ambrol

Leave a Reply

Your email address will not be published.