Kenapa knalpot mpv justru di set ngejar putaran atas…?

Performa Ertiga memang lebih dari cukup untuk sebuah MPV… lintasan lurus dalam kondisi muatan penuh  mudah meraih 160kpj. Namun beberapa kali pakai ertiga dengan kondisi full menempuh jalur pegunungan, baru terasa sekali penurunan performa mobil 1370cc ini. Setelah googling sana-sini, salah satu penyebab performa ertiga mantab diputaran atas adalah desain knalpotnya. Headernya berkonfigurasi 4-1. Dibeberapa forum yang SF baca desain ini lebih ditujukan untuk mendongkrak performa mobil di putaran atas (monggo googling sendiri, selain header juga dipengaruhi diameter serta panjang sambungan y junction ) bertolak belakang dengan konfigurasi 4-2-1 yang lebih mengejar torsi.

image
Header 4-1

Banyak MPV yang memakai desain header 4-1 , selain ertiga, ada juga xenia, avanza, luxio, dan masih banyak lagi. Alasan paling masuk akal yakni penghematan biaya produksi. 4-1 butuh pengelasan lebih sedikit dibanding 4-2-1. Header 4-1 juga lebih menghemat ruang secara pipa keluaran dari 4 silinder langsung dijadikan 1 (1 titik pertemuan), beda dengan 4-2-1 yang butuh 3 titik temu.
Kalau ingin MPV lebih enak buat harian pake header berkonfigurasi 4-2-1 saja, murah dan hasilnya langsung terasa. Agar suara tetap senyap, untuk resonatornya dan end muflernya (silincer) biarin saja standar.

image
Header 4-2-1

SF berencana ganti headernya dengan 4-2-1 ini.. tapi masih nyari yang PNP tanpa las dan rusak knalpot ori ertiga. Ga takut boros…? penjelasan bengkel knalpot online yang sempat wawancarai, konfigurasi 4-2-1 justru bisa bikin irit. Performa mobil langsung terasa di putaran bawah, ga perlu injak gas dalam mobil sudah ngacir. Penjelasannya masuk akal juga sih…
Putaran atas juga tetap terjaga, karena rata-rata header aftermarket yang beredar didesain agar menaikkan power dan torsi.
Tunggu reviewnya jika sudah SF ganti header 4-2-1

0 thoughts on “Kenapa knalpot mpv justru di set ngejar putaran atas…?”

  1. menurut pengalaman saya . dan ingin berbagi info … sharing buat pengguna ertiga
    Header 421 di suzuki Ertiga lebih bagus dibanding 41
    baik untuk putaran atas maupun putaran bawah lebih responsip dibanding pakai 41 yang hanya enak diputaran bawah
    ini semua versi mobil standart

  2. Btw klo grand livina konfigurasinya yg mana y bang?coz ada planning minang nih.utk harga yg 421 kisaran brp?
    Btw ttg pengalaman bang GT RACING diatas yg nyebutin 41 hanya enak di rpm bawah menurutq ko agak berbeda y sama ulasan bang faiz?how?

  3. pake knalpot buatan PT. Standar Adi Knalpot Indonesia aja tuh om, merek Kansai. bikinan lokal, bagus punya, kualitas terjamin. mau konsultasi juga bisa, biasa ngerjain knalpot mobil oem maupun balap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.