Review header 4-2-1 menggantikan 4-1 bawaan ertiga

image
Header asli ertiga 4-1

Langsung terasa bedanya….!  Penggunaan header 4-2-1 buat ertiga menggantikan header ertiga bawaan 4-1 dengan catalyc converter bikin power mobil lebih keluar duluan…  Hal ini juga diamini ipar SF (yang justru jam terbang pake ertiga lebih tinggi dibanding SF) “wah kalau kaya gini tanjakan curam dengan kondisi penumpang penuh ga bakal jiper” katanya.  Perbedaan karakter terutama sekali terasa si rpm bawah (sebelum 4rb rpm).  Pedal gas cukup sedikit di tekan sudah cukup untuk bikin mobil melaju. Sangat bisa diandalkan untuk nyalip angkot yang seenaknya ngetem.  Sepertinya peak power dan torsi bergeser pada RPM lebih rendah.  

image
Aftermarket 4-2-1

Eh ya lupa…  Ternyata penggunaan header aftermarket buat di perkotaan juga bikin irit loh.  Minggu kemaren nganter keluarga besar ke stasiun gambir (5dewasa, baris ketiga penuh koper dan oleh2),  dengan kondisi ‘kesusu’  :mrgreen: mid menunjukkan konsumsi bbm 1:15 sedangkan kondisi ecodrive bisa dapet 1:17.  Mungkin kondisi Jakarta di hari Minggu ga seberapa macet ya… Gimana tidak melaju 80 kpj masuk gigi 5 dengan kondisi pedal cuma disenggol dikit :).
Namun bukannya tanpa efek negatif.  Putaran atas terasa ga segalak sebelumnya..  Klo ini ga masalah sih…  Jarang ngebut.  efek kurang menyenangkan lainnya…  Timbul bunyi cempreng saat mobil dipaksa berakselerasi ekstreem. Kalau berakselerasi wajar dan normal bunyi ini ga keluar. Begitu juga klo mempertahankan kecepatan.
Sayangnya juga pemesanan header ertiga yang seharusnya plug N play ternyata meleset.  Perlu pengelasan  lubang sensor o2 karena bagian dalam kurang lebar dan sambungan ke resonator yang ga cocok. Jadinya ongkos pasang membengkak…
So far sih puas tapi agak gatel soal suara cempreng yg keluar saat akselerasi.

0 thoughts on “Review header 4-2-1 menggantikan 4-1 bawaan ertiga”

    1. adakah saran bijak dari sesepuh roda 4? kata pengrajin knalpotnya suruh ganti resonator yang lebih panjang… aku sendiri takut suara jadi ngebas atau lebih besar volumenya.

  1. wkwkwkwk… iya pasti agak berisik sih mas, efek lepas catcon. soale catconnya kan rapet banget, buat bantuan bikin kedap knalpot. kalo mau sih catconnya dipasang aja, tapi yaa gitu kudu ngelas2 lagi.

    tak pikir ganti resonator sekalian pindahin catcon ke pipa yang baru :p

    1. Kondisi diatas pake premium… pake pertamax lebih ngeri tenaganya. Pernah baca di forum xenia.. ada user xenia pake 421 lepas cat con masih lolos uji emisi . Disinyalir karena sistem injeksi close loop yang memastikan campuran bensin dan udara lebih pas. Nah ertiga ini juga sistem close loop ada 2 sensor O2 di header

      1. BTW, melepas catcon bukannya ilegal ya? Tentu saja selain racunya lebih banyak. Sensor O2 hanya mendeteksi O2, bukan CO, NOx dan HC. Jadi beda fungsi dengan catcon.

      1. FC lbh irit kah masbro?diruang mesin susah ga nempatinnya?btw pesen dmn n harga header kena brp?pengen nih bwt all new grand livina 1.5 mt,ada yg udh pernah aplikasi ga yah?

        1. yup sudah saya jajal sendiri.. pake kesusu biasanya dapet 1:13 kemaren masih di 1:15 (MID AVG) saat ditol untuk lari 80 atau 100 pedal juga ga seberapa dalam injeknya… saya kemaren beli di gtracingknalpot bilang saja dapat info dari saya. pemasangan saya kena 350rb itu karena ada miss sedikit di sambungan dan lubang sensor O2… space cukup kok garena Catcon yang menggelembung itu dilepas

          1. Jadi header aja yg diganti?selebihnya mpe belakang msh standar y masbro?btw catcon hrs dilepas kah bro?oia masangnya dit4 yg bikin?mau nyari bengkel knalpot yg bs pasang dlu nih coz diluar jawa/pelosok,hehe.sorry nih byk nanya…

          2. Catcon nempel di header ori jadi dilepas. Produsen di purwakarta.. saya beli dikirim lewat jne jadi pasang di tukang knalpot terdekat

  2. Om aku minta kontaknya dong, bbm atw nmr handphone jg bole. Aku bnyk terapin info yg om share dr mulai ninja 250 karbu sampe skr aku ud naik cc (heuheuheu sombong) lah skr mobilnya jg sama neng erti (ertiga)…
    Oiyaa om itu yg diganti cm header aja atw full dr dpn sampai belakang???

      1. Numpang tanya bro, ertiga tuh close ato open loop y? Klo O2 sensor setelah catcon ada, bisa ttp terpasang g? Ato hrs dilepas? Bikin engine cek nyala g? Ane lg pgn ganti header, tp kata tmn yg udh pasang klo catcon dilepas bkin O2 sensor kedua ksh input ke ECU utk ngurangi bbm gara2 emisi lbh tinggi. Itu bnrn kah? Gmn pengalamanny dgn ertiga?

  3. Kalo mau putaran atas tidak meraung, header 4-2-1 nya ditambah pipa 2,5″ panjangnya 30cm , cuman memang putaran bawah berkurang sedikit, solusinya tambah muffler bolt on biar dapet tarikan bawahnya
    Jadi atas bawahnya dapet bro

Leave a Reply

Your email address will not be published.