Ini dia crabitat made in smartf41z dengan bahan sisa aquascape

image

Artikel ini kelanjutan artikel sebelumnya (klik disini)  Namanya saja newbie jadi masih ada kesalahan saat pelihara kelomang. SF sendiri membuat crabitat dari sisa aquascape yang telah bubrah…
Berikut persiapan membuat crabitat (habitat buatan untuk hermit crab)  :
1.Pasir yang berfungsi bagi kelomang untuk menguburkan diri (karena stress, ingin ketenangan,  berlindung dari kelomang lain,  atau saat molting).  Fungsi lain adalah untuk mempertahankan kelembaban.  Berdasarkan literatur kelomang tidak boleh dehidrasi,  tempat hidup wajib lembab… Sesuai dengan habitatnya di pantai.  SF sendiri pakai pasir silica.
2.Tempat minum air tawar (hindari yang mengandung kaporit)  SF sendiri pakai air isi ulang. Sediakan juga wadah air laut (klo ga ada air campur garam ikan/garam non yodium) ini konon untuk membersihkan bakteri yang menempel.  Kelomang strawberry suka banget berendam air asin ini.
3.Ornamen untuk tempat sembunyi dan bermain.
4. Wadah makan.  Agar makanan ga mengotori crabitat.  Untuk makanan sendiri cukup gampang…  Apapun dimakan oleh kelomang.  Kelomang SF kebetulan suka banget roti tawar.  Pelet udang dan potongan pepaya baru disentuh saat roti abis.  Hasil baca 2 mereka menyukai kelapa, semangka,  wortel,  dll.

image

Nah ini kesalahan SF sebagai pemula
1. SF pesan secara online jadi ga bisa melihat langsung kelomangnya,  juga kurang bisa memperhitungkan luas crabitat.  Setelah kejadian baru dah ketahuan jika kelomangnya terlalu besar atau crabitatnya terlalu kecil.
2. Ukuran kelomang tidak seragam bikin merana kelomang kecil.  Mereka tidak bebas kemana-mana.  Cenderung menghindar dengan kelomang besar.  Saat berebut makan pun mereka memilih mengalah dan makan belakangan.
3. Mengumpulkan beberapa jenis kelomang ternyata cukup beresiko…  Awal pencampuran kelomang brevi (ungu)  terlihat agresif kepada kelomang strawberry (merah) .  Beberapa kali simerah diusir dari tempat makan dan minum oleh si ungu.  Akibatnya si merah menghindar berdekatan dengan di ungu.  Untung kejadian berlangsung cuma beberapa hari.
4. Terdapat susunan ornamen terlalu tinggi sehingga ada kelomang yang lolos dari crabitat (1 kelomang strwberry ilang sampai sekarang). 
Sementara 4 item itu dulu nanti SF share lagi jika ada tambahan.
Ada kejadian menarik…  Beberapa saat setelah kelomang datang dan dimasukkan ke crabitat,  SF masukkan 2 cangkang cadangan.  Ga pakai lama seekor kelomang yang cangkang bawaannya kekecilan langsung pindah cangkang.  Kejadian ini berhasil SF abadikan… ini dia videonya

lihat kelomang merah di tengah crabitat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  1. Pingback: Bikin crabitat jangan terlalu banyak tempat bersembunyi | Smartfaiz