Aquarium bukan hanya untuk ikan, betapa menariknya jika bisa berkreasi dengan apapun piaraan yang ada didalamnya

Mayoritas kegunaan aquarium adalah untuk memelihara ikan … namun sebenarnya banyak kegunaan aquarium. satu pengalaman saat beli aquarium di toko ikan hias di kawasan harapan indah , SF ditanyain oleh penjualnya… “buat pelihara ikan apa pak…?” dia pun keheranan saat SF mengaku beli aquarium untuk pelihara kelomang(umang-umang/keong). mungkin dalam benaknya berfikir keong yang harganya sangat murah kok dipelihara di aquarium dan kelengkapannya yang sampai ratusan ribu harganya?

mindset penggunaan aquarium untuk memelihara binatang perlu diubah…

1. banyak hewan selain ikan dengan media air bisa dipelihara didalam aquarium. misal : ular, kadal, katak, kura-kura, kelomang/keong, hamster, dan banyak lagi contohnya.

2. keasyikan melihat objek dalam aquarium tak hanya melihat binatangnya… bahkan tak jarang binatang hanya sebagai pelengkap. seperti berkebun didalam air (Aquascape) udang, siput dan ikan berfungsi sebagai petugas pembersih. Pada crabitat milik SF juga begitu. harga aquarium beserta isinya justru lebih mahal daripada kelomang/keong-nya. Meski Keong yang SF beli merupakan jenis eksotis… namun akan lebih indah memandangnya saat si keong ditempatkan pada aquarium yang dihias sedemikian rupa seperti ekosistem tempat hidup mereka.

3. Parameter udara maupun air dapat diatur sedemikian rupa, terpisah dari lingkungan luar. Tahukah anda jika memelihara kelomang diluar negeri adalah hobi yang mahal? hal ini diakibatkan untuk membuat crabitat (ekosistem buatan untuk kelomang) perlu suhu dan kelembaban tertentu… jadi crabitat diluar negeri membutuhkan heater (pemanas), dan sensor parameter udara (untuk mengecek suhu danΒ  kelembaban udara), kalau di Indonesia mah ga pake gituan sudah bisa menampung kehidupan keong. Bagi penghobi aquascape profesional baik suhu, kadar CO2, PH hingga kandungan mineral air menjadi isu yang sangat penting… dan kesemua hal tersebut bisa diatur sedemikian rupa menyesuaikan dengan flora/fauna didalamnya.

Jadi jika anda memiliki aquarium nganggur , kembangkan kreatifitas anda… anda tak akan mengira bisa tercipta ekosistem buatan anda sendiri… tema pegunungan, bukit berbatu, pantai, hutan, taman, dll bisa anda ciptakan sendiri.

Sayang SF kurang jiwa seninya. Jadi ya sebisanya aja dah…. :mrgreen:

0 thoughts on “Aquarium bukan hanya untuk ikan, betapa menariknya jika bisa berkreasi dengan apapun piaraan yang ada didalamnya”

        1. Ow… Ada dua wadah minum satu air laut (bisa juga air campur garam ikan) buat mandinya keong, satunya air tawar untuk minum. Makannya mah omnivora umumnya kelapa, buah dan sayuran yang ga berasa tajam, biskuit, nasi dan roti juga mau. Jenis eksotis yakni kelomang strawberry (merah bintik putih), dan brevi (ungu) , klo cangkangnya mah untung2an…

Leave a Reply

Your email address will not be published.