Antara paket audio atau minimalis tambah woofer kolong, tergantung kebutuhan.

Sebelum punya ertiga ini SF memasang paket audio paket untuk Taruna FGX EFI 2003 (plus peredam lantai dan samping). Saat taruna EFi diboyong ke Surabaya karena dipakai ortu, ga tega juga mau mrotol audiosetnya, karena biasa dipakai adik juga. Audio set yang dimaksud adalah sepasang tweeter, sepasang mid dan sebuah woofer 12″, dan power 4 channel.
Awal rencana ertiga juga mau pasang ginian, tapi dibatalkan karena audio ertiga termasuk bagus dikelasnya. Audio ertiga sudah dilengkapi 4 speaker dimasing-masing pintu dan sepasang tweeter didashboard. Alhasil SF putuskan hanya pasang woofer kolong yang dibenamkan di bawah jok depan kiri untuk menguatkan gebukan ( bass). Setelah itu baru ditambah tweeter di dashboard. Biar ngimbangi suara Bass.
Ini dia untung rugi masing-masing.

image

Kelebihan Audio paket :
1. Settingan lebih luas untuk masing-masing speaker. Sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan usernya.
2. Peningkatan kualitas sangat terasa jika audio bawaan mobil kurang memuaskan.
3. Lebih powerfull suaranya. Dibikin sampai menggetarkan jantung juga bisa.
Kekurangan Audio paket :
1. Memakan tempat… dalam hal ini bagian bagasi belakang sedikit dikorbankan untuk penempatan woofer 12″ beserta boxnya. Woofer SF siasati agar mudah dibongkarpasang dengan model sambungan kabel yang mudah untuk dipasang-dilepas.
2. Penempatan woofer dibelakang seringkali bikin ga nyaman pengemudi baris ketiga karena terlalu ngebass. Padahal dari baris pengemudi dan baris kedua suara cukup berimbang.
3. Perkabelan lebih ruwet, Instalatur mutlak perlu yang bagus… kalau tidak akan sering menimbulkan masalah. Kualitas kabel dan sambungan sangat mempengaruhi keawetan kualitas audio. Audio ini juga menyedot lebih banyak daya.

image

Kelebihan subwoofer kolong (active speaker)
1. Penempatannya sangat mudah dan ga memakan tempat. Cukup ditempatkan dibawah jok. Perkabelan juga cukup simpel. Kualitas kabel ga segenting audio paketan. Tingkat resiko penurunan kualitas audio sangat minim ,karena memanfaatkan kabel bawaan mobil.
2. Suara khas aktive speaker. Untuk speaker ukuran kecil sudah bisa menghasilkan suara bass yang lumayan. Cocok untuk dipadukan dengan audio bawaan mobil yang sudah bagus.
3. Harga relatif lebih murah dibanding kudu beli audio sepaket. Sebagai gambaran sebiji subwoofer kolong merk lumayan harganya bisa lebih murah dibanding sepaket audio merk biasa.

Kekurangan
1. Kurang cocok disandingkan dengan speaker standar yang kurang bagus. Suara akan pincang karena ga jelas pembagian tinggi rendah frekwensi.
2. Settingan terbatas, tergantung HU mobil.
3. Volume dan power jelas ga bisa dibuat sekencang Audio set.

Pilihan diatas sebenarnya tergantung kondisi dan selera konsumen. Bagi penikmat audio yang maunya perfeksionis jelas penambahan aktif speaker tak akan cukup. Tweeter kurang garing, bass kurang nendang sampai jantung, suara mid juga terasa tenggelam.
image
Tapi bagi SF penambahan active speaker plus sepasang tweeter untuk ertiga sudah lebih dari cukup. Masing-masing frekwensi sudah jelas dengan bass dari subwoofer active, nada tinggi dari tweeter dan mid dari bawaan mobil meski agak sedikit kurang namun bisa ditolerir lah. Lagu Slow maupun beat terasa cukup bagus. kelemahan kurang power ga masalah toh orang semobil kurang suka dengan suarang kencang… ya serba cukupan lah… mungkin akan beda hasilnya jika dipasang pada taruna yang kualitas audionya ga sebagus bawaan ertiga.

0 thoughts on “Antara paket audio atau minimalis tambah woofer kolong, tergantung kebutuhan.”

  1. Setuju Bro, klo ambil paket audio yang dikorbanin bagian bagasi belakang ditumpukin speaker gede, saya pake Wofer Kolong Avix sama speaker bawan standar ganti JBL dah lumayan mantep suara audio.

Leave a Reply

Your email address will not be published.