Kelistrikan spin sering bermasalah?

Jumat sepulang kerja dilaporin BundaFaiz kalau spin mogok ga bisa distater sama sekali. SF lanjut pakai engkol juga ga bisa hidup..  Alamat kudu ke bengkel benerin motor ini.
Di bengkel langganan ketahuan jika kiprok lemah dan aki tewas.  Asyem nih motor.. Sebelumnya Kiprok sudah pernah SF ganti 2x ( jarak tempuh 18rb km) , sekarang sudah minta ganti lagi..  Gejala ini sudah SF rasakan dalam 3 bulan terakhir minta ganti lampu utama 2X. Karena arus ga stabil,  Aki ikutan tewas padahal umurnya baru setahun dengan pemakaian rendah. Eh ya selama pemakaian 18rb km(dari 2012) spin sudah ganti aki 3X!

image

Menurut mekanik,  seringkali dapat pasien suzuki spin bermasalah di bagian kelistrikannya. Kalau kelistrikan bermasalah mesin ikutan brebet dan motor mati total jika arus aki habis.
Jadinya percuma juga ada kick stater kalau aki tidak ada arusnya…. 
Anehnya saat motor brebet,  tuas tem dipencet (lampu rem nyala) brebetnya jadi ilang. 

image

Sudah beberapa kali spin SF bermasalah hingga menghabiskan dana ratusan ribu.  Yang pertama sektor CVT yang kedua bagian kelistrikan ini…  Padahal motor baru berusia 35rb km.

20 thoughts on “Kelistrikan spin sering bermasalah?”

  1. spin punya bapakku tahun 2007 sampe sekarang kok ndak punya keluhan kelistrikan ya cuma lampu ndak bisa terang karena sama kakak kelistrikan pernah diudet udet, sama cvt udah mulai berisik (dari baru belum pernah penggantian sektor penggerak)

  2. om di HI kan?

    kalo kelistrikan bermasalah bawa ke hokie dokie aja di deket sumarecon mall bekasi situ. recomended. 😀

    http://fjb.kaskus.co.id/product/000000000000000004048178/ubah-jadi-kelistrikan–kiprok-dc-motor-anda

    saya pake tiger, sempet kelistrikan error, saya samperin kesana rumah dari jatibening.

    sampe sana dicek ricek ternyata akinya yang tewas. tapi sebelumnya di cek dulu pake elco portable gitu. jadi gak asal vonis.

    awalnya saya kira kiprok ternyata semua sampe ke sepull aman.

    biaya 15k aja buat ngasih duit rokok + ngecekin aki. kalo ganti akinya abis 250k 😀

  3. kalo boleh mohon dicek deh kelistrikan keluar dari spul mbah.. kok saya curiga nggak stabil ya, tp seharusnya kalau kiproknya bagus masih sanggup untuk membatasi arus listrik berlebih ya mbah?

  4. coba dibawa ke mas Arie Hokie Dokie di daerah Buaran belakang grandmol om arah dari patriot ke sumarecon,,itu suhu kelistrikan di kaskus,,saya juga dulu punya masalah kelistrikan di pulsar saya coba bawa kesana alhamdulillah udh hampir 3 tahun ini gak ada masalah. ini contactnya 0899-0535-605..dicoba aja om biar pusingnya ilang 😀

  5. blm genap 1 tahun eeeh aki ganti lagi kabel body udah baru semua.kenapa ya gan kok sering tekor akinya…parah suzuki spin ini.trus onderdilnya lumayan mahal juga.gmn gan solusinya.trim

  6. Saya pernah om kaya gitu jga di skywave, motor brebet tapi pas direm brebetnya ilang, pas di urut kabel ternyata kabel grounding/masa udah mau putus, siapa tau masalahnya sama..

  7. ya namanya juga usia lanjut hehehe, saya punya spin jg thn 2008 sampai sekarang masih ngeglinding terus , baru sekali turun mesin tahun 2015 lalu, trus 2017 kmaren baru ganti pully otomatis CVT, enak lagi, hanya akhir akhir ini kena di system kelistrikan, sempet juga ngadat ga mau hidup alias mogok, ganti aki sudah greng lagi, tapi lampu utama jadi putus 2x, masih coba konsul lagi ke bengkel langganan.
    saya akui untuk mesin spin ini garang asal rajin perawatan berkala

  8. Solusinya gampang… Cek baut spul dan fulser… Salah satunya pasti ada yg longgar… Sya barusan dapat solusinya.. Sdh dua kali ganti CDI dan Regulator..
    Rembelakang ditarik mesin normal… Karna getaran mesin berkurang… Kalau stater kadang normal kadan susah hidup….

Leave a Reply

Your email address will not be published.