Ngobrol dengan pemudik bermobil, penyebab macet adalah tol

image

Seperti yang SF tulis di artikel sebelumnya.  Perjalanan mudik SF dari Bekasi ke Surabaya ditempuh dalam 37,5 jam.  Berangkat Rabu jam 23.00 sampai di Surabaya hari Jumat  jam 12.30.  Lalin paling macet ada di brebes-tegal.  Saat SF berbuka puasa di tegal (Kamis jam 21.00) SF sempat ngobrol dengan pemudik dari Jakarta yang juga menuju Jawa Timur.  Menurut dia mudik kali ini begitu luar biasa padatnya.  Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya…  Dia berangkat dari Tangerang jam 15.00 dan nyampai di Tegal jam 21. 00 hari selanjutnya! 

image

Beruntung SF ga lewat tol..  Lah wong masuk tol bekasi barat sudah macet ga karuan,  jadi terpaksa keluar lewat jalur biasa.  Malah jalur ini relatif lancar.

Menurut pemudik yang SF ajak ngobrol…  Tol baru yang nembus hingga Brebes membawa problem tersendiri.  Minimnya rest area didalam tol dan penumpukan dipintu tol bikin pemudik bermobil sangat kelelahan…  Mobil juga kehabisan bahan bakar.  Akibatnya saat keluar tol di Brebes terjadi penumpukan mobil di Pom Bensin dan rest area.  Dari pengamatan SF sepanjang rest area,  restoran dan pom bensin terjadi penumpukan hingga meluber memakan bahu jalan…  Akibatnya kemacetan terjadi dimana-mana.  Sepanjang jalan dari Brebes hingga Tegal!!! 
Pihak kepolisian juga menurut SF kurang sigap mengatur lalu lintas.  Sebagian besar jalur dari timur ke barat  nganggur kosong melompong…  Hanya beberapa titik yang dibikin contraflow. Nah di kotanya juga pemudik dilewatkan jalur muter-muter dengan beberapa lampu merah…. 
Ada lagi satu hal… Aplikasi waze maupun google map sama sekali ga berguna…  Hampir seluruh jalur alternatif untuk menghindari macet yang disarankan waze maupun google map diblokir oleh polisi dan warga….  Komplit deh penderitaan. Mental bejad pemudik ikut menyumbang kemacetan..  Contra flow sudah dijalankan eh jalur ke barat juga disikat oleh pemudik ke timur jadi makin ngunci saja di ujungnya.
Anehnya kondisi macet total hanya sampai tegal. Selanjutnya kondisi lalu lintas bisa dibilang sangat lancar..

0 thoughts on “Ngobrol dengan pemudik bermobil, penyebab macet adalah tol”

    1. Iya betul gara2 tol, di brebes ada dua gerbang tol. Pejagan sama kaligangsa. Disitu make sistem buka tutup jalan antara yg di pantura sama yg dari tol.

  1. Bener bgt om tol belum layak pakai di paksain,udah gitu orang kita cenderung pengen nyobain hal baru yawis tumplek blek di cipali…kota brebes-tegal harusnya sih bikin jalur ring-road biar nggk lewat tengah kota semua,kemarin tgl 14 saking capeknya saya tepar di pemalang. Ini saya motor loh om,kalau mobil ampun-ampunan deh.

  2. Kok malah disalahin tolnya? Ini tipical pendapat yg selalu nyalahin orang lain. Mental pengemudi lah biang kerok hal ini ! Gak cuma mobil kelas sejuta umat, tetapi juga yg kelas tinggi. Semuanya merasa paling berhak untuk paling duluan nyampe. Harusnya cuma 2 jalur, tetapi pengemudi bermental otak udang mengisi sampai 4-8 jalur. Stuck!

  3. ikut nyumbang opini mas, memang pengemudi bejad yang nambahin ruwet jalan mas, orang udah sabar ngantri buat masuk pertigaan apa pom bensin, pengemudi bejad main seenak udelnya motong kompas mas, dipepetin malah lebih ngotot orangnya, mentang2 sparepart membludak kali yah mas…

  4. kalau menurut saya, penyebab macet adalah cuti bersama, karena sudak dipaksa cuti mau nggak mau harus memanfaatkan cuti tersebut.
    dengan cuti bersama maka waktu mudik/balik rata2 akan sama setiap orangnya.

    andai nggak ada cuti bersama maka, orang yg cuti hanya orang yg ingin mudik, dan waktupun bisa diatur mereka, dg demikian arys mudik dan balik bisa lebih rata.

  5. Semuanya saling berhubungan sih, penyebabnya bisa lbh dari satu. Thn lalu pas saat2 lebaran pernah diajak saudara jalan2 pake mobil ke Jogja. Krn udah kapok, makanya thn ini ada temen yg ngajak ke Malang, terpaksa saya tolak mentah2, wkwkwkwkwkkkkk……. Bayangin nyetir 32 jam kaga tidur/istirahat, pas di rest area tol Cikampek kepala dan badan udah berasa kyk gempa bumi. Untung msh selamat sampai rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.