Kenapa produsen motor ga membekali dengan Led PNP?

Keuntungan lampu led ada pada konsumsi daya yang kecil dengan pancaran yang terang dan umurnya juga lebih panjang dibanding lampu pijar. Karena itu beberapa produsen motor membekali produknya dengan lampu utama led.
Namun bukannya tanpa kelemahan, lampu utama model led butuh arus stabil serta harganya mahal… apalagi untuk lampu utama…ย  kalau mati kudu ganti satu set beserta mika dan reflektornya… katanya sih ada rangkaian tertentu dan penempatan lednya kudu akurat. Bbbahh… menurut Sf sih itu alasan ngeles saja…. masa insinyur yang pinter-pinter itu ga bisa bikin lampu led PNP…? ga banget kalau lampu led mati kudu ganti satu set. Masak dulu untuk ganti lampu utama yang mati ga sampai 50rban sekarang kudu diatas 700rb…
Beberapa motor menurut SF nanggung melakukan LEDisasi.. cuma lampu utama doank yang led. lampu sein, lampu senja dan rem masih pake pijar… sebenernya solusinya gampang sih.. tinggal ganti LED PNP… yang banyak beredar dipasaran model jagung dan luxeon…

image

tujuan jangka panjangnya menguntungkan bagi kelistrikan motor loh… irit listrik, aki awet, perkabelan juga awet karena ga sepanas pake lampu pijar yang butuh arus gedhe… kan itu tujuan lampu utama dipakein led oleh pabrikan sekarang?
Jawabnya…Kenapa repot repot nambah biaya extra jika yang model sekarang saja laris dipasar… toh umur motor sekarangย  konon di set cuma 5 tahun…. :mrgreen:
SF sih sudah melakukan LEDisasi untuk tiger dan Ninja (kecuali untuk lampu utama)

27 thoughts on “Kenapa produsen motor ga membekali dengan Led PNP?”

  1. menurut ane itu untuk memastikan keuntungan tetep lari ke pabrikak motor tsbt, klw lmp utama lednya bs pnp nantinya bnyak rider gonta ganti Lampu dgn merk lain layaknya lmp bohlam, bgtu jg sistem fi dmn kl servis hrs lari ke BERES ujung2 meningkatkan keuntingan buat pabrikan itu sndr.

  2. namanya juga pabrikan … milih buat sendiri dengan harga mahal atau beli dari merk lain dengan harga yang ga untung banget buat pabrikan …. paling joss kalo kerja sama lah tapi ntah pabrikanya mau atau nggak .

  3. yang jelas untuk keuntungan pabrikan dan untuk gimmick marketing… saya sih masih suka LED PNP kayak bohlam… kalau mati tinggal ganti lampu LED aja.. gak harus satu set dengan mika dan reflektor.. gile aja cuma untuk lampu 700 ribu..

  4. Biasa… dikasih sedikit demi sedikit dulu LEDisasinya, hahaha… Ntar edisi facelift baru ditambahin lg LEDnya. Emang nyebelin sih kl kita hrs ganti sendiri, krn mslhnya kita kaga tau mana LED yg baik mutunya. Maklum aja skrg banyak di pasaran beredar LED variasi yg mutunya macam2. Sering lihat di jalan ada lampu rem yg pake LED namun udah mati bbrp titik LEDnya, pdhl kan seharusnya lbh awet drpd bohlam.

  5. led = gampang mati malah… ga tau nih belum nemu gimana caranya biar led bisa tahan agak lama.. tapi ada kok beberapa LED PNP yang pake semacam chip… garansi 1 tahun lagi… cuman nyarinya susah… (lagi nyari juga nih)

      1. lebih enak lagi dibanding beli yg plug and play gitu beli yang custom om. lebih awet dibanding yang dijual bebas ๐Ÿ˜€

        saya pake di tiger awet ๐Ÿ˜€

  6. Ambil sisi postifnya aja agan2, sebelum kita membeli kita harus tau resiko2nya, dengan kata lain kita membeli sesuatu harus siap dengan after marketnya (service dan kerusakan2 yang timbul setelahnya) memang sifat manusia ingin berhemat dan mencari untung, di satu sisi produsen mencari untung, dan kita sebagai konsumen juga ingin untung, jadi ya cincailah wkokokokokok

Leave a Reply

Your email address will not be published.