Pengalaman ikat gir karena kancingan lepas

Kali ini bukan share soal pengalaman pake tiger untuk turing namun GL max SF terdahulu. Jaman kuliah dulu SF bersama sepupu turing ke Trenggalek… sesaat memasuki trenggalek tiba tiba bunyi gesekan dari arah gir. Ternyata gir belakang dah mau lepas… kancingan gir sudah lepas dari tempatnya… kuatir ada apa-apa SF segera berhentikan motor dan cari bengkel motor terdekat… eh yang ada cuma toko bangunan… ya sudah SF beli kawat.
Kawat tersebut SF gunakan untuk mengikat gir pada ruji motor… kancingan gir yang masih nyantol di as roda ternyata sudah ga dapat mengunci gir dengan kuat karena daging boss gir sudah kemakan….  perjalanan menuju rumah saudara SF cukup mendebarkan.. begitu pula perjalanan balik ke Surabaya… dag dig dug kuatir gir belakang lepas…. tiap 30 menit SF berhenti mengecek kondisi gir belakang yang makin lama goyangannya makin kuat… akhir nya SF putuskan mampir ke bengkel… bengkel hampir menyerah karena kondisi alur boss gir tempat kancingan gir sudah parah.. akhirnya  oleh bengkel kancingan gir diganti yang lebih menggigit/lebih kecil (klo ga salah punya CB ato GL lawas). Setelah mengencangkan kembali kawat pengikat gir yang kendor SF lanjutkan lagi perjalanan ke surabaya.
Saat itu SF masih mahasiswa jadi sangu terbatas… ga mungkin ganti boss gir yang harganya mahal.
Sampe Surabaya SF segera ke tukang lass diral untuk memperbaiki boss yang dagingnya kemakan kancingan gir.
Pengalaman yang cuma beberapa jam tersebut sudah cukup mendebarkan…. eh ternyata di Facebook ada pengguna tiger yang pakai cara SF (mengikat gir pada ruji/velg) selama 5 tahun 😯

image

Sistem kancingan gir seperti pada GL series hingga tiger rawan penyakit seperti itu… tebak saja kenapa produsennya bikin sistem pengunci gir cacat seperti itu…?
FYI velg ori tiger milik SF juga pensiun karena daging bos juga kemakan kancingan gir, sempat ganti velg aftermarket tiger 17″ akhirnya pecah, dan sekarang ganti velg NMP yang ga pake sistem kancingan namun pake nap gir biar aman dan awet.

0 thoughts on “Pengalaman ikat gir karena kancingan lepas”

    1. Antara kualitas bahan, usia pakai, dan terutama mekanisme kancingan yang bermasalah… di komunitas biasanya tiger terkenal dengan kenyamanan menjelajahnya kemungkinan memang jarak tempuhnya sudah jauh…

      1. dulu tigerku sampek dibeliin ring 3 biji buat ganjel gir. gila gak tuh 😀
        sekarang dipake adek, dibeliin gir megapro yg lebih tebel dan masih diganjel 2 buah ring yg masih oblak juga. next kalo udah gak bisa diakali mau tak pakein tromol yamaha aja lah. lebih bagus konstruksinya.

          1. Punya tiger 2005 dipake sampe 2014 blm pernah beli kampas rem blkg. Jadi rasanya gak butuh rem cakram buat tiger. Enaknya kalo tromol yamaha kabarnya banyak pilihan gir blakang yg bisa diaplikasi.

  1. Pengalaman ane slama pake tiger revo 2010…velg blakang tiger bwaan ane ganti pake velg ori ninja 250….knapa??soalnya as roda ninja sama persis dgn as roda tiger….bisa dicek dr ukuran laher nya aja….velg ninja beda ama tiger…tiger hrus slalu pake boss gear…klo ninja pake nap gear….cuma emang sih cara pemasangan ga sgampang itu….pngalaman ane….dr arm ori tiger hrus di lepas…ganti custom utk ukuran pelk lebar….knapa…..karena velg ninja lebih lebar krena ada nap gear nya….trus utk urusan master rem cakram…itu dah klop ama piringan rem blakang ninja 250…insyaAlloh utk masalah bos gear blakang tiger dah teratasi…mudah2an manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.