Kurs rupiah yang dipakai paypal kok jauh dibanding Kurs BI ya?

Blogger yang tergabung dalam wordads tentunya ngeh akan hal ini… SF sendiri baru sadar saat awal bulan ini terima pencairan dana dari Paypal yang SF tarik dananya ke bank lokal…
Pencairan dollar ke rupiah per tanggal 1 oktober 2015 oleh paypal menggunakan rate Rp.14.236

image

Padahal rate BI saat itu bertengger di 14.730(rate jual) dan 14.584(rate beli)… Jadi kalau dibandingkan dengan rate beli selisih Rp.348 per dollarnya.

image

Bagi SF sih ga krasa selisih segitu…lah yang di convert kecil bgt. Tapi bagi blogger kelas atas lumayan sakit tuh… :mrgreen:
Tau gini mending paypall transfer dolar saja kemari daripada di convert ke rupiah disono…

0 thoughts on “Kurs rupiah yang dipakai paypal kok jauh dibanding Kurs BI ya?”

  1. itulah.. belum lagi kalau pas apes kena buyer nakal kena chargeback.. paypal tanpa babibu main potong duit kita.. bisnis dia yg sebenarnya sih main valas.. dia bisa semena2 gitu karena bukan lembaga keuangan.. jadi mesti kita yang pinter2 dan waspada..

  2. Buka rekening dollar memang bisa menjadi salah satu solusi efektif.

    Anyway, BI kan bukan bank “retail” yg melayani nasabah biasa spt kita ini 🙂
    BI sebenarnya adalah “pihak regulator” bagi aktifitas perbankan di Indonesia, dan tidak melayani aktifitas perbankan layaknya bank umum kepada nasabah perorangan atau badan usaha.

    Yg menjadi “nasabah” BI adalah bank-bank umum (milik pemerintah atau swasta), makanya angka-angka indikator (kurs, suku bunga, dsb) dari BI itu sebenarnya utk acuan kebijakan nasional dan dasar operasional para bank umum (bukan utk konsumsi langsung publik)

      1. gak bisa.. paypal udah nentuin mesti local currency.. kalo nggak selain fee penjualan dapat untung dr mana lagi dong hehehe… gila tuh fee nya.. 4,5-5%.. 1000 US$ udah nyanyi2 dapet US$ 50… giliran ada buyer nakal enak aja main kemplang seller

Leave a Reply

Your email address will not be published.