Besaran penghematan biaya bensin, tergantung gaya berkendara…Berikut kasus pada Nmax dan Ertiga

image

Masukan yang Oke dari sahabat blog (special thx to bro Handoyo25) mengenai besaran rupiah yang kita habiskan untuk membeli bensin tiap bulannya… Oke langsung sajahhh… Bahannya berdasarkan pengalaman SF sendiri…
Kendaraan sehari hari Nmax, jarak rumah-kantor PP +-50kman, bensin Pertamax, berdasarkan artikel sebelumnya telah dijelaskan konsumsi bensin Nmax (baca disini dan disini )…. Untuk itungan dalam rupiah SF bikin saja di Excell

image

Dengan gaya Normal SF keluarkan biaya Rp 309.065
Dengan gaya sruntulan dalam sebulan SF keluarkan biaya Rp. 357.142 atau lebih boros Rp. 48.076 tiap bulannya dibanding gaya riding normal.
Dengan gaya ecodrive kalem kalem SF keluarkan biaya Rp. 262.237 atau lebih irit Rp. 46.828  tiap bulannya dibanding gaya riding normal.

Nah bagaimana kira-kira dengan mobil…

image

Berikut ini itungan perkiraan kasar dari SF berdasarkan pengalaman berkendara  dengan berbagai gaya berkendara… kondisi terboros, teririt dan normal (kondisi ertiga sudah pake header 421 sehingga tambah irit)

image

Untuk data ertiga mungkin penyimpangannya agak besar, mengingat penunjuk konsumsi bensin ertiga ga seakurat nmax serta tidak ada bukti foto otentik masing masing gaya berkendara… Hanya ingatan semata… 🙂 paling tidak bisa jadi gambaran. Sehari harinya SF jelas pake gaya berkendara normal.. Ngebut saat dibutuhkan, dan kalem jika kondisi ga memungkinkan… Gaya ecodrive cuma keperluan pengujian… Ga mungkin saya tahan nyetir begitu .. Meskipun kecepatan termasuk rata2 dibanding pengendara lain… Tapi rasanya gimana gitu didepan jalanan kosong tapi ga mlintir gas… Lagian mempertahankan gaya ecodrive bikin kurang enjoy berkendara… Kepikiran terus… 🙂 ..

Gaya ngebut dipake jelas kalau kesusu saja, misal kebelet 🙂

9 thoughts on “Besaran penghematan biaya bensin, tergantung gaya berkendara…Berikut kasus pada Nmax dan Ertiga”

  1. Mantap! (2 jempol tangan) 😀

    Ini baru artikel yg “membumi” dan realistis soal konsumsi BBM, jadi kita nggak berhenti dg kesimpulan irit atau boros, tapi juga punya ilustrasi biaya operasionalnya.

    Bahkan kalau kendaraan operasional perusahaan, selain biaya BBM, juga dihitung biaya maintenance, spare parts (fast moving), pajak juga asuransinya utk satu tahun, sehingga kelihatan deh berapa biaya operasional total selama 1 tahun.
    *itulah sebabnya beberapa perusahaan lebih milih rental daripada memilki armada sendiri*

  2. rush matic saya dipake ngirit ecodrive sekitar 1:10 – 11, dipake boros 1:8an. ini mobil emang lemot, jadi sehari-harinya pake ecodriving, lha piye mau dibejek gak bisa ngacir hihihi…

    pokoke dari indikator kedip, di isi 20 ltr bisa jalan +- 200 – 250an km. kalo manual harusnya jauh lebih irit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.