Proses bikin knalpot motor saja ribet amat… bagaimana bikin motornya ya?

Kebetulan saat itu SF jadi tandem seorang rekan kerja mengunjungi kliennya.
Awalnya SF sih cuma duduk manis karena merasa bukan domain SF… saat klien menjelaskan core businessnya baru deh SF ikutan nimbrung.
Informasi yang SF dapat yakni perusahaan ini mendapat order dari industri motor berupa pipa knalpot. Disini SF mulai usil ikutan nanya (padahal bukan klien SF) “pipa knalpot bagian mana ya? Header hingga sambungan menuju muffler?”
Ternyata tidak…  cuma pipa lurus saja, yang menghubungkan leher/header ke muffler…. untuk header ada suplier yang lain , begitu pula untuk muffler… parts-parts tersebut  dikirim ke perusahaan lain di las lantas difinishing….
Tiap perusahaan pasti ambil margin, belum lagi ongkos transport…. bayangkan ini cuma bikin knalpot saja butuh beberapa perusahaan….

image

Bagaimana untuk bikin satu motor utuh?
Pantesannn…. ( terusno dhewe…. 🙂 )
Padahal SF sering banget pesen knalpot custom… ga perlu perusahaan raksasa yang garap… cukup seorang tukang knalpot saja bisa bikin knalpot utuh….
Kata rekan SF sih sudah biasa perusahaan bagi-bagi proyek ke perusahaan rekanan… biar banyak kolega yang ikut dapat untung….
Positif thinking aja lah… makin banyak dan merata penyerapan tenaga kerjanya  🙂

5 thoughts on “Proses bikin knalpot motor saja ribet amat… bagaimana bikin motornya ya?”

  1. positif thinking nya dah bener om, negatif thinkingnya.. (trus no dhewe ya om)

    realitanya.. karyawan tetaplah karyawan, cuma bisa kerja di satu perusahaan dgn gaji terbatas, dan bos/pemegang saham/pemilik perusahaan bahkan bisa berkembang dari satu ke perusahaan2 selanjutnya yg didapat dari.. (trus no maning om ) :p

  2. dulu… pabrikan kendaraan (motor/mobil) memang melakukan segalanya, dari design, pengujian, bikin 100% komponen (parts), perakitan (assembly) unit jadi, bahkan sampe jualan dan after sales service.

    sekarang…. karena tuntutan efisiensi dan kompetisi (terutama harga), pabrikan hanya fokus pada design, pengujian dan assembly unit jadi. Komponen utama yg masih dibuat didalam biasanya mesin dan chassis, sisanya serahkan ke vendor (dan biasanya perusahaan vendor banyak yg sudah spesialis utk konponen tsb secara historis, juga lebih murah).

    sedikit pengalaman saat saya jadi buruh di pabrik komponen karet spede motor, denger cerita dari temen yg kerja di pabrik shock breaker, mereka pernah diaudit sama pabrikan “H” dan dapat kritik spt ini: “Bagaimana harga shock breaker kamu mau murah, kalau butuh wkatu 1 menit utk membuat 1 unit shock breaker, sementara kami hanya butuh waktu 30 detik utk merakit 1 unit sepeda motor?”

    1. hihihi perkara butuh waktu 30 detik untuk satu motor itu bener banget. temen saya dulu di pabrik pegangsaan bilang kalo bikin honda beat fi itu gak sampe 1 menit jd. dari masih sasis terondol sampe jadi motor. oiya kalo mesin assembly line nya sendiri, sampe di main line udah tinggal pasang. manteb lah pokoknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.