Next battle Terios VS Taruna

Konon kedua mobil tersebut katanya basis mesin sama… namun sebatas pengetahuan SF terios bermesin DOHC dengan timing chain sedangkan taruna bermesin SOHC dengan timing belt.

image

Taruna FGX injeksi(3 baris kursi) pernah SF miliki sekitar 3 tahun lalu, sedangkan kesempatan jajal terios terjadi beberapa waktu lalu, plus pernah jadi penumpang terios rute luar kota. Berikut perbandingannya
1. Konsumsi bahan bakar ,
SF rasa sama saja…. ga signifikan bedanya… cuma yang SF rasa taruna fine-fine saja pake premium sedangkan terios kerasa banget nglitiknya.
2. Performa ..
jelas banget lah enakan terios kemana-mana… he3… beda generasi dan technologi. Kesamaan keduanya gigi satu duanya terlalu pendek… enak buat tanjakan, tapi bikin repot diperkotaan. Performa atas taruna agak lelet… 100 kpj ke atas lambat peningkatan tenaganya. Sedangkan pengalaman SF naik Ertiga coba buntuti terios… cukup mudah terios menyentuh 140 Kpj.
3. Kenyamanan
Taruna SF tahun 2003 masih lebih nyaman dibanding terios tahun 2013 yang SF jajal… jok lebih tebal empuk, shock juga lebih empuk, mau bandingkan kesenyapan ga bisa karena taruna SF dah pasang peredam. Kesamaan keduanya terdengar bunyi gardan, namun terios ga seberapa  parah.
Keempukan shock taruna bikin limbung di kecepatan tinggi… bayangkan mobil tinggi kurang lebar dan shock empuk….. he3…. ngeri nambah kecepatan. Sedangkan terios shock keras jadi kurang nyaman namun agak membantu kestabilan di kecepatan tinggi.
Sekedar share… karena kenyamannya SF sanggup 16 jam nonstop nyetir Jakarta Surabaya. Bapak SF pernah jadi penumpang… meski memilih baris ke tiga biar bisa tiduran, Bapak merasa masih nyaman. Ga kapok turing Surabaya – Jakarta meski usia sudah lebih dari 70 tahun. Silahkan ambil kesimpulan.
Adik pernah mengalami kejadian ga enak saat membawa si taruna ditaruh rumah Surabaya… timing belt putussss di tol…. ! Untung jeroan mesin ga rontok…. kalau terios tentunya ga bakal kejadian kaya gini karena dah pake timing chain.

image

Taruna sebenarnya masih worthed kok dijadikan motuba incaran… kenyamanan Oke asal ga kesusu (ngebut) 🙂
Terios punya kelebihan lebih fresh, performa tinggi , namun kurang nyaman… harganya juga jauh lebih tinggi… jelas beda generasi…. 🙂

12 thoughts on “Next battle Terios VS Taruna”

  1. kalo dari sudut pandang filosofi design, Terios itukan SUV “wanna be”, iklannya aja mengarahkan utk jadi petualang, meskipun spek mesin, chassis dan suspensi belum SUV yg sesungguhnya 🙂

    sementara taruna itu alih generasi dari espass/zebra yg mobil komersil (barang/penumpang) yg berupaya utk jadi minivan passenger dg bonet (hidung).

    terlepas dari teknologi yg beda jaman, keduanya memang sudah berbeda konsep design

    Ujung2nya adalah, apa sih kebutuhan kita sebenarnya? 🙂

    1. Diluar (australia dan jepang) taruna disana dinamai terios :), ada versi 4 WDnya.. disini jadi nama taruna dan cuma 2 WD. Mesin sama dengan feroza, versi terakhir downgrade 1500cc

    2. Setau saya peralihan taft karena mesin yg di gunakan sama dengan taft punya, dan ketika taft tidak di produksi keluarlah taruna sedangkan espass masih keluar hingga 2006 sama berakhirnya seperti taruna

      Sedangkan terios mesin sama persis dengan avanza veloz, jadi cuma ganti baju doang

  2. kalo Terios ama Rush gmn??
    q pernah pake Rush 2012 nyaman banget tuh sok jg empuk buat kcpatan 120 jg anteng bgt
    klo buat prjlanan jauh gak capek…
    kalo naek avanza jarak jauh ampun dah…
    awak rasane remuk

  3. untuk rush / terios 2012 dah improve di shockbreaker mas, walau masih keras tapi jauh lebih empuk dari pada generasi sebelumnya. begitu masuk 2015 (facelift) justru makin empuk lagi kaki2nya. untuk kenyamanan, denger2 sih memang ada beda sedikit di terios dibanding rush. mulai dari tebel jok yang tebelan rush sama peredam yang lebih kedap dikit di rush.

    serupa tapi tak sama, udah gitu harga onderdilnya juga beda, dan satu lagi terios ga diterima servis di toyota, begitu juga sebaliknya hihihi…

Leave a Reply

Your email address will not be published.