13 comments on “Miris juga ternyata banyak orang ga paham pajak…

  1. ngomongin pajak jadi inget PPh yang kalo nggak salah dengan minimal penghasilan 36 juta per tahun.. kalo mereka yang dapat dari wordads lebih dari segitu, wajib bayar nggak kang? :mrgreen:

    • kalau murni sebagai blogger dianggap wiraswasta … klo ga salah masuk kategori PP46. ga diliat PTKP… tapi langsung bayar 1 % per bulan berapapun jumlahnya

    • Pembelaannya karena rasio petugas dibanding penduduk kurang… 1 orang pegawai ngurus ribuan wajib pajak… mau ditambahi pegawainya yang bayarin kagak ada…kwkqkq

  2. Di indonesia…..
    Makin besar pendapatan makin mudah ngemplang pajak.
    Perusahaan yg untungnya tiap tahun puluhan/ratusan milyar pasti selalu minta keringanan pajak. Sementara pegawai buasa yg gajinya 3jt aj dah lgsg dipotong pajak.
    Ane wiraswasta tp gak pernah bayar pajak. Tp ane kagak korupsi.

    Penyimpangan pajak di indonesia msh diatas 40%

    • Emang bisa minta keringanan pajak? Mungkin sangsi pajak yang diminta pengurangan. Yang saya tau sih mereka berusaha menyembunyikan atau nyewa konsultan canggih untuh cari loophole aturan pajak

  3. mas SF, bikinin artikel tentang pajak dong mas.
    misal PKB, BBN, dan dasar perhitungannya. ane yakin banyak juga yang masih gak tau gimana ngitung pajak kendaraan bermotornya sendiri dan pilih nyerahin ke calo.

    padahal kalo bisa urus sendiri atau titip temen biayanya gak bakalan bengkak gede2an hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.