37 comments on “Nyeseknya punya mobil matic… rusak transmisi, jebol dompet puluhan juta

  1. saya pake civic tahun 1988 metik alhamdulillah belum bermasalah ama metik nya karena rajin ganti oli bahkan waktunya dimajukan daripada di manual book mengingat capeknya kerja metik di jakarta yang macet ini. jadi misal di manual book setiap 40.000 km kuras oli saya setiap 20.000 km sudah kuras oli.

  2. Itu karena gak ngerti ngerawat mobil matik… Mau baru atau lama, oli matik sebaiknya dikuras minimal setahun sekali, mau dipake atau tidak…. Apalagi kalo sering kena macet…

  3. om bisa jadi ketika pemakaian sering salah seperti misalnya. ketika lampu merah or berenti macet transmisi tetap masuk harusnya di netralkan.
    matic rusak ada tanda2nya juga seperti dr netral masuk ke d or r harusnya ada interval sekitan detik kemudian baru ada sentakan itu malah tanda transmisi yg ok.
    selain itu ganti oli transmisi juga penting secara periodik

    http://www.andarupratomo.blogspot.ca/2015/07/optimisasi-penggunaan-transmisi.html?m=0

  4. ane juga pengguna avanza matic.

    Di manual Book emang ditulis penggantian oli matic adalah 80rb km. tapi hasil tanya sana sini ane akhirnya pas km 40rb…., putuskan untuk flush oli matic. dan tiap 20rb ganti oli. alhamdulillah aman sampai sekarang walau sempat kejadian Overhoul juga karena Indikator D di dashboard berkedip.. (penyakitnya ternyata karena arus Bocor dari kabel Busi, bukan masalah di maticnya)
    karena nyawa matic itu ada di oli.

    lalu pengalaman teman ane yang pakai Livina Matic.., yang rusak karena sering parkir mundur ditanjakan…., kl rusak mending ganti baru karena lebih murah dan cepat.
    kecuali mobil yang ccnya besar dimana ganti spare part lebih murah daripada beli transmisi baru

  5. Mobil ogut udah 60k lebih belom ganti oli metik aman aja. Malah harusnya kl mau enak di km 40k kmaren ganti, terus di 80k kuras 😂

  6. Kalau punya sy harga di dealer nya 33jt blm termasuk pajak. Mobil sy xtrail 2003 Dan baru seminggu kemarin ganti.. kendala nya sama, mobil ga bisa jalan biarpun mesin nya nyala dan ada bunyi ker..ker..ker. Akhirnya atas googling sy dpt barang eks masih sipp harga cuman 10jt plus pasang dll nya habis 12jt. Lumayan nguras dompet juga. Cuman sebanding sama hasil nya. Tp kl dibandingin sm rekan nya om yg msh tahun 2011 itu mah bikin kepala puyeng. Ngrawat matic sm kayak ngrawat istri kedua, butuh belaian sesaat dan menguras kantong, harga oli nya aj 2x lipat harga oli mesin yg paling mahal sekalipun. Hehhee. Cuman setelah dirawat kita nya di manjain.

  7. Saya pengguna matic dr mulai Honda accord 85,gc 88,crv 01,jazz 05 sampai skrng baleno next g04, tiap ganti Mobil langsung kuras oli matic nya sd 8 literan…krn trans matic yg penting itu di oli…dan pendinginan oli yg melewati radiator hrs bagus…memang prwatan trans matic lbh sensi dibanding manual……klu memang jebol transmission nya…utk biaya lbh murah ya beli saglondongan ex sngpore….

  8. Saya juga dulu penggila manual. Tapi setelah nyoba matik udah nggak mau lagi balik ke manual.
    Faktanya adalah :
    Musuh utama matik adalah telat ganti oli. Sekali telat wassalam. Tapi kalo rutin dan teratur maka transmisi matik itu :
    – dijamin awet seumur hidup. Dijamin.
    – gak ada tuh namanya ganti plat kupling rutin, dekrup, dsb,dsb whatsoever.
    – perawatan cuman ganti oli doang. Nggak ada lainnya. Saya pernah punya mercy ganti oli matik rekomendasi pabrikan tiap 100rb km. Manual? Silahkan dicek deh. Mobil dan mesinnya sampe buluk dan akhirnya saya jual, matiknya masih seger buger dan belum pernah ganti oli dari baru.
    – matik rusak ongkos benerinnya mahal? Ya sama aja manual rusak juga ongkos benerinnya mahal.

    Coba deh temennya mas Januar ke bengkel non beres, dijamin ongkos pengerjaan maksimal hanya setengahnya. Syukur-syukur dapet klaim gratis dari dealer yaaa.

    Soal matik jebol kebuanyakan kasusnya karena kegaptekan usernya. Saya punya temen, pake matik jebol cuman gara-gara lupa matiin tombol O/D saat ngebut dijalan tol. Jebol deh.

    Soal anggapan classy men use two pedal, ya memang ada benarnya mas. Coba deh main-main ke dealer mobil mewah (mercy,bmw,audi,jaguar,dll) atau sport (ferrari,lambo,dll), rata-rata tinggal dua pedalnya.
    Atau nggak usah jauh-jauh, sesama toyota aja. Emang ada ya camry/crown manual transmission? Hehehehehe.

    Prinsip saya itu mobil boleh murah/nggak mewah, tapi sensasi mengendarainya harus kayak mobil mewah. Mosok iya nyetir banyakkan stressnya dibanding hepinya cuman gara-gara betis kenceng sebelah hahahaha.

  9. Saya pemake matic juga, avanza S matic 2011, kayaknya sama mesin dg rush, tp gak tau transmisi maticnya, ok, btt memang oli harus lebih terkontrol, disini oli guardnya matic, sy kuras pas 40rb, saat ini di 80rban, mo flushing lagi. Selain itu habit pengguna matic harus sabar, gak bisa rush xixixi, baik saat perpindahan dari D ke R atau sebaliknya, maupun saat ngebut ngejar akselerasi. Ngomong2 om SF habit daily gimana nih perlakuan thd maticnya?

  10. Ngaco neeh….janga di generalisir donk….itu perawatannya bagaimana dia…cara bawa mobilnya bagaimana dia….yang manual sama aja bisa rusak dan sama besar biayanya…..

    • Beli ferrari/lambo/mercy slk/bmw M3 mosok disupirin gan? Bisa diketawain kucing ane gan hahahaha.

      #mobil-mobil yang ane sebut pedalnya cuman dua lho gan. Kecuali produksi jadoel bin jaman kuda gigit batu.

  11. Mas Faiz, saya punya ertiga 2013 double blower. Ertiga saya mengalami kebocoran dr talang atas sebelah kiri penumpang antara sambungan kaca depan dengan talang air. Kejadian di perkirakan dari awal mobil saya dapat, namun saya pikir air ac. Lama kelamaan malah kabin menggenang. Saya komplain ke suzuki eh cuman dikasih sealant?? Blm bocor lg sih. Nanti saya kah foto vie email ya mas.. Salam silent reader hehehe

  12. matic, mungkin lbh ringkih.
    ada beberapa hal yg tidak boleh/pantangan di matic ato bahkan manual sekalipun.
    misal saat pindah ke R itu ndak boleh bila mobil masih jalan, kalo tidak transmisi (kalo matic jenis torque converter dijamin jebol planetary gear nya). walo sebenarnya di manual juga sama saja.
    saat masih jalan mundur tidak boleh langsung pindah ke gear D (ato maju).

    planetary gear ukuranya lbh imut, bisa jadi akan lbh mudah rusak kalo salah perlakuan dibanding yg manual.
    walo yg manual sekalipun juga kalo salah perlakuan akan bisa rusak juga.

    saya baru 2 taon pake matic, itu pun mapunya beli yg scond taon sdh agak tua.
    dari info yg saya dapat bahkan ada yg pake acord matic 88 (tangan pertama) yg sampe sekarang belum ganti kapas kopling & tidak ada masalah.
    saya juga pernah baca mobil manual yg jebol transmisinya dan menguras kantong cukup dalam, bahkan hampir setengah harga mobilnya sendiri.

    yg saya tau semakin canggih mobil perawatanya & spare partnya semakin mahal.
    temen saya ada yg punya mini cooper (harga sekitar 200jtan) kena ecm-nya. harga ecm + pasang kena 36jt (pasang + diagnostic. sekitas 1,5jt).
    pernah juga pas ke bengkel nemu mercy 90-an akhir, ecm-nya jebol. harga ecm-nya lbh 30jt. kalo di pikir ya bisa bikin mabuk. kalo pake karbu kan g bakal kena segitu (mungkin gitu ya pikiran “jadul”).

    temen kantor juga pernah swiftnya jebol kompresor ac-nya ganti baru – biaya kena 9jt-an. gara2 saat sdh di deteksi masalah ditunda untuk perbaikanya. kan lbh murah kalo ndak pake ac, ndak ada cerita kompresor ac jebol.

    yg pasti makin canggih mobil makin mahal biaya perbaikan-nya kalo rusak.

    disisi lain, mobil matic ” relatif masih baru” bagi kebayakan orang indonesia. itu pun baru banyak yg pake 3-5 taon belakangan.
    jadi banyak org blom tau cara memperlakukan mobil (transmisi) matic dg baik fldan bahkan c cara merawatnya dg baik . disisi lain bagi pengguna/pem beli matic scond macam saya blom bayak berita bagaimana mendeteksi matic yg baik maupun tidak baik.
    di pasaran juga banyak jenis matic (torque converter, planetary, cvr, dsg, dual clutch dll) yg cara peraratanya juga beda2.
    Bahkan sesama jenis torque converter juga bisa beda jenis atf (automatic transmission fluids/olie matic), bisa pake aft sp ato dextron, tergantung pabrikan pembuatnya.
    sesama jenis cvt, misal antara toyota, honda ato nissan juga beda atf-nya. walo sebenarnya di buku manual sdh dijelaskan jenis olienya.

    sementara manuat hampir sama jenis olienya….

    intinya…..?

    manual ato matic kalo rusak ya bakal bikin jebol di kantong.

    sebaliknya kalo perawatan & perlakuanya benar ya bakal awet & g bikin kantong bolong….

  13. Pingback: Check List Servis Berkala pada Buku Panduan Pemilik dan Website Resmi berbeda. Konsumen pengguna mobil matic merasa dirugikan… | Smartfaiz

  14. Menurut buku pedoman pemilik kendaraan oli matic memang diganti 80.000km sekali atau 4th , tapi kalau sebelum 80.000km oli matic udah jelek, berarti ad komponen yg aus, bisa dari kampas, atapupun brake dalam trans matic. Keausan komponen biasanya disebabkan oleh penggunaan.
    Hal yg bisa merusak matic diantaranya, sering downshift terlalu extrim( dari D langsung ke 2 pd kecepatan tinggi) , tetap pd posish gigi masuk padahal mobil berhenti atau pd posisi di handrem, sering akselerasi terlalu cepat atau penekanan pedal gas terlalu penuh saat angkatan, dan masih banyak lagi.
    Bagi anda pengguna matic memang selayaknya menggunakan kendaraan secara halus untuk memperpanjang umur matic, terimakasih.

  15. Pingback: Polemik soal jadwal pergantian transmisi matic terjawab sudah | Smartfaiz

  16. Sy punya pengalaman punya rush metik keluaran 2010 ,pd bln desember 2015 tgl 23 tibas kalau masuk persemelan D atau atrek langsung tersentak ,masala ini sy bawa kebengkel toyota kalla sidrap, di tes olh servis ternyata sama kerusakan mobil rush warna coklat merah yg sementara di kerja jadi usulan servis nanti selesai itu baru kasi masuk mobilnya spy di tau ongkos dan kerusakan ,singkat cerita 3 kemudian sy tlp servis toyota kalla ,inpormasinya mobil rush warna metik warna coklat itu sdh bagus dan keluarmi dgn ongkos semuanya lebih 20 juta rp,aduh kami pusing dan kaget sy tanya kenapa bisa begitu jawaban servis memang metik begitu krn yg kala atau rusak itu kalau mobil manual kampas jadi kalau metik satu set harus di ganti itu yg bikin mahal, kesimpulan sy tdk bawah mobil ke servis kalla mahal banget sy berpikir ngomel sama teman sama keluarga cerita masalah ini bhw produksi sekarang ini jelek satu rusak ikut di ganti semua tlp muncul dlm hati sy tidak mungkin produk jepang begitu , secara kebetulan ketemu karyawan servis toyota kalla,sy kelukan masala metik produk toyota yg sy alami, dgn hati dan kayak persahabatan akhirnya terbuka berbicara,bahwa itu hanya akal.akalan servis cari uang krn metik masi banyak bengkel tdk buka atau perbaki singkat cerita di periksa mobil baru minta uang 700 rb rupiah harga barang yg di ganti baru di bawa mobil kerumahnya bersama anak sy sekitar jam 09.00 pagi ,jam 08.00 malam kembali ternyata mobil bagus betul tanpa goyang lagi kalau masuk D atau trek kami sangat puas, hampir di tipu 20 juta ,jadi itu rahasia perusahaan ,maaf sykemukakan ini nyata 100%

  17. Pingback: Keputusan final perbaikan Rush matic yang jebol transmisinya…. | Smartfaiz

Leave a Reply

Your email address will not be published.