Mainan baru… saltwater aquarium…

image
Night mode

Saat hunting fauna untuk nambah isi aquascape SF nyasar ke toko aquarium air laut… tak dapat dipungkiri keindahan flora dan fauna air laut lebih indah dibanding air tawar. Warna ikan lebih terang dengan warna mencolok. Jenis flora dan fauna jauh lebih beragam, banyak juga yang unik.
Sepulang dari sana, SF kepikiran beberapa hari… akhirnya seminggu kemudian SF nekat bikin aquarium karang air laut. SF terpaksa bongkar sebuah aquascape yang konsepnya ga jelas.
Membangun aquarium air laut bukannya mulai dari nol, tapi seminggu ini SF googling sana sini mengenai aquarium air laut.

Untung peralatan aquascape masih bisa dipakai. Antara lain
aquarium mini 60cm,
canister(filter) kecil,
cpu fan,
lampu led,
dan filter gantung.

Untuk skimmer protein, demi kesehatan flora dan fauna terpaksa kudu beli.

Untuk karang dan pasir SF hunting saat ke anyer beberapa waktu lalu. Karang laut sengaja SF ambil yang terendam di air laut karena sudah mengandung bakteri pengurai yang bermanfaat dalam filtrasi.
Berikut langkah-langkah penyusunan aquarium laut :
1. Susun karang sesuai keinginan
2. Atur pecahan coral di sekitar karang diatasnya baru kemudian pasir laut
3. Pasang filter, skimmer dan peralatan lainnya.
4. Isi air laut perlahan, agar tidak merusak tatanan bisa memakai mangkok/piring kecil yang diletakkan didasar, lantas air dialirkan perlahan diatas piring/mangkok hingga aquarium penuh.
5.Nyalakan filter dan protein skimmer. Jangan terburu-buru masukkan flora dan fauna. Tunggu selama 1-2 minggu hingga ekosistem stabil serta kotoran dan racun telah berkurang, disaat itu bakteri pengurai akan tumbuh dengan sendirinya… bisa juga dibantu dengan menambahkan bakteri starter.
6. SF sendiri mulai memasukkan flora dan fauna 1 minggu setelah setup. SF ganti dulu 1/4 air laut dengan yang baru. Lantas untuk awalnya SF masukkan 1 ikan nemo/clown fish.
7. 3 hari kemudian setelah mengetahui si nemo sehat sehat saja dan mau makan, baru SF isi dengan flora dan fauna lainnya, a.l. : ikan2 mini, anemon laut jenis karpet untuk rumah nemo, tanaman laut, udang, bintang laut, dll

image

Sekarang sudah hari ke 3 setelah flora dan fauna masuk , alhamdulillah semua masih terlihat sehat.

Tips :
1. Tank ukuran 60x30x30cm butuh air sebanyak 3 galon(air isi ulang) air laut. Saat beli air laut harap bawa sendiri galonnya/wadahnya karena tokonya ga menyediakan.
2. Saat beli ikan pastikan ikan tersebut cocok dengan flora/fauna lain, karena ada beberapa ikan yang makan tumbuhan/anemon laut. Ada juga ikan yang jahat dengan ikan lain.
3. Ada jenis ikan yang menyerupai nemo/clown fish, klo ga salah namanya balong. Ikan ini tergolong jahat.
4. Jangan terlalu banyak memberi makan ikan/anemon. Usahakan langsung habis. Pakan tidak habis bikin kadar nitrat naik. Kadar nitrat ini yang beresiko bikin ikan mati. Fungsi protein skimmer adalah untuk membersihkan zat berbahaya seperti ini.
5. Jika tidak ada protein skimmer berarti kudu sering ganti air laut ( 10-20% seminggu). Jika ada skimmer penggantian air laut bisa makin jarang. Menguntungkan jika penjual air laut jauh.

image
Buih terperangkap pada skimmer ini mengandung racun bagi biota laut

6. Untuk mengganti air aquarium yang menguap jangan gunakan air laut! Karena garam tidak ikut menguap. Gunakan air tawar, disarankan air isi ulang biasa.
7. Ikan laut memang murah meriah… nemo saja dihargai Rp. 10rb, ada juga ikan lain dengan warna mencolok harga cuma 5rb. Tapi jangan bernafsu menjejalkan banyak ikan dalam aquarium… kadar nitrat mudah naik. Aqua kecil ya kasih ikan kecil saja biar ga terlihat penuh.
8. Sediakan space hamparan pasir laut, beberapa biota suka menguburkan diri. Yang SF tau bintang laut, dan ikan warna kuning (embuh apa namanya 😆 )
9. Jika ingin rapi, pakai filter sump… biasanya berupa aquarium bersekat terpisah dari aquarium utama. Disinilah pendingin dan protein skimmer diletakkan. SF sendiri ga pakai sump filter karena desain aquariumnya bukan untuk itu

image
Filter gantung,lampu,skimmer,kipas... ga rapih cuyyy...

Untuk tips lainnya monggo googling lebih lanjut.. lah usia aquarium SF sendiri baru 10 hari… :mrgreen:

0 thoughts on “Mainan baru… saltwater aquarium…”

Leave a Reply

Your email address will not be published.