Beberapa Kesalahan mendasar setup dan perawatan air laut

image

Artikel ini adalah berdasarkan kesalahan yang SF perbuat sehingga banyak biota laut yang tewas, beberapa juga hasil googling… pahami jika tidak ingin terperosok dikesalahan yang salah….

1. Terburu- buru memasukkan flora dan fauna saat aquarium baru di setup…
Namanya mainan baru bro yang harusnya sebulanan air kudu disirkulasi dulu. Namun dah diisi saja oleh SF dengan flora dan fauna dengan jarak semingguan. Korban 1 dari 4 ikan lompat.
2.Alat kurang memadai
Awalnya berbekal filter mini canister bekas aquascape dulu.. ternyata kurang bikin arus… beberapa biota laut jadi kurang merekah. Arus yang cukup selain bikin penyebaran mineral merata sehingga dapat mengantarkan komponen yang dibutuhkan tanaman/hewan laut, juga bikin ikan sehat karena aktif bergerak.

image

3.Pemilihan biota laut yang salah
Aquarium SF tergolong mini 60x30x30 tapi punya 3 anemon… anemon ini ternyata penyebab ikan pada hilang dan tewas. Salah tempat dikit saja tewas dah si ikan disengat anemon.
Awas salah pilih ikan ya… ada yang teritorial, ada yang canibal, ada yang ga bisa dicampur ikan lain, dan ikan yang bagus2 malah banyak pemakan/perusak coral
4. Tidak ada cadangan air laut
Karena cadangan air laut abis dirumah. Sf ga bisa segera ganti air laut saat keruh karena ada anemon mati (anemon ga boleh dipaksa pindah, bikin luka… maaf Mon ane baru tau… 🙁  ) fatal akibatnya… kiamat terjadi dalam aquarium… hanya 2 ekor clown fish selamat… 6 ekor ikan tewas. 2 ekor seketika mati, 2 ekor lompat, dan 2 kena whitespot dan beberapa hari kemudian di camil anemon karpet. 2 clown fish juga kena whitespot tapi untung ikannya tergolong kuat.
5.Terlalu penuh
Sejak kecil piara ikan tawar, pindah haluan ke air laut… kalap karena jenis ikannya beraneka ragam dan lebih indah… tiap ada yang bagus dibeli… akibatnya aquarium padat penghuni… amoniak cepat naik… anemon tambah gemuk karena banyak makanan (ikan) bersliweran.
6. Menambah air laut yang menguap dengan air laut
Banyak yang salah kaprah… saat air aquarium laut menyusut karena penguapan, malah ditambah air laut… akibatnya kadar garam naik… karena garam tidak ikut menguap… yang bener harusnya menambah air tawar.
7.Terlalu sering ngobok…
Akibatnya banyak biota stress.. tumbuhan tidak mekar, ikan banyak sembunyi, dll.
Nah itu sebagian kesalahan yang harus dihindari saat setup dan perawatan air laut…
Kalau dibilang susah emang bener… tapi kalau sudah ketemu setup yang pas ga rewel kok….

0 thoughts on “Beberapa Kesalahan mendasar setup dan perawatan air laut”

  1. mas minta saran minimal alat apa aja yg harus dimiliki untuk pelihara ikan air asin ikan doang, tanamannya tidak.
    dulu pernah piara tp cm pake pompa motor doang, 3minggun ikannya 1 per 1,

  2. mas minta saran minimal alat apa aja yg harus dimiliki untuk pelihara ikan air asin ikan doang, tanamannya tidak.
    dulu pernah piara tp cm pake pompa motor doang, 3minggun ikannya 1 per 1 mati

Leave a Reply

Your email address will not be published.