Kompetitor butuh lebih banyak effort untuk bersaing dengan honda

Saat honda mainan bebek 100cc, pabrikan sebelah sudah 110cc. Honda mainan supra 125cc dan cs1 125cc, Pabrikan lain bebek super 150cc dan 135cc. honda mentok di sport 200cc(tiger) yang lain dah mainan 225cc dan 250cc bahkan 2 silinder.
Jaman megapro digdaya yamaha masuk dengan vixion dengan technologi beberapa tingkat diatas πŸ™‚

image

Honda jadi jawara untuk motor matic 110cc entry level, untuk melawannya yamaha mengeluarkan matic 125 untuk menyaingi matic 110.

Contoh diatas, menunjukkan keengganan pabrikan lain untuk head to head langsung honda… alhasil beberapa diantaranya berhasil dipasaran
sebut saja satria, ninja 250, dan vixion … eh ya Nmax juga tergolong sukses…
Beda dengan Honda meski kasih spek dibawah masih saja bisa jadi raja… beat 110 dilawan motor entry level 125cc saja takΒ  bergeming.. tetap angkuh dipuncak penjualan.
Salah satu cara agar bisa bersaing ya jangan bentrok langsung dengan honda… yamaha yang paling rajin bikin ceruk baru seperti Nmax, xabre, xride.
Kalau honda mulai melirik mainan tetangganya. Ya tetangga kudu siap-siap refresh produknya agar speknya tetep diatas honda… ntu suzuki dah keluarin FU150 injeksi. Ga mustahil kawak keluarin ninja 250 4 silinder kalau honda jadi masukin cbr 250 twin kemari. Vixion juga kudu was was, karena meski penjualan CB150 belum nyalip tapi respon pasar terhadap CB150 cukup baik. Berntar lagi konon ada juga skutik gambot 150 cc dari honda….
AHM sekarang sudah lumayan responsif menyerang lawan lawannya, ga kaya dulu yang cuma jadi tukang ganti stripping….

0 thoughts on “Kompetitor butuh lebih banyak effort untuk bersaing dengan honda”

  1. Jangan sepelekan faktor geografis. Ada daerah/wilayah dimana penjualan Yamaha mendominasi diatas 50% pada lokal area tsb, kalau YIMM, disinilah ada loyal dan “long term” customer yg harus dipupuk dan dipelihara

  2. Sebenernya AHM itu jarang ganti striping lho mas,,, yg rutin ganti striping itu Yamaha,,, dengan lihat striping kita bisa tau motor yamaha tsb tahun brp… Supra X 125 karbu gen terakhir misalnya,,, dari launching smp suntik mati ga pernah gnti striping… vario 125 gen 1 juga ga pernah ganti striping klo ga salah…old CB juga ga gnti striping, cuma nambah varian se…nvl sekali update sebelum jd nva

Leave a Reply

Your email address will not be published.