Kenapa ya kok ngelitik…

Beberapa pertanyaan seperti ini pernah mampir ke blog ini… entah kebetulan atau apa, kebanyakan dari motor sport kopling manual. Oke dah berbekal pengalaman miada tiger tua yang juga sering ngelitik… :mrgreen: ngelitik tidak terdengar saat mesin stasioner, baru muncul saat mesin digeber mendadak (saat gigi netral), atau saat berakselerasi. Bahkan pada gigi tinggi saat jalan stabil saja bunyi ngelitik bisa muncul

image

ngelitik bukan hanya soal bunyi… performa berkurang, kemampuan bawa beban berat dan tanjakan juga menurun .SF share beberapa hal :
1. Rantai keteng dan tensioner
Ini penyakit bawaan tiger keluaran akhir… rantai kamrat/keteng ori cepet kendor… alhasil motor ngelitik… mintanya gigi rendah terus.
2. Tumpukan karbon pada ruang bakar
Tumpukan karbon hasil pembakaran bikin campuran bahan bakar dan udara terbakar sebagian tidak pas pada timingnya. Karena itu ledakan utama yang mendorong piston jadi tidak maksimal.
3. Setingan BBM keiritan
Motor karbu bisa diseting semau ownernya biar irit… caranya cukup menurunkan jarum skep atau mengganti spuyer dengan yang kecil… memang bisa bikin motor irit, namun efek sampingnya mesin panas , tenaga drop dan ngelitik pastinya
4. Ubahan mesin tidak seimbang
Menaikkan kompresi, membesarkan kapasitas mesin, hingga memasang berbagai parts pendongkrak performa juga kudu memperhatikan pembakaran optimal… SF pernah modif kopling agar tarikan maknyus … motor jadi galak, tapi malah ngelitik karena timing melepas kopling dan besarnya gas tidak sesuai… pindah gigi juga mintanya bener bener pas… RPM kerendahen bisa bikin ngelitik.
5. Oktan BBM kurang tinggi
Beberapa motor dari sononya sudah wajib pertamax, misal Ninja, FU, CBR,R25 dll… klo dikasih premium ya riskan bikin ngelitik. Modif menaikkan kompresi mesin juga perlu BBM dengan oktan lebih tinggi.
6. Penambahan asesori yang membebani motor
Misalkan saja modif ban super gambot, engine protector, dll
7. Karburator / injector tersumbat
Aliran bensin yang masuk ruang bakar jadi ga lancar
8. BBM bermasalah
Misalnya kotor, bercampur air, atau daluarsa (karena motor disimpan lama)
Monggo jika ada yang mau nambahi

0 thoughts on “Kenapa ya kok ngelitik…”

  1. Wah motor saya verza 2014, juga ngelitik padahal saya pake pertamax lo dari barunya kira2 solusinya apa ya, motor saya sih 2x setahun servisnya apa karena saya pake busi iridium sama exhaust wrap & koil stabiliser jadinya ngelitik?

  2. Ngemeng2 mesinnya verza kan masih keturunan mesin GL masa penyakit bawaan leluhur dibawa juga, jadi inget GL pro punya om saya, ketengnya cepet minta ganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.