Penyebab kabel kopling sering putus

Seorang sahabat blog lewat BBM menanyakan perihal kabel kopling ninjanya yang sering putus.

image

Berbekal baca diberbagai forum dan pengalaman sendiri coba SF jawab sebisanya :

1. Modif jeroan kopling dengan mengganti per kopling yang lebih keras. Per kopling keras bikin tarikan motor makin responsif… tapi bikin tarikan kopling makin keras… selain bikin pegel tangan juga bikin kaberl kopling lebih cepet aus.
2. Pergantian setang non ori bikin posisi kabel berubah dari setingan pabrik, bisa jadi lebih tertekuk. Sama halnya dengan merubah ketinggian shock depan. Kalau tidak hati hati bikin kabel kopling makin tertekuk atau terjepit… gesekan kawat baja didalam dengan selongsongnya jadi berlebih.
3. Pergantian handle kopling. Pengalaman sendiri handle kopling non ori bisa jadi penyebab putusnya kawat kopling. Bisa jadi karena lubang dudukan timah kopling tidak lurus dengan jalurnya sehingga bikin gesekan antara kawat kopling dengan bodi handle rem, atau bisa juga karena finishing handle kopling kurang rapi/kasar.
4. Air hujan merembes kedalam kabel kopling bisa karena kebanjiran atau dari atas.
5. Kabel kopling tidak pernah dirawat/ dilumasi

Monggo ditambahi jika ada pengalaman.
SF sendiri selalu sedia cadangan kabel kopling di dalam jok ninja dan tiger. Nmax sih aman karena ga pake kabel-kabelan :mrgreen:

0 thoughts on “Penyebab kabel kopling sering putus”

  1. Dulu pas masih pake ninja Kalo ane sih tetep setandar cuman di seting pendek biar lebih nyentak. Terakhir kerasa pegel juga di buat pendek. Akhirnya di setel panjang. Sering2 di lumasi setiap beberapa minggu sekali. Trus di bersihin

  2. Tul..per kopling keras selain bikin cepet putus kabel kopling juga bisa membuat rumah kopling cepat oblak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.