Ertiga teririt itu ternyata standar pabrikan, ini tipsnya

Event eco driving rally kelas MPV yang dulunya selalu dimenangi Grand Livina, beberapa tahun terakhir dimenangkan oleh Ertiga. Ada pertanyaan sahabat blog di FB menanyakan apakah ertiga yang konsumsi bensinnya melebihi1:26 dengan rute bervariasi (termasuk rute padat) bbm pertamax, dalam kondisi standar?
SF coba klarifikasi kepada drivernya langsung… dan ini jawabnya :

image

Jawabnya singkat jelas “standar pabrikan”
Tentunya ketelatenan dibutuhkan sehingga ertiga bisa irit mencapai 1:26,32 km/liter… kuncinya apa sih? Nih tips dari ERCI

image

Pengalaman SF di jalan bebas hambatan kecepatan 80 kpj FC pada MID dapat menunjukkan 1:27-28km/l tapi mobil SF ga standar loh… gas cuma disenggol duikit.
Keseharian Jeng Fetrina (jawara ertiga irit) gimana sih ? Nih screenshot dari ertiganya….

image

Mobil irit bisa jadi boros ditangan yang salah… banyak tuh yang FCnya di bawah 1:9 …. ini model driver kesusu sepertinya… 🙂

0 thoughts on “Ertiga teririt itu ternyata standar pabrikan, ini tipsnya”

  1. wkwkwkwkw jadi inget dulu waktu ikut tes liga irit Honda Jazz, ay dapet 1:28 transmisi CVT idsi udah pake velg 16″, pake header smp muffler, temen 1:30 standar, cvt idsi juga.
    Yang menang dapet 1:70! Kan gila wakakaka.. idsi manual

  2. justru kalo modip mesin ringan stage 1 kayak air filter after market atau oprekan ringan kayak main header itu membantu lebih irit lagi.

    soalnya kan gak perlu neken gas lebih dalam dari biasanya.

    tapi masalahnya mobil makin enak, kaki makin neken wkwkwkwk.. :v

  3. pastinya juga ertiga edisi baru lebih irit karena ada penurunan hp dan kompresi yang lebih tinggi, apalagi yang manual final gear 5nya juga dikecilin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.