Taruna dan Ertiga Untuk Mudik

Taruna SF tercatat 3 kali turing Jakarta Surabaya sebelum dikandangkan di kediaman SF di Surabaya untuk kereta kencana orang tua. Ertiga SF juga 3 kali turing Jakarta-Surabaya

image

Bagaimana kesan menggunakan kedua mobil tersebut untuk perjalanan jauh? Baca selengkapnya ulasan dibawah ini….

Taruna FGX 2003
Shock cukup empuk…malah terlalu empuk. Efeknya nyaman untuk jalan nyantai… tapi limbung untuk kecepatan tinggi. Konsumsi bensin rute luar kota lumayan irit bisa  1:12 kmpl, cukup premium sajah… performa ga berharap banyak… gigi 1 dan 2 cukup pendek , iseng balik mudik lewat bandung kondisi full penumpang ga keder melahap tanjakan. AC cukup dingin. Overall mobil ini sangat nyaman untuk mudik asal ga kesusu.  Mesin 1500 Injeksi SOHC masih lumayan oke kok… masih bisalah jadi penghuni jalur kanan di tol. Disuatu jalur lurus yang sepi dan mulus bisa juga dapet 150 kpj loh… kondisi mobil jelasnya fresh karena abis servis besar.

image
Not recomended... bahaya

Sayangnya suara mesin dan gardan dikecepatan 100 keatas cukup terdengar…goyangnya juga makin kerasa. paling nyaman bertengger di kecepatan 80kpjan lah. Joknya sangat nyaman karena tebel

Ertiga GX 2013
Jelas ga bisa dibandingkan dengan ertiga karena beda generasi dan jenis. Karena itu judul artikel diatas ga pake versus.. he3… Wong punyanya 2 itu ntar dipikir BC klo nyinggung merk lain. :mrgreen:
Ertiga tipenya MPV atau malah mirip sedan yang dipanjangin ya… gigi bawahnya cenderung panjang kebalikannya dengan taruna. Nafasnya yang panjang bikin PD menyalip. Ini yang kurang dipahami pengemudi lain… performa ertiga ada di putaran atas…! seorang famili SF yang kebetulan kebagian nyetir ke Jogja pake ertiga SF awalnya merasa performa ertiga ga seberapa istimewa… begitu SF kasih clue jangan terlalu cepat naikkan gigi saat nyalip, baru agak kaget dia…. malah ketagihan main diatas…. kwkqkq. kalau sudah melewati angka 3000 rpm ertiga mudah nginthil mobil dengan CC diatasnya. lah di tol brebes saja sempet ndudul 165kpj sebelum akhirnya insaf. Ditol menuju brebes ini konsumsi malah jadi boros karena kecepatan rata2 120kpj :). Ertiga sangat stabil dikecepatan ini… serasa lari 80kpj di taruna. Untung perjalanan kali ini ga lewat tanjakan ektrim atau banjir karena pasti ga se PD taruna.
Ertiga malah irit justru saat keluar tol… kecepatan cuma 60-70 kpj maklum  keluar brebes dah menjelang malam… kalau malam ampun dah… mata minus plus silindris ini kurang awas. Karena itu iritnya jadi luar biasa… lah kecepatan segitu SF panteng gigi 5, kecuali saat nyalip.
mudik kali ini ertiga SF mencatatkan konsumsi bensin di MID sebesar 1:18 km/l!!! BBM pertalite campur pertamax… ertiga jangan dikasih premium ya… performanya jadi kerasa ngedropnya… sempet nyentuh konsumsi bensin 18,2kmpl namun kena macet di gresik jadi turun lagi dah.

image

jok busa ga setebal taruna namun ergonominya lebih baik karena bisa distel naik turun dan digeser menyesuaikan postur pengemudi. Peredam juga jauh lebih baik dari taruna meski taruna dah pakai peredam tambahan.
Overall kedua mobil tersebut tergolong nyaman untuk perjalanan jauh… taruna mewakili mobil nyaman SUV entry level dijamannya asal bukan speed touring, dan ertiga mewakili kelas MPV entry level yang sangat nyaman. Performa cukup lumayan meski agak kurang galak ditanjakan, konsumsi bensin luar biasa iritnya (tapi kudu pertamax atau minimal pertalite), kabin cukup lapang dan senyap, plus stabil.
Sama sekali bukan pilihan yang salah saat memutuskan menggantikan taruna dengan ertiga dengan pemakaian mayoritas jarak jauh.

NB. Kondisi ertiga diatas ga standar, karena ganti header 4-2-1 jadi kelemahan tarikan dan tanjakan lemot dapat teratasi (baca selengkapnya disini )

0 thoughts on “Taruna dan Ertiga Untuk Mudik”

  1. Apa karena ertiga pake vvt ya, jadi kekuatannya di rpm atas?

    Soalnya jazz juga gitu, baru galak mulai rpm 3500an, Sampe ada istilah umum “vtec kicked in yo” di luar negeri

    1. Sepertinya demikian…. itu pula yang bikin ertiga irit under 3000 rpm. Lari 60-80 kpj pedal gas cuma disenggol dikit… klo kondisi trafic lenggang lari segitu konsumsi bensin diatas 20kmpl

  2. Enak om ertiga,,
    Sama livina sih lebih enak ertiga, dari handling sama kekedapannya juga joss

    Performa beranilah diadu sama veloz bahkan innova bensin pun kesulitan ngejar ertiga

    Cuma pernah ketemu sama honda stream yg 1.7,, ertiga saia diisi 4 orang, tuh stream dr belakang agak rendah dan ternyata emang samar2 full load dr baris depan ampe baris ketiga sih

    Doi sejak masuk gerbang tol agak kencang, (terburu buru), iseng aja nginthil dari belakang,, gass pol,, lhah ternyata kok malah makin jauh aja tuh stream di depan,, speedo udah nunjuk 160kpj mesin udah teriaaak,, begitujuga alarm alami (penumpang) dah pada teriak supaya ngurangi kecepatan,, ya sudahh,, gak jadi ngejar si stream

Leave a Reply

Your email address will not be published.